Comscore Tracker

5 Buku yang Harus Dibaca Setidaknya Minimal Sekali Seumur Hidup

Buku ini sarat pelajaran yang akan mengubah hidup

Membaca buku memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya meningkatkan fungsi otak, menstimulasi mental, menambah wawasan, mengurangi stres bahkan memberikan inspirasi. Mengingat banyaknya manfaat dalam membaca, maka tak heran jika banyak orang yang memiliki hobi membaca. 

Banyak buku yang diterbitkan di setiap tahunnya. Bahkan ada buku yang dicetak berulang-ulang karena selalu menjadi buruan para pembaca. Buat kamu yang ingin membaca tapi bingung harus membaca apa, di bawah ini ada beberapa buku yang perlu kamu baca minimal sekali seumur hidup.

1. The Book You Wish Your Parents Had Read karya Philippa Perry

5 Buku yang Harus Dibaca Setidaknya Minimal Sekali Seumur HidupBuku The Book You Wish Your Parents Had Read (twitter.com/@collier41fwk)

The Book You Wish Your Parents Had Read merupakan buku yang mengajarkan para orangtua untuk membangun hubungan yang solid antara orangtua dan anak. Buku ini tidak akan menghakimi siapapun, sehingga pembaca akan merasa nyaman dan merasa tidak buruk saat membacanya.

Salah satu poin yang dibahas oleh penulis adalah bagaimana orangtua memahami dan menangani perasaannya sendiri dan perasaan anak. Terkadang, orangtua tidak paham bahwa untuk menenangkan hati anaknya, dia harus menenangkan hatinya sendiri terlebih dahulu.

2. Atomic Habits karya James Clear 

5 Buku yang Harus Dibaca Setidaknya Minimal Sekali Seumur HidupBuku Atomic Habits (twitter.com/@Maxibrown2)

Mungkin banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan di masa lalu itu akan mempengaruhi dan berdampak besar untuk masa depan.

Melalui buku ini, James Clear mengungkapkan beberapa hal yang dapat memberikan perubahan kecil menjadi besar dan dapat mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk. Jika kamu ingin mengubah hidup kamu terutama dalam hal kebiasaan-kebiasaan buruk, maka buku ini sangat cocok untuk dibaca.

Baca Juga: 5 Buku Pramoedya Ananta Toer Paling Langka, Ada yang Dijual Rp20 Juta

3. Filosofi Teras karya Henry Manampiring

5 Buku yang Harus Dibaca Setidaknya Minimal Sekali Seumur HidupBuku Filosofi Teras (twitter.com/@UntaiSastra)

Dalam buku Filosofi Teras ini, kamu akan mendapatkan bagaimana cara mengembangkan mental yang tangguh serta hidup tenang. Buku ini relevan dengan kehidupan sekarang. Penulis memaparkan bagaimana cara memperkuat menal untuk menghadapi kehidupan seperti sekarang ini.

Buku ini sangat cocok dibaca utuk generasi milenial dan Gen-Z di mana mereka banyak mengalami kecemasan dan kekhawatiran dalam hidupnya. Buku ini akan membawa kamu ke dalam kehidupan yang lebih baik.

4. You Do You karya Fellexandro Ruby

5 Buku yang Harus Dibaca Setidaknya Minimal Sekali Seumur HidupBuku You Do You (twitter.com/@wnjnsn)

Buku ini sangat cocok dibaca untuk usia 20-an karena pembahasannya seputar karier. Hal ini tentunya berkaitan dengan minat, bakat, passsion dan juga tentang pekerjaan yang dimpi-dimpikan.

You Do You akan membicaran tentang bagaimana cara mengenali diri sendiri baik tentang kemampuan, keinginan, dan tujuan dalam hidup. Dan tak lupa, buku ini juga membahas tentang konsep Ikigai.

5. The Psychology of Money karya Morgan Housel

5 Buku yang Harus Dibaca Setidaknya Minimal Sekali Seumur HidupBuku The Psychology of Money/smevalueadvisors.com

Siapa nih yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan? Jika kamu termasuk, maka buku ini sangat cocok untuk kamu baca. Dengan membaca buku ini, kamu akan mengetahui bagaimana cara mengelola keuangan yang baik.

Buku ini menggambarkan bahwa kondisi keuangan seseorang sangat dipengaruhi oleh psikologi ataupun pola pikir. Orang yang memiliki latar belakang pendidikan finansial bagus, tak akan menjamin bahwa orang tersebut mampu mengelola keungan sengan bagus pula.

Nah, itulah beberapa buku yang harus dibaca minimal sekali seumur hidup. Nilai yang terdapat dalam buku-buku tersebut mampu mengubah hidup kamu menjadi lebih baik. Kamu bisa membacanya di kala senggang atau hari libur. Yuk, tingkatkan kualitas hidup kamu melalui buku-buku tersebut. 

Baca Juga: 5 Tips agar Anak Suka Membaca, Kenalkan Buku-buku yang Menarik

Eka Rahmawati Photo Verified Writer Eka Rahmawati

Writing is healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya