Comscore Tracker

Mahasiswa KKN Wajib Tahu, Ini 5 Langkah Pendekatan Masyarakat

KKN itu pengabdian ke desa dan penduduk setempat, bukan liburan!

Bagi mahasiswa yang sudah berada di semester-semester akhir biasanya bakal disibukkan dengan kegiatan bermasyarakat. Yaps, program Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN merupakan kegiatan pengabdian mahasiswa kepada masyarakat pada waktu dan daerah tertentu.

Tujuan sederhana dari program ini adalah untuk melatih dan mengembangkan teori hasil belajar dari perguruan tinggi agar dapat dimanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat. Akan tetapi, sebelum menyalurkan ilmu tersebut, ada poin utama yang perlu diperhatikan yaitu pendekatan dengan masyarakat.

Jika kamu dan teman-temanmu belum berhasil mendapatkan hati masyarakat setempat, ini bisa menyulitkanmu menuntaskan tugas KKN, lho. Oleh karena itu, terdapat 5 langkah pendekatan dalam bermasyarakat yang dapat membantu bersimpati dengan lingkungan baru.

Apa saja tipsnya? Langsung saja simak ulasan berikut ini, yuk!

1. Kenali lingkungan masyarakat

Mahasiswa KKN Wajib Tahu, Ini 5 Langkah Pendekatan Masyarakatilustrasi bersoisalisasi (pixabay.com)

Sebelum sampai ke daerah yang ditentukan, alangkah baiknya kamu mencari informasi terlebih dahulu seputar bagaimana adat istiadat, kondisi geografis, akses telekomunikasi, dan bila diperlukan informasi makanan yang biasa disajikan di daerah tersebut.

Tujuannya adalah untuk meminimalisir culture shock dari lingkungan baru. Selain itu, kamu jauh lebih siap beradaptasi bilamana terdapat kemungkinan kurang mumpuninya sinyal komunikasi di daerah terpencil.

Oh, iya, jangan lupa membawa obat-obatan pribadi, ya. Setidaknya hal tersebut akan membantumu melalui masa-masa sulit saat bertugas selama KKN.

2. Membantu dan mencoba hal baru

Mahasiswa KKN Wajib Tahu, Ini 5 Langkah Pendekatan Masyarakatilustrasi pelayanan (pixabay.com)

Tugas KKN bukan sekadar tugas seperti di kelas kuliah. Biasanya, tugas-tugas ini berhubungan dengan program dan praktik di masyarakat. 

Supaya lebih terlibat aktif dan membantu desa secara nyata, kamu juga perlu banyak inisiatif melakukan bantuan selain dari list program tugas KKN. Kuncinya adalah pandai memahami situasi dan kondisi di tempat kamu melaksanakan KKN tersebut.

3. Komunikasi harus selalu dibangun dan dijaga

Mahasiswa KKN Wajib Tahu, Ini 5 Langkah Pendekatan Masyarakatilustrasi bersoisalisasi (pixabay.com)

Komunikasi yang bagus dapat menarik perhatian masyarakat. Jadikan komunikasi sebagai alat utama kamu dalam berdialog dan memahami kebutuhan utama masyarakat.  

Maka dari itu, kamu harus pandai membawa diri. Tampil sebagai mahasiswa interaktif yang pandai berkomunikasi tentu akan lebih mudah diterima sekaligus mendapatkan empati dari masyarakat. 

4. Buat inovasi baru di lingkungan masyarakat

Mahasiswa KKN Wajib Tahu, Ini 5 Langkah Pendekatan Masyarakatilustrasi berpikir (pixabay.com)

Tidak jarang kedatangan mahasiswa KKN di luar daerah selalu dinantikan oleh masyarakat. Masyarakat tentu berharap kehadiran mahasiswa sanggup memberikan pembaharuan dan dampak positif untuk kemajuan desanya. 

Oleh karena itu, KKN tentu bisa jadi kesempatan kamu untuk berkontribusi menuangkan ide dan gagasan baru sebagai basis projek tugas. Kamu pun dituntut untuk melahirkan inovasi dan gebrakan yang bakal memberikan banyak manfaat kepada masyarakat di suatu daerah.

5. Praktik dari teori belajar

Mahasiswa KKN Wajib Tahu, Ini 5 Langkah Pendekatan Masyarakatilustrasi guru dan pelajar sekolah dasar (unsplash.com)

Berada di semester akhir perkuliahan, tentu kamu sudah mendapatkan berbagai ilmu sebagai seorang mahasiswa. Pastinya metode cara berpikir pun sudah kamu kuasai. Nah, inilah saatnya menunjukkan hasil teorinya.

Selaras dengan menemukan inovasi, KKN adalah saat yang tepat bagi kamu untuk menerapkan seluruh teori hasil pembelajaran di bangku kuliah. 

Itulah lima langkah pendekatan bermasyarakat yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa KKN. Bukan hanya sebatas tugas kuliah, KKN juga merupakan bentuk pengembangan diri agar kamu siap menghadapi tantangan nyata di kehidupan bermasyarakat. 

Tetap semangat untuk mahasiswa akhir semester, ya!

Baca Juga: 10 Potret Pasha Ungu Jadi Mahasiswa, Ikut KKN hingga Seminar Proposal!

Qoniah Musallamah Photo Writer Qoniah Musallamah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya