Comscore Tracker

Langka, Ini 4 PTN yang Punya Magister Ilmu Tanah

#EdFunFact Universitas Andalas satu-satunya dari luar Jawa lho

Ilmu tanah (Soil Science) adalah kajian tanah sebagai sumber daya alam baik dari pembentukan, klasifikasi, pemetaan, berbagai karakteristik fisik, kimiawi, biologis, kesuburannya, serta pemanfaatan dan pengelolaannya.

Bagi kamu yang tertarik mendalami kajian tersebut, terdapat 10 universitas yang menawarkan program studi Ilmu Tanah jenjang Sarjana (S1), nih. Misalnya Universitas Tanjungpura, Universitas Sebelas Maret, Universitas Syiah Kuala, Universitas Bengkulu, Universitas Gadjah Mada, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Sriwijaya, Universitas Andalas, Universitas Nusa Cendana, dan Universitas Khairun.

Sedangkan untuk mendalaminya lebih lanjut, kamu dapat melanjutkan studi ke program studi Ilmu Tanah jenjang Magister (S2) yang ternyata hanya ada 4 se-Indonesia, lho. Hal ini dilansir dari laman resmi BAN-PT lho.

Yuk, simak di mana saja universitas tersebut?

1. Universitas Padjadjaran

Langka, Ini 4 PTN yang Punya Magister Ilmu Tanahvideo.quipper.com

Akreditasi program studi Ilmu Tanah jenjang Magister di Universitas Padjajaran yang berada di Wilayah 04 ini adalah A dengan nomor SK yaitu 4231/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2017. Akreditasi tersebut berlaku mulai tahun 2017 hingga 7 November 2022.

Magister Ilmu Tanah di Universitas Padjajaran bernaung di bawah Fakultas Pertanian. Program studi ini memiliki visi menjadi Program Studi Magister Ilmu Tanah yang memiliki keunggulan dalam bidang pengelolaan lahan kering dan tanah sawah serta penyelenggaraan pendidikan bereputasi Internasional tahun 2024.

Mata kuliahnya seperti Fisika Tanah, Pedogensesis  dan Klasifikasi Tanah, Teknologi Pengelolaan Tanah Sawah Terpadu, Metodologi Penelitian, serta mata kuliah pilihan seperti  Agroklimatologi dan Hidrologi, Teknologi Pupuk Hayati (Biofertilizer), Perencanaan Tata Ruang dan Tata Guna Tanah, Kebijakan Pertanahan dan Hukum Agraria, Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman, hingga Teknik Analisis Tanah dan Tanaman.

Nah, ada empat konsentrasi yang dapat dipilih, nih. Mulai dari Ilmu Kesuburan Tanah dan Gizi Tanaman, Ilmu Konservasi dan Reklamasi Tanah, Ilmu Bioteknologi Tanah, hingga Evaluasi dan Perencanaan Penggunaan Lahan.

2. Institut Pertanian Bogor

Langka, Ini 4 PTN yang Punya Magister Ilmu Tanahipb.ac.id

Akreditasi program studi Ilmu Tanah jenjang Magister di Institut Pertanian Bogor yang berada di Wilayah 04 ini adalah A dengan nomor SK yaitu 4917/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017. Akreditasi tersebut berlaku mulai tahun 2017 hingga 25 Juli 2022.

Magister Ilmu Tanah di  Institut Pertanian Bogor bernaung di bawah Fakultas Pertanian, tepatnya di Departemen Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan. Visi dari program studi ini adalah menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu dan teknologi peningkatan kualitas tanah dan lingkungan.

Mata kuliah yang akan dipelajari seperti Genesis dan Klasifikasi Tanah, Pergerakan Hara dalam Sistem Tanah-Tanaman, Tropical Soils, Degradasi dan Rehabilitasi Tanah, Bioteknologi Tanah dan Lingkungan, Analisis Kuantitatif Geospasial, Evaluasi Lahan, hingga Mineralogi Liat.

3. Universitas Gadjah Mada

Langka, Ini 4 PTN yang Punya Magister Ilmu Tanahiisd.org

Akreditasi program studi Ilmu Tanah jenjang Magister di Universitas Gadjah Mada yang berada di Wilayah 05 ini adalah A dengan nomor SK yaitu 1584/SK/BAN-PT/Akred/M/VIII/2016. Akreditasi tersebut berlaku mulai tahun 2016 hingga 11 Agustus 2021.

Program studi Ilmu Tanah tersebut merupakan bagian dari Fakultas Pertanian serta memiliki 5 Minat Studi/Spesialisasi yaitu Pedologi, Fisika dan Pengawetan Tanah, Kimia dan Kesuburan Tanah, Biologi Tanah, dan Iklim dan Hidrologi Tanah.

Mata Kuliah Wajib diantaranya adalah Pedogenesis, Kimia Tanah Lanjutan I, Analisis Tanah, Air dan Tanaman, hingga Agrohidrologi dan Agroklimatologi. Serta Mata Kuliah sesuai minat studi seperti Geologi Bahan Induk, Mikromorfologi Tanah, Pengelolaan tanah, Irigasi dan Dratnase, Mineralogi Lempung, Manajemen Hara, Hidrolika Pertanian, Kesuburan Tanah, hingga Mata Kuliah Pilihan misalnya Analisis Bentang Lahan hingga M.K. Muatan Terubahkan dan Kualitas Tanah.

4. Universitas Andalas

Langka, Ini 4 PTN yang Punya Magister Ilmu Tanahadekadiak.blogspot.co.id

Akreditasi program studi Ilmu Tanah jenjang Magister di Universitas Andalas yang berada di Wilayah 10 ini adalah B dengan nomor SK yaitu 0493/SK/BAN-PT/Akred/M/I/2017. Akreditasi tersebut berlaku mulai tahun 2017 hingga 26 Januari 2022.

Program studi Magister Ilmu Tanah di Universitas Andalas bernaung di bawah Fakultas Pertanian. Nah, visi fakultasnya adalah menjadi Fakultas Pertanian yang terkemuka dan bermartabat dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pertanian di Indonesia tahun 2025.

Gimana? Kamu tertarik lanjut kuliah di jurusan ini?

 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya