Comscore Tracker

5 Hal yang Sering Dirasakan Ketika Pertama Kali Menulis Artikel

Pernah ngerasain gak?

Menulis itu sudah bukan lagi hal yang jarang dilakukan. Semua orang pun dianjurkan untuk menulis agar memahami dan mengingat apa yang dipelajarinya. Namun untuk menulis suatu artikel, tak banyak orang yang mau menulisnya. Untuk seorang pemula, pasti mengalami beberapa hal saat pertama kali membuat tulisan artikel. Berikut hal-hal yang sering dialami saat pertama kali menulis artikel.

1. Bingung menentukan isi tulisan

5 Hal yang Sering Dirasakan Ketika Pertama Kali Menulis ArtikelPexels/Burst

Isi atau ide tulisan memang sangatlah penting bagi para penulis. Menemukan dan mencarinya butuh usaha ekstra dan kadang hal tak terduga pun bisa menjadi isi atau ide tulisan. Carilah ide tulisan sesuai dengan passion atau hal-hal yang sering kamu alami lalu tuangkan ke dalam bentuk tulisan yang menarik.

2. Mencari judul yang sesuai dan menarik

5 Hal yang Sering Dirasakan Ketika Pertama Kali Menulis ArtikelPexels/rawpixel.com

Nah, untuk yang ini begitu penting. Karena pembaca pasti melihat judulnya terlebih dahulu. Judul merepresentasikan isi dari tulisan tersebut agar mudah untuk dipahami dan mengerti inti dari bacaannya. Buatlah judul yang bisa membuat pembaca tertarik untuk lebih tau lagi. Tapi ingat, jangan click bait. Hehe. Usahakan sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

Baca Juga: Catat! Ini 9 Tips Jitu Biar Kamu Konsisten Menulis Tiap Hari

3. Muncul rasa malas untuk melanjutkannya

5 Hal yang Sering Dirasakan Ketika Pertama Kali Menulis ArtikelPexels/Kaboompics.com

Terkadang rasa malas muncul secara tiba-tiba. Hal ini memang wajar dialami oleh semua orang. Sama seperti menulis artikel. Rasa malas muncul di saat sedang menyelesaikan setengah dari isi artikel. Ntah malas karena bingung menyusun kalimatnya atau malas karena ada hal lain. Niatkan dengan ikhlas dan cobalah untuk istirahat sejenak. Pikiran juga butuh istirahat dari kegiatan yang monoton. Tapi ingat, lanjutkan menulis setelah rasa malasnya hilang.

4. Kurang percaya diri pada hasil tulisannya

5 Hal yang Sering Dirasakan Ketika Pertama Kali Menulis ArtikelPexels/pixabay

Rasa minder atau kurang percaya diri memang kerap menjadi alasan kenapa orang tak mau melanjutkan tulisannya. Cobalah untuk menyelesaikan tulisanmu. Lalu bagikan ke teman-teman dan minta pendapat dari mereka.

Dari situ kita akan tahu apa yang kurang dari tulisannya. Lihat juga hasil artikel lain agar tahu bagaimana susunan tulisan yang rapi dan menarik. Motivasikan ke diri sendiri agar selalu berusaha untuk berkarya dan menjadi lebih baik lagi.

5. Bingung menentukan kalimat yang ingin digunakan

5 Hal yang Sering Dirasakan Ketika Pertama Kali Menulis ArtikelPexels/Mikes Photos

Ini yang sering dijumpai oleh para pemula atau yang baru pertama kali menulis artikel. Bingung menentukan kalimat memang wajar, karena mereka tidak tahu harus menulis seperti apa. Cobalah memperbanyak bacaan. Mulai dari hal tersebut, kita akan mendapatkan kosa kata baru, susunan kalimat yang benar, dan cara penyampaian yang baik. Jika ingin menulis artikel, perbanyaklah membaca artikel. Begitu juga jika ingin menulis novel, puisi, dan yang lainnya.

Bagaimana? Baru pertama kali menulis artikel? Perbanyak baca dan tentunya belajar. Asah terus kemampuan membaca dan menulis. Seiring berjalannya waktu, kamu akan terbiasa dengan menulis.

Jangan bosan belajar.

Baca Juga: Ini 6 Manfaat yang Kamu Rasakan Jika Rajin Menulis Jurnal Pribadi

Reza Nur Wibisono Photo Community Writer Reza Nur Wibisono

Penghuni 'titik biru pucat' di luasnya alam semesta.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 13:45:03

Progress: 730.216 dari 813.350 TPS (89.77882%)

Just For You