Comscore Tracker

5 Kosakata Nama Panggilan untuk Keluarga dalam Bahasa Banjar, Mudah!

Yuk, belajar bersama! #LokalIDN

Indonesia memang dikenal sebagai negara dengan banyak sekali memiliki berbagai suku, ras, dan bahasa. Bahasa-bahasa daerah yang berkembang di Indonesia pun tidak sedikit, hampir semua daerah memiliki bahasanya sendiri, termasuk dengan bahasa daerah Banjar.

Banjar merupakan salah satu daerah yang ada di Kalimantan selatan, dengan banyak kekayaan alam termasuk bahasanya. Nama bahasa daerah orang banjar disebut dengan Bahasa Banjar. Untuk seseorang yang asli orang Banjar, bahasa daerah digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang kosakata panggilan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh orang Banjar untuk anggota keluarga. Yuk simak!

1. Abah

5 Kosakata Nama Panggilan untuk Keluarga dalam Bahasa Banjar, Mudah!Pixabay.com/Olichel

Dalam bahasa Banjar, nama panggilan dari seorang anak untuk seorang kepala keluarga atau seorang ayah yaitu menggunakan nama Abah. Abah bisa berarti ayah, bapak, papa, abi, dan sebagainya untuk memanggil sosok orang tua laki-laki. 

2. Mama

5 Kosakata Nama Panggilan untuk Keluarga dalam Bahasa Banjar, Mudah!Pixabay.com/neildodhia

Mirip dengan nama panggilan dalam bahasa Indonesia. Nama panggilan yang biasa digunakan oleh orang Banjar dalam memanggil seorang ibu, yaitu Mama. 

3. Acil dan Ua

5 Kosakata Nama Panggilan untuk Keluarga dalam Bahasa Banjar, Mudah!Pixabay.com/nastya_gepp

Apasih arti dan digunakan untuk memanggil siapa acil dan ua itu? Acil dan ua sendiri biasanya digunakan untuk memanggil seseorang dengan gelar bibi/tante, atau seorang wanita yang lebih tua tetapi bukan usia seorang kakak. 

Baca Juga: 5 Peribahasa Banjar Mempunyai Filosofi Mendalam tentang Kehidupan

4. Amang

5 Kosakata Nama Panggilan untuk Keluarga dalam Bahasa Banjar, Mudah!Pixabay.com/Free-Photos

Amang biasanya digunakan untuk memanggil seorang pria gelar om atau paman dalam sebuah keluarga dalam bahasa Banjar. 

5. Ading

5 Kosakata Nama Panggilan untuk Keluarga dalam Bahasa Banjar, Mudah!Pixabay.com/460273

Ketika memanggil seseorang yang lebih muda dari kita dalam anggota keluarga. Biasanya orang Banjar akan menggunakan nama panggilan ading, sebutan untuk adik.

Itu tadi lima kosakata yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh orang Banjar untuk memanggil seorang anggota keluarga. Semoga informasinya bermanfaat, ya! 

Baca Juga: Mirip Bahasa Indonesia, 6 Kata Ini Berbeda Arti dalam Bahasa Banjar

Rah Miya Photo Verified Writer Rah Miya

Someone who need to put her chaotic mind in a better place.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya