Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu, Sembari Bersantai

Wah patut dicoba, nih! 

Kursus Bahasa Inggris umumnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan pengorbanan waktu yang cukup banyak. Namun, tahukah kamu, bahkan tanpa kursus pun kamu bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu, lo? Bahkan bisa sambil bersantai dan melepas lelah! Lantas apa sajakah itu? Berikut ini lima cara cara sederhana untuk meningkatkan bahasa Inggrismu yang bisa kamu lakukan bahkan sembari bersantai!

1. Menonton film berbahasa Inggris

5 Cara Ampuh Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu, Sembari BersantaiIlustrasi menonton film (unsplash.com/freestocks)

Selain dapat melepas penat dan lelah dengan menyaksikan cerita seru yang disajikan di layar, Menonton film berbahasa Inggris pun merupakan tindakan yang cukup efektif untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu, lo! Melalui menonton film, maka kamu akan menyaksikan penggunaan Bahasa Inggris langsung dari penuturnya, serta dalam situasi yang sebenarnya. Dengan menonton film, kamu akan menemukan cara baru menggunakan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, serta dapat menggunakan kata yang tepat dalam situasi yang tepat. Kemudian, melalui film pun akan melatih kemampuan mendengarkan dan pengucapanmu menjadi lebih baik. Tidak hanya itu, semakin kita sering menonton film berbahasa Inggris, tentunya kosakata kita akan meningkat dengan drastis.

Kamu bisa menggunakan subtitle jika kamu baru belajar Bahasa Inggris dan tak ingin  ketinggalan cerita karena tidak mengerti semua kata yang diucapkan. Nanti apabila kamu hendak menonton film yang sama untuk menikmati kembali cerita yang lama atau kamu lebih percaya diri dengan kemampuan Bahasa Inggrismu, kamu bisa menontonnya tanpa subtitle. Apabila kamu tidak mengerti satu atau dua kata, jangan khawatir! Dengan mengerti kata-kata lainnya, dan mengerti konteks kalimatnya, maka nantinya kamu akan mengerti sendiri arti dari kata tersebut, kok. Selain itu, kamu pun bisa juga mencatat kata-kata yang tidak dimengerti untuk kamu cari artinya nanti. Cara ini terbukti ampuh untuk mempelajari kosakata baru sembari bersenang-senang!

2. Bermain game

5 Cara Ampuh Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu, Sembari BersantaiIlustrasi bermain game (unsplash.com/JESHOOTS.COM)

Bermain game sering dianggap sebagai kegiatan yang tidak bermanfaat dan buang-buang waktu oleh sebagian orang. Namun, jika kita dapat mengelola waktu dengan baik, dan tahu kapan harus berhenti, maka bermain game bisa memiliki banyak manfaat, lo! Selain dapat melepas penat dan stres, game juga terbukti ampuh dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu!

Game berbahasa Inggris yang banyak jumlahnya, selain menghadirkan pengalaman bermain yang luar biasa, juga banyak dari mereka yang dapat digunakan untuk belajar Bahasa Inggris. Beberapa game yang memiliki jalan cerita panjang dan voice acting yang luar biasa memampukan kita memperoleh manfaat yang sama dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita sebagaimana saat kita menonton film. Ditambah lagi, motivasi kita untuk mempelajari Bahasa Inggris akan semakin kuat saat kita tahu banyak dari game tersebut yang tak memiliki subtitle Bahasa Indonesia.

Tidak hanya itu, game pun juga dapat membuat kemampuan membaca kita meningkat. Dimulai dari hal sederhana, seperti membaca menu dan option yang terdapat dalam suatu game, hingga beberapa game tanpa voice acting yang penuh dengan teks, akan melatih kemampuan membaca kita hingga menjadi lebih mahir.

Baca Juga: Inilah 5 Tips Belajar Bahasa Inggris dengan Cara yang Asyik

3. Mendengarkan musik berbahasa Inggris 

5 Cara Ampuh Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu, Sembari BersantaiIlustrasi mendengarkan musik (unsplash.com/Henry Be)

Mendengarkan musik biasanya memang menjadi salah satu kegiatan pilihan saat kita sedang bersantai. Musik  begitu digemari lantaran terkadang mampu menggembirakan hati, membuat perasaan gundah dan mengurangi stres, hingga membuat lebih nyaman dan tenteram. Namun di luar dari itu, musik juga dapat menjadi sarana ampuh untuk kita mengembangkan Bahasa Inggris kita.

Mendengarkan musik terbukti mampu meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris kita, khususnya dalam hal mendengarkan dan berbicara. Setiap lagu yang kita dengarkan, akan ikut berperan dalam menambah perbendaharaan kosakata kita, guys. Ditambah lagi apabila kita ikut menyanyikannya dan menghafal liriknya, bayangkan berapa banyak kosakata yang kita peroleh hanya dalam menghafal satu lagu!

4. Menjelajahi YouTube

5 Cara Ampuh Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu, Sembari BersantaiIlustrasi menjelajahi YouTube (unsplash.com/Szabo Viktor)

Dewasa ini, YouTube menjadi salah satu media sosial yang  paling banyak digunakan oleh masyarakat. Mulai dari fleksibel dalam penggunaannya lantaran tak terikat pada jam tayang tertentu, dapat berinteraksi langsung dengan pembuat video, hingga beragamnya tema yang tersedia menjadi alasan yang kuat untuk senantiasa membuka YouTube setiap harinya.

Apakah kamu salah satunya? Kalau iya, kamu bisa menjadikan waktu menonton YouTube menjadi langkah baik untuk meningkatkan Bahasa Inggrismu, lo! Kini, sudah banyak video pembelajaran Bahasa Inggris berkualitas, baik langsung dari penuturnya dengan video penuh berbahasa Inggris, atau dicampur dengan Bahasa Indonesia. Misal saja English Addict with Mr Duncan, FluentU English, Rachel’s English, Naila Farhana, GurukuMrD, dan lain sebagainya. Tidak hanya video pembelajaran, YouTuber berbahasa Inggris idola pun bisa jadi sarana untukmu belajar Bahasa Inggris. Misalnya saja vlog, yang bisa jadi membantumu mempelajari Bahasa Inggris. Melalui vlog, kamu bisa untuk mempelajari penggunaan bahasa Inggris secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, sekaligus dapat lebih mengetahui budaya masyarakat penuturnya.

5. Membaaca teks berbahasa Inggris 

5 Cara Ampuh Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggrismu, Sembari BersantaiIlustrasi membaca (unsplash.com/Ben White)

Apakah kamu suka membaca? Kalau iya, kamu bisa mulai membaca teks berbahasa Inggris. Manfaatnya luar biasa, lo! Jangan takut karena kemampuan Bahasa Inggrismu masih kurang, kamu bisa memulainya dengan artikel sederhana. Agar aktivitas membaca tidak jadi membosankan, kamu tentunya bisa mempergunakan topik kesukaan membaca, seperti otomotif, game, film, atau kuliner. Dengan melakukan hal ini, tidak hanya menambah ilmu pengetahuan dan kemampuan Bahasa Inggrismu, hal ini juga terbukti sangat menyenangkan!

Melalui aktivitas ini, tidak hanya akan meningkatkan kemampuan membaca dalam Bahasa Inggris saja, namun juga secara drastis akan meningkatkan kosa kata, kemampuan tata bahasa, atau bahkan kelancaran dalam menulis dan berbicara. Selain itu, dengan membaca buku berbahasa Inggris, maka wawasan dan sudut pandang menjadi semakin luas.

Kadang hanya perlu langkah sederhana untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris yang dapat kamu lakukan sembari bersantai. bagaimana guys, mudah bukan? Oleh karenanya, yuk terapkan aktivitas tersebut dalam waktu santaimu dan rasakan manfaatnya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Channel YouTube Seru untuk Belajar Bahasa Mandarin  

Raditya Setiawan Photo Writer Raditya Setiawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya