Comscore Tracker

Lakukan 6 Usaha Ini Supaya Kamu Lulus Ujian Masuk Fakultas Kedokteran

#EdFunFact Masuk Fakultas Kedokteran? Siapa takut

Mungkin pertanyaan kenapa ingin menjadi dokter akan sering terdengar oleh siswa yang menginginkan masuk di fakultas kedokteran entah karena biaya kuliah yang mahal, tentang persaingannya yang ketat, atau tentang masa pendidikan yang lama.

Persaingan yang ketat ini sudah lumrah dijumpai, maka tak heran baik di Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta siswa Sekolah Menengah Atas akan berlomba-lomba untuk memperbutkannya. 6 usaha ini mungkin akan memantapkanmu untuk lulus ujian kedokteran.

Yang terpenting adalah fakultas kedokteran bukan hanya mimpi jika kamu bersungguh-sungguh mengejarnya. Selamat mencoba!

1. Niat

pexels.com/Pixabay

Hal yang pertama yang harus kamu tanamkan di dalam dirimu untuk menjadi seorang dokter adalah niat. Niat adalah kunci ketika kamu mulai putus asa dengan apa yang kamu jalani. Perjalananmu nanti sebelum dan sesudah menjadi dokter akan panjang, kamu akan dihadapkan dengan jatuh bangun, tidak pernah tidur, tugas yang menumpuk dan sebagainya. Jangan sampai karena niatmu yang hanya setengah-setengah akan membuatmu putus asa nantinya.

2. Menghromati dan menyayangi orangtua

pexels.com/ Nicolas Postiglioni

Doa orang tuamu akan selalu dikabulkan terutama ibumu. Ketika kamu memperlakukan kedua orang tuamu dengan baik, percaya nggak percaya semua kesulitanmu akan dimudahkan. Mulai sekarang, mulailah untuk lebih menyayangi dan menghormati kedua orang tuamu buat mereka istimewa jangan buat kedua orang tuamu kecewa maka Tuhan akan mengabulkan segala doamu.

3. Berlatih soal-soal

pexels.com/Startup Stock Photos

Tekun dan tidak mudah menyerah adalah kunci ketika kamu berusaha menggapai cita-citamu. Asahlah kemampuanmu dengan berlatih soal-soal, kamu bisa mendapatkannya dari toko buku, website, ataupun bimbingan belajarmu. Jangan sungkan untuk selalu bertanya kepada orang yang menurutmu pintar untuk mengkoreksi kesalahan jawabanmu misalnya guru, teman atau tutormu.

4. Cari sumber informasi sebanyak-banyaknya

pexels.com/Pixabay

Media teknologi semakin canggih, carilah sumber informasi universitas yang kamu impikan dari website universitas yang bersangkutan ataupun dari kakak tingkatmu. Buatlah skala prioritas universitas dari yang punya passing grade paling tinggi sampai yang paling rendah.

5. Mulai berpikir untuk mencari cadangan universitas swasta

pexels.com/Pixabay

Semua siswa ingin menempuh kuliah di perguruan tinggi Negeri. Untuk meraihnya, kamu harus pintar mengukur dan realistis, seberapa kemampuan yang kamu punya dbandingkan dengan pesaing-pesaingmu nanti. Bukan untuk mengecilkan hati namun karena untuk mendapatkan fakultas kedokteran di pergurun tinggi negeri itu tidak mudah.

Agar kamu bisa tetap masuk ke fakultas kedokteran berpikirlah untuk mencari cadangan universitas swasta yang menurutmu mampu menunjang cita-citamu kelak.

6. Pantang menyerah

pexels.com/Bahaa A. Shawqi

Point yang terakhir adalah pantang menyerah. Mungkin nanti saat pendaftaran atau saat ujian kamu akan dihadapkan dengan hasil yang tidak memuaskan, namun jangan pernah menyerah. Selama kamu mau mencoba, kamu akan belajar bagaimana rasanya berusaha. Teruslah mengapai apa yang kamu mau, karena saat kamu sudah menjadi mahasiswa kedokteran kamu akan bisa menikmati hasil usahamu.

Jangan mudah menyerah dan rajin-rajinlah belajar ya. Karena jika sudah masuk ke fakultas kedokteran, perjalanan belajarmu akan benar-benar dimulai. Akan ada lebih banyak tantangan di depan sana, jadi bersemangatlah!

Line Ads

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You

I Want More !