Comscore Tracker

5 Program Beasiswa untuk Kamu si Jiwa Wirausaha, Coba, yuk!

Persiapkan cita-cita berbisnismu dari sekarang!

Bisa melanjutkan pendidikan S1 hingga S2 sambil mengelola usaha sendiri adalah impian bagi banyak orang. Apalagi jika kamu memiliki ide kreatif, suka berinovasi, dan berjiwa wirausaha. Menjadi seorang mahasiswa sambil mengelola usaha sendiri bukanlah perkara yang mudah karena kamu harus bisa membagi waktu antara kuliah dan kerja.

Dalam membangun bisnis, walaupun kamu memilki niat dan kemampuan yang sudah mumpuni, tentunya kamu memerlukan modal yang tak sedikit apalagi jika rencana usahamu itu adalah usaha besar.

Mendaftar beasiswa yang dapat mendukung posisi kamu akan menjadi suatu solusi bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa, karena bukan hanya modal usaha yang akan kamu dapatkan tapi kamu juga akan mendapatkan biaya kuliah dan dapat dibimbing oleh mentor yang berpengalaman.

Jadi meski kamu seorang mahasiswa, kamu juga bisa menjadi wirausahawan yang sukses. Dengan mengikuti lima program beasiswa berikut ini, maka impianmu untuk menjadi seorang wirausahawan meski berstatus mahasiswa bukan lagi hanya sekedar mimpi saja.

1. Beasiswa Karya Salemba Empat Akademi Kewirausahaan 

Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE) memiliki 4 program utama, salah satunya adalah akademi kewirausahaan. Beasiswa ini diberikan kepada bagi mahasiswa yang memiliki minat dan semangat yang kuat untuk menjadi wirausahawan. Maka dari itu, beasiswa ini sangat cocok bagi kamu yang mempunyai inovasi dan kreativitas dalam berwirausaha.

Untuk bisa mengikuti beasiswa ini, kamu harus menjadi mahasiswa penerima beasiswa ini dulu atau kamu sebagai alumni penerima beasiswa ini, serta kamu juga sudah memiliki usaha. Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mendaftar beasiswa ini, yaitu mendapatkan pelatihan dalam berbisnis, selama enam bulan kamu akan dilatih oleh mentor yang berpengalaman di bidangnya, dan tentunya kamu akan mendapatkan fasilitas permodalan.

Bagi kamu yang tertarik mendaftar beasiswa ini, silahkan kunjungi website kse.or.id atau kamu juga bisa langsung cek instagramnya @beasiswa_kse. Setiap kampus yang bekerjasama dengan beasiswa ini biasanya memiliki akun Instagram masing-masing sehingga akan memudahkan kamu untuk melihat info terupdate dari beasiswa ini. 

2. BRI Peduli Creation Scholarship 

BRI Peduli-Creation (Creative In Action) Scholarship ini diselenggarakan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (persero). Beasiswa ini memberikan apresiasi kepada mahasiswa yang mempunyai inovasi, ide, dan terobosan baru yang kreatif dan unggul dibidang teknologi, bisnis ataupun sosial. Namun, untuk mengikuti beasiswa ini hanya mahasiswa dari lima universitas saja, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, dan Institut Pertanian Bogor.

Syarat lainnya adalah kamu mahasiswa aktif di semester dua sampai semester enam, memiliki tim yang terdiri dari tiga orang untuk membuat inovasi, ide, dan terobosan baru yang kreatif yang disusun dalam bentuk proposal, memiliki IPK minimal 2,75 serta pastinya kamu tidak sedang mengikuti program beasiswa lain.

Ada beberapa keuntungan jika kamu mendaftar beasiswa ini, yaitu ide yang terpilih akan diberikan dana inovasi sebesar Rp30 juta per tim, biaya uang kuliah Rp8 juta per orang dan per semester, serta uang saku senilai Rp500 ribu per bulan untuk masing-masing orang. Jika kamu berminat mengikuti beasiswa ini silahkan kunjungi website bri.co.id/bripedulicreation atau kamu bisa langsung cek Instagram @bankbri_id.   

3. Beasiswa Cendekia BAZNAS Studentpreneur Muda 

Beasiswa Cendikia BAZNAS memiliki tiga kategori beasiswa, salah satunya BCB Studentpreneur Muda. Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang aktif di perguruan tinggi mitra BAZNAS. Selain itu, untuk kamu yang memiliki usaha atau bisnis yang masih berjalan paling sedikit tiga bulan yang terhitung saat pendaftaran, beasiswa ini sangat cocok bagi kamu yang berjiwa wirausaha.

Ada beberapa keuntungan jika kamu mengikuti beasiswa ini, yaitu kamu akan mendapatkan bantuan SPP atau UKT maksimal Rp2,7 juta, mendapatkan pembinaan bersama Lembaga Beasiswa BAZNAS, serta kamu juga mendapatkan pembinaan bersama mentor daerah.

Namun, beasiswa ini hanya diberikan kepada mahasiswa dari 101 kampus diseluruh Indonesia yang bekerjasama dengan BAZNAS. Jika kamu tertarik untuk mengikuti beasiswa ini, silahkan kunjungi website beasiswa.baznas.go.id/program-beasiswa atau kamu juga bisa langsung cek Instagram @lembagabeasiswabaznas.   

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Wirausaha Lebih Menjanjikan Dibanding Kerja Kantoran

4. Beasiswa Pendidikan Indonesia Kewirausahaan 

Beasiswa Pendidikan Indonesia Kewirausahaan (BPI Kewirausahaan) ini di selenggarakan oleh Lembaga Pengelola dan pendidikan (LPDP). BPI adalah beasiswa jenjang magister luar negeri yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan S2 di luar negeri dalam bidang kewirausahaan.

Ada 90 perguruan tinggi seluruh dunia untuk tujuan beasiswa kewirausahaan ini. Beasiswa ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melanjutkan magister S2 kewirausahaan ke luar negeri sambil mengelola usahamu sendiri sehingga ide bisnis yang sudah kamu rencanakan tapi belum terlaksana bisa terwujud.

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan jika mengikuti beasiswa ini, yaitu kamu akan mendapatkan biaya pendidikan penuh, di antaranya biaya pendaftaran untuk masuk di universitas impianmu, biaya SPP, tunjangan buku, biaya penelitian tesis atau disertasi, biaya seminar internasional, dan biaya publikasi jurnal internasional. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan biaya pendukung, di antaranya transportasi, aplikasi visa, biaya asuransi kesehatan, dan biaya hidup bulanan.

Begitu banyak keuntungan dari beasiswa ini, kamu perlu mempersiapkan dari jauh hari untuk mendaftar beasiswa ini. Kamu bisa cantumkan beasiswa ini dalam list kamu. Untuk kamu yang tertarik ingin mendaftar beasiswa ini kamu bisa kunjungi website beasiswalpdp.kemenkeu.go.id atau kamu juga bisa langsung cek instagmnya @lpdp_ri.

5. Beasiswa Kahmipreneur 

Program Kahmipreneur adalah program yang bertujuan merangkul para pengangguran terbuka untuk menciptakan lapangan kerja sendiri. Melalui program ini ada beberapa beasiswa yang ditawarkan untuk anak pedagang kaki lima yang masih menempuh pendidikan di tingkat SD, SMP atau Tsanawiyah maupun SMA atau Aliyah bahkan mahasiwa yang terdampak PPKM Darurat.

Beasiswa Kahmipreneur yang bekerjasama dengan Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 mengadakan beasiswa untuk para pelajar SMA dan mahasiswa yang memiliki jiwa wirausaha, namun terdampak Covid-19. Ada beberapa kriteria yang diberikan beasiswa ini, yaitu memiliki jiwa wirausaha, memiliki prestasi akademik, dan berasal dari zona merah. Bagi kamu yang mempunyai ide kreatif dalam usaha UMKM, beasiswa ini sangat cocok untuk kamu.

Adapun keuntungan yang akan didapatkan bagi kamu mahasiswa dan SMA yang berjiwa wirausaha, yaitu untuk tingkat SMA kamu akan mendapatkan uang sebesar Rp500 ribu per bulan sedangkan untuk kamu yang masih mahasiswa kamu akan mendapatkan uang senilai Rp700 ribu per bulan. Jika kamu tertarik untuk mengikuti beasiswa ini, silahkan kamu kunjungi website linktr.ee/beasiswakahmipreneur atau kamu bisa langsung cek Instagram @kahmipreneur.      

Tak ada salahnya menempuh jalur akademis untuk cita-cita wirausahamu. Siapa tahu, bisnismu ke depannya nanti bakalan berjalan sukses dengan menerapkan ilmu akademis sekaligus pengalaman berbisnis secara langsung. 

Baca Juga: Keluar Zona Nyaman dalam Berbisnis lewat Bakpia Kukus

Ria Awe Photo Writer Ria Awe

follow instagram aku ya @riaaw21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya