Comscore Tracker

5 Fakta Unik tentang Ancient Language yang Bisa Membuatmu Melek Bahasa

#EdFunFact Banyak misteri bahasa kuno yang belum terpecahkan

Sebagian para ahli bahasa memperkirakan bahwa bahasa yang dipakai manusia guna berkomunikasi kemungkinan besar berasal dari 350 ribu hingga 1,8 juta tahun yang lalu. Tetapi, sebagian para ahli bahasa lain justru menempatkan masa kelahiran bahasa itu sendiri pada puluhan ribu tahun yang lalu.

Walau masih menjadi perdebatan, satu hal yang pasti adalah bahasa memiliki waktu yang cukup lama untuk berevolusi, mulai dari bahasa gesture, lisan dan tulisan. Nah, berikut adalah lima fakta paling menarik tentang bahasa kuno.

1. Tidak ada kriteria formal untuk menyebut suatu bahasa sebagai kuno

5 Fakta Unik tentang Ancient Language yang Bisa Membuatmu Melek Bahasaangmohdan.com

Bahasa kuno sejatinya didefinisikan sebagai bahasa mana pun yang berakar dari zaman kuno. Tetapi, tidak ada syarat formal yang menempatkan sebuah bahasa sebagai kuno.

Namun, terdapat sebuah konvensi dari para ahli sejarah bahasa yang membatasi bahasa mana pun yang eksis sebelum abad ke-5 adalah bahasa kuno. Namun sekali lagi, itu adalah sebuah konvensi alias kesepakatan, bukan dari hasil penelitian ilmiah.

2. Tidak ada satu pun bahasa yang disebut tertua

5 Fakta Unik tentang Ancient Language yang Bisa Membuatmu Melek Bahasawikipedia.org

Ketika terdapat pertanyaan, “bahasa mana yang paling tua di dunia?” Setiap ahli bahasa akan menindaklanjuti pertanyaan itu dengan pertanyaan lain, “bahasa yang diucapkan atau ditulis?”

Kalau untuk gelar bahasa tertulis tertua di dunia, baru-baru ini diberikan kepada bahasa Tamil. Para arkeolog menemukan sebuah referensi yang merujuk pada peristiwa keringnya sungai-sungai di Lembah Indus, Pakistan. Bahasa tulis Tamil itu diperkirakan berasal dari 10 ribu tahun yang lalu.

Nah, kalau untuk bahasa lisan, bagaimana merekamnya? Apakah zaman dahulu sudah ada alat perekam? Oleh sebab itu, tidak ada bahasa yang disebut paling tua. Seperti bahasa Tamil, boleh jadi ada bahasa lain yang lebih tua tapi tidak terekam.

3. Beberapa bahasa kuno masih diucapkan hari ini

5 Fakta Unik tentang Ancient Language yang Bisa Membuatmu Melek BahasaStatista via kataeb.org

Sebelumnya, IDN Times melaporkan, hingga hari ini, para ilmuwan mencatat terdapat lebih dari 2.700 bahasa dengan 7.000 dialek berbeda. Dari jumlah itu, bahasa kuno yang paling banyak pengucapnya di dunia saat ini adalah Tamil, Sansekerta, Yunani, Basque, Cina dan Ibrani.

4. Teks sastra tertua diketahui berasal dari seorang penulis bernama Enheduanna

5 Fakta Unik tentang Ancient Language yang Bisa Membuatmu Melek Bahasatwitter.com/Assyrianews1

Melanglang buana kembali pada abad ke-23 SM, terdapat seorang pujangga pertama yang karya-karya terekam dan menjadi yang paling tua di dunia. Dia adalah Enheduanna yang berasal dari bangsa Sumeria atau jazirah Irak.

Karya-karya Enheduanna antara lain berupa puisi, mazmur dan doa. Enheduanna sendiri adalah seorang perempuan.

5. Masih ada bahasa kuno yang belum diketahui

5 Fakta Unik tentang Ancient Language yang Bisa Membuatmu Melek Bahasawikipedia.org

Faktanya, malah banyak sekali. Salah satu naskah yang belum terpecahkan (undecipher) yang paling menonjol adalah skrip dari peradaban Lembah Indus (Indus Script).

Skrip yang diketahui berasal dari tahun 2600 SM itu diketahui sebagai salah satu yang paling maju di dunia selama lebih dari 500 tahun. Kebanyakan ahli bahasa percaya, bahasa yang dipakai adalah “logo-suku kata" (logo-syllabic), layaknya bahasa Sumeria.

Tetapi, tidak ada batu Rosetta yang bisa menjadi pembanding bahasa tersebut. Oleh sebab itu, statusnya masih undecipher.

Itulah lima fakta unik tentang bahasa kuno. Semoga pengetahuanmu akan bahasa semakin bertambah ya!

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You