Comscore Tracker

5 Cara Mengisi Waktu Luang Sambil Menunggu Wisuda, Biar Gak Gabut!

Enaknya ngapain, ya?

Wisuda adalah hal yang dinanti oleh semua mahasiswa. Biasanya ada jarak waktu ketika kamu telah selesai mengurus berkas untuk yudisium, acara yudisium dan acara wisuda.

Waktu inilah di mana mahasiswa pada akhirnya 'nganggur' karena sudah gak ada urusan lagi di kampus dan tinggal menunggu wisuda. Kebanyakan mahasiswa akan bingung dalam menghabiskan waktu luangnya tersebut.

Sambil menunggu acara wisuda datang, enaknya ngapain ya?

1. Membereskan berkas-berkas skripsi yang berantakan di kamar

5 Cara Mengisi Waktu Luang Sambil Menunggu Wisuda, Biar Gak Gabut!istockphoto.com

Kamar adalah salah satu tempat di mana kita melakukan pertarungan dan perjuangan untuk menuntaskan skripsi. Mulai dari mengetik, baca materi hingga cari jurnal penelitian. Gak ada waktu buat beresin buku-buku atau kertas, bikin kamar jadi berantakan banget. 

Nah, ini waktu yang tepat untuk membereskan semuanya. Masukkan kembali buku-buku di lemari atau kardus. Kertas bekas bisa disisihkan untuk didaur ulang atau dijual ke tukang rombeng. Kamar jadi bersih dan nyaman kembali!

2. Melakukan hobi yang sudah lama tertahan akibat skripsi

5 Cara Mengisi Waktu Luang Sambil Menunggu Wisuda, Biar Gak Gabut!unsplash.com

Selama proses mengerjakan skripsi, hampir seluruh waktu dihabiskan untuk mencari jurnal atau membaca materi mengenai skripsi yang kamu buat. Saking sibuknya, kita bahkan gak sempat melakukan hal yang kita inginkan. Keinginan untuk melakukan hobi terpaksa dipendam dulu. 

Berhubung sekarang sudah selesai dan tinggal menunggu wisuda, kamu bisa melakukan hobimu. Mau melukis, berenang, atau traveling, lakukan saja. Puas-puasin, deh!

3. Mulai mencari informasi lowongan pekerjaan

5 Cara Mengisi Waktu Luang Sambil Menunggu Wisuda, Biar Gak Gabut!unsplash.com/@christinhumephoto

Meski kamu diperbolehkan untuk bersantai, kamu juga sebaiknya mulai mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan. Kamu bisa mencarinya di internet. Mulailah juga untuk menyiapkan CV yang akan digunakan untuk melamar kerja. Kalau sudah dapat pekerjaan, kamu bisa langsung kerja setelah wisuda, deh. Semoga dapat yang sesuai, ya!

Baca Juga: Ini 5 Tips Skripsi yang Bisa Bikin Kamu Cepat Wisuda!

4. Meluangkan waktu untuk ngobrol bareng keluarga atau sahabat

5 Cara Mengisi Waktu Luang Sambil Menunggu Wisuda, Biar Gak Gabut!unsplash.com/@mael_bld

Mungkin selama pengerjaan skripsi, kamu lebih sering berinteraksi dengan dosen pembimbing. Entah untuk konsultasi mengenai skripsi atau diskusi tentang materi. Bolak balik kampus, bikin komunikasi dengan keluarga atau sahabat jadi berkurang. 

Ini adalah saat yang tepat untuk mulai kembali berinteraksi dengan keluarga dan sahabat. Menanyakan kabar, curhat atau ngobrol mengenai aktivitas dalam sehari yang dijalani oleh mereka, boleh banget dilakukan. Rilekskan dirimu dulu dari obrolan mengenai skripsi, ya. 

5. Perbaiki siklus tidur, istirahat dan olahraga rutin lagi

5 Cara Mengisi Waktu Luang Sambil Menunggu Wisuda, Biar Gak Gabut!unsplash.com/@entersge

Bangun tidur, pegang skripsi. Siang hari pegang skripsi, begadang hingga pagi lagi untuk kerjakan skripsi. Siklus tidur jadi gak teratur dan berantakan. Akhirnya kamu jadi lesu dan gampang capek karena kurang tidur. Olahraga pagi juga jarang dilakukan karena waktunya dimanfaatkan untuk cari bahan skripsi. 

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai membenahi siklus tidurmu. Kamu bisa tidur lebih awal, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Kamu juga sempat melakukan olahraga pagi yang selama ini gak bisa dilakukan. Usahakan untuk membuat setiap waktumu gak terbuang sia-sia, termasuk ketika nganggur sambil menunggu wisuda, ya!

Baca Juga: Bikin Semangat Kuliah, Ini Lho 5 Film Bertema Indahnya Wisuda 

Putri Aisya Pahlawani Photo Verified Writer Putri Aisya Pahlawani

20% princess, 80% ordinary human

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You