Comscore Tracker

5 Situs Kumpulan Jurnal Terbaik untuk Mahasiswa Baru, Catat, ya!

#IDNTimesLife Untuk menunjang tugas kuliah kamu, nih!

Salah satu culture shock yang dialami banyak orang ketika baru memasuki jenjang perkuliahan adalah tidak bisa lagi mengandalkan semua artikel di internet sebagai sumber tugas.

Berbeda dengan siswa sekolah yang bisa asal mengambil informasi dari internet, seorang mahasiswa harus lebih teliti lagi dalam mengambil informasi untuk keperluan tugas. Kita tidak bisa mengambil tugas dari sumber yang kredibilitasnya dipertanyakan. Umumnya, mahasiswa diharuskan untuk mengambil informasi dari sumber-sumber terpercaya seperti buku atau jurnal.

Nah, untuk kamu yang baru saja menjadi mahasiswa baru tahun ini, pasti bingung, kan, website mana saja yang memuat sumber-sumber kredibel khususnya jurnal? Yuk, baca artikel ini sampai habis, ya, untuk membantu kamu di dunia perkuliahan!

1. Google Scholar

5 Situs Kumpulan Jurnal Terbaik untuk Mahasiswa Baru, Catat, ya!scholar.google.co.id

Nah, beberapa dari kalian mungkin sudah mengenal Google Scholar yang merupakan salah satu produk Google. Mereka menyediakan berbagai jurnal daring dan publikasi ilmiah lainnya.

Di sini, kamu juga akan menemukan berbagai macam literatur yang relevan dengan pencarian kita. Selain itu, Google Scholar juga menyediakan fitur untuk filter hasil pencarian berdasarkan tahun penerbitan dan topik yang relevan juga, lho, sehingga akan mempermudah kamu untuk menemukan literatur yang tepat.

2. Perpusnas

5 Situs Kumpulan Jurnal Terbaik untuk Mahasiswa Baru, Catat, ya!E-Resources Perpusnas

Perpusnas atau Perpustakaan Nasional Republik Indonesia merupakan salah satu website yang bisa kalian kunjungi untuk mencari sumber yang kredibel. Di Perpusnas, kita dapat menemukan dan meminjam banyak sekali buku-buku digital yang disediakan oleh pemerintah Indonesia.

Mulai dari jurnal, e-book, dan literatur lainnya yang tentunya kredibel. Namun, untuk mengakses buku-buku yang ada di Perpusnas, kita harus terdaftar dulu sebagai member Perpusnas, ya, teman-teman!

3. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

5 Situs Kumpulan Jurnal Terbaik untuk Mahasiswa Baru, Catat, ya!doaj.org

DOAJ merupakan salah satu situs yang dapat kamu cek untuk mencari sumber-sumber kredibel. DOAJ sudah dibuat sejak tahun 2003 dan memiliki sebanyak 16 ribu jurnal serta 6 juta artikel dari 127 negara.

Lewat situs ini, kita dapat mencari berbagai macam jurnal atau karya ilmiah lainnya yang berstatus open access. Kita tinggal mengetik kata kunci dari jurnal yang ingin kita temukan, dan DOAJ akan mengantarkan ke laman jurnal yang tersedia.

Baca Juga: 10 Jurusan Kuliah Ini Cuma Ada Satu di Indonesia, Tertarik? 

4. Academia

5 Situs Kumpulan Jurnal Terbaik untuk Mahasiswa Baru, Catat, ya!academia.edu

Sudah cukup banyak orang yang mengetahui situs academia.edu ini. Situs ini merupakan social networking yang berisi banyak e-book, jurnal, dan sumber referensi lainnya. Di situs academia.edu sudah terdaftar 164 juta pengguna.

Namun, untuk bisa mengunduh jurnal yang ada di situs ini, kamu harus terdaftar sebagai salah satu penggunanya, ya!

5. Microsoft Academic

5 Situs Kumpulan Jurnal Terbaik untuk Mahasiswa Baru, Catat, ya!academic.microsoft.com

Jika kamu ingin menemukan jurnal ilmiah berbahasa Indonesia, Microsoft Academic-lah jawabannya. Selain jurnal berbahasa Indonesia, situs ini juga menyediakan jurnal internasional berbahasa Inggris.

Di situs ini, sudah ada lebih dari 265 juta publikasi. Untuk mengaksesnya, kamu tinggal mengetikkan kata kunci di kolom pencarian, dan kamu juga bisa memakai beberapa fitur filter yang tersedia untuk mempermudah mendapatkan jurnal yang kamu inginkan.

Wah, ternyata mudah, ya, untuk menemukan sumber-sumber kredibel sebagai bahan tugas dari dosen kamu! Dari kelima situs di atas, mana nih yang merupakan favortimu?

Baca Juga: 7 Jurusan Kuliah Ini Sepi Peminat, tapi Peluang Kerjanya Besar lho

Reghina Hasna Nabilah Photo Writer Reghina Hasna Nabilah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya