Comscore Tracker

Langka, Ini lho 5 PTN dengan Prodi Tata Boga untuk Jenjang Sarjana

Prodi tata boga yang sudah mengantongi akreditasi A

Tata boga alias Culinary Arts merupakan suatu disiplin ilmu tentang seni dalam menyiapkan, memasak, dan menghidangkan makanan. Di Indonesia, Tata Boga dapat diampu secara formal pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), ataupun program studi di Sekolah Tinggi, Akademi, dan Universitas. 

Kendati demikian, Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan program studi Tata Boga untuk jenjang Sarjana rupanya masih sangat sedikit. Nah, berikut daftar PTN tersebut, yang juga telah memperoleh akreditasi A dari BAN-PT untuk program studi bersangkutan.

1. Universitas Negeri Jakarta

Langka, Ini lho 5 PTN dengan Prodi Tata Boga untuk Jenjang Sarjanaquipper.com

Universitas ini mengantongi akreditasi A untuk program studi Pendidikan Tata Boga yang berlaku sejak tahun 2016 hingga 21 Juli 2021. Bernaung di bawah Fakultas Teknik, kualifikasi lulusan dari program studi S1 Pendidikan Tata Boga disiapkan untuk menjadi tenaga pendidik di bidang keahlian tata boga, pengelola kursus di bidang tata boga, pengelola makanan di hotel, restaurant, dan catering, pengelola roti dan kue pada cake shop, pendemo masak, ataupun berwirausaha.

2. Universitas Negeri Surabaya

Langka, Ini lho 5 PTN dengan Prodi Tata Boga untuk Jenjang Sarjanasuarasurabaya.net

Universitas Negeri Surabaya juga berhasil mendapatkan akreditasi A untuk Pendidikan Tata Boga (S1) yang merupakan salah satu program studi di Fakultas Teknik. Akreditasi ini berlaku mulai dari tahun 2016 hingga 21 Juli 2021. Beberapa mata kuliah yang ditawarkan yakni Ilmu Gizi, Pengelolaan Makanan Indonesia, Dekorasi Boga, Mikrobiologi Pangan, Bakery dan Pastry, Olahan Coklat dan Gula, Diversifikasi Pangan Lokal, hingga Gastronomi. 

Baca Juga: 10 Kampus Paling Diminati SBMPTN 2019, Universitas Brawijaya Juara!

3. Universitas Negeri Malang

Langka, Ini lho 5 PTN dengan Prodi Tata Boga untuk Jenjang Sarjanamalangtoday.net

Universitas Negeri Malang memperoleh akreditasi A untuk Pendidikan Tata Boga terhitung sejak tahun 2016 hingga 27 Desember 2021. Program studi ini bernaung di bawah Fakultas Teknik, tepatnya di jurusan Teknologi Industri. Visinya adalah mewujudkan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga yang unggul dan menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan teknologi dan vokasional bidang boga.

4. Universitas Pendidikan Indonesia

Langka, Ini lho 5 PTN dengan Prodi Tata Boga untuk Jenjang Sarjanaid.wikipedia.org

Program studi Pendidikan Tata Boga di universitas yang berada di Bandung ini mengantongi akreditasi A sejak tahun 2015 dan berlaku sampai 21 Februari 2020. Program studi tersebut merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknologi dan Kejuruan, tepatnya di Departemen Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Mata kuliahnya seperti Makanan Kontinental, Tata Hidang, Event Organizer Bidang Boga, Dietetika, Cookies and Candy, Hidangan Katering dan Restoran Oriental, hingga Seni Kuliner.

5. Universitas Negeri Yogyakarta

Langka, Ini lho 5 PTN dengan Prodi Tata Boga untuk Jenjang Sarjanaquipper.com

Berbeda dari universitas-universitas sebelumnya, Universitas Negeri Yogyakarta ini memiliki program studi Pendidikan Teknik Boga. Program studi tersebut juga berhasil memperoleh akreditasi A sejak tahun 2015 dan berlaku hingga 28 Maret 2020. Mata kuliahnya seperti Perencanaan dan Resep Oriental, Pengendalian Mutu Pangan, Akuntansi Usaha, Makanan Kesehatan, Pengolahan Kue Nusantara, hingga Kuliner dan Industri Pariwisata.

Selain kampus di atas, perguruan tinggi negeri lain yang juga menyelenggarakan program studi jenjang S1 Pendidikan Tata Boga yakni Universitas Negeri Medan dan Universitas Negeri Semarang, namun masih berakreditasi B.

Sedangkan, untuk program studi D-III Tata Boga ditawarkan oleh beberapa perguruan tinggi negeri berikut: Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Padang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, dan Politeknik Negeri Balikpapan.

Nah, semoga dapat semakin membuka wawasanmu, ya!

Baca Juga: Menilik Sejarah UGM, Universitas Negeri yang berdiri sejak tahun 1949

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya