Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kuliah di US Jadi Impian Banyak Mahasiswa

Pengen kuliah di US? Ini jawabannya

Menuntut ilmu memang gak ada batasnya. Bisa di usia berapapun dan bahkan bisa sampai ke negeri tetangga. Termasuk kuliah di US atau Amerika Serikat. Banyak mahasiswa tanah air yang bercita-cita untuk menuntut ilmu di negeri Paman Sam ini.

Apakah kamu termasuk orang yang berambisi untuk bisa kuliah di US? Memang sih gak mudah dan banyak tantangannya. Tapi lima hal ini jadi alasan kamu ingin berkuliah di US ya ‘kan? Gimana ya cara mewujudkannya?

1. Kurikulum pendidikan tinggi terbaik di dunia

5 Alasan Kenapa Kuliah di US Jadi Impian Banyak MahasiswaPelajar internasional sedang belajar bersama (Shutterstock/JacobLund)

Amerika Serikat (AS) adalah tujuan nomor satu bagi siswa internasional yang mencari pendidikan tinggi di luar negeri. Pendidikan berkualitas, kurikulum terbaik, lingkungan multikultural, dan membuka banyak peluang adalah beberapa alasan mengapa AS menjadi magnet bagi para pelajar di penjuru dunia. 

Universitas di AS memiliki beragam program unggulan di banyak bidang. Para pelajar pun punya kesempatan terlibat dalam berbagai riset dan peluang akademis lainnya. Selain itu, lembaga pendidikan di sana juga punya reputasi yang bagus berkat kualitas pengajaran dan penelitiannya. 

Gak heran kalau Amerika berhasil menghasilkan sumber daya manusia yang sangat cerdas dan kualitas pendidikan yang sangat mumpuni.

Baca Juga: Hai Mahasiswa, Siapkan 6 Hal Ini Dulu Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

2. Ada banyak universitas terbaik

5 Alasan Kenapa Kuliah di US Jadi Impian Banyak MahasiswaUniversity of Arizona (Shutterstock/Underawesternsky)

AS merupakan rumah bagi banyak universitas terkemuka di dunia. Beberapa di antaranya bahkan ada yang secara konsisten masuk dalam peringkat tertinggi universitas terbaik. Sebut saja Harvard, Yale, Stanford, hingga University of Arizona yang terus menghasilkan lulusan-lulusan berkualitas. 

Faktanya, AS menampung pelajar internasional paling banyak di dunia. Wajar aja, karena dari 200 universitas terbaik dunia, hampir 40 persen di antaranya berlokasi di AS.

3. Memiliki gelar yang diakui secara global

5 Alasan Kenapa Kuliah di US Jadi Impian Banyak MahasiswaGedung Sampoerna University (Dok. Sampoerna University)

Karena memiliki gelar yang diakui secara global, pengalaman melanjutkan studi di universitas AS ini pun menjadi salah satu keunggulan yang bisa kamu jual saat mencari kerja. Namun untuk bisa kuliah di sana ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan, terutama perihal budget

Tapi tenang, ada banyak jalan kok menuju Amerika. Salah satunya adalah dengan memilih perguruan tinggi di Indonesia yang menawarkan pengalaman pendidikan tinggi ala Amerika seperti Sampoerna University (SU). 

Perlu diketahui, Sampoerna University bermitra dengan salah satu kampus terbaik di AS yaitu University of Arizona. Universitas tersebut berada di peringkat 93 di dunia menurut Council for World University Rankings (CWUR) tahun 2021-2022 lho!

Dengan adanya kemitraan dengan University of Arizona di AS, Sampoerna University memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan gelar akademik Bachelor’s Degree dari Amerika Serikat tanpa harus meninggalkan Indonesia. Hal ini tentunya juga memberikan manfaat biaya yang lebih terjangkau. 

Untuk mengetahui informasi lebih detail, kamu bisa langsung cek website Sampoerna University serta akun media sosialnya ya guys!

4. Banyak peluang menanti

5 Alasan Kenapa Kuliah di US Jadi Impian Banyak MahasiswaPelajar perguruan tinggi sedang merayakan wisuda (Shutterstock/f11photo)

Universitas-universitas di Amerika menawarkan banyak dukungan untuk membuat siswa internasional merasa nyaman. Melalui berbagai lokakarya, kursus praktik bahasa Inggris, orientasi, dan pelatihan, siswa internasional diberikan banyak bantuan untuk membuat mereka siap menjalani proses perkuliahan disana.

Memiliki gelar yang diakui secara global tentu akan membantu para lulusan untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan multinasional yang ada di Indonesia atau di luar negeri. Pasalnya, banyak perusahaan yang mencari keragaman pengetahuan, kemampuan beradaptasi serta pengalaman lain yang didapatkan selama menempuh studi. 

Perusahaan mencari individu yang tidak hanya menguasai kemampuan multi bahasa-multi budaya, tetapi juga yang mampu berkomunikasi, bernegosiasi dan melaksanakan bisnis melintasi beragam budaya.

5. Teknologi canggih

5 Alasan Kenapa Kuliah di US Jadi Impian Banyak MahasiswaPelajar tengah belajar online (Shutterstock/Fizkes)

Institusi pendidikan di Amerika menjadi yang terdepan dalam hal teknologi, penelitian dan teknik, dan dalam membuat peralatan dan sumber daya terbaik di dunia. Mahasiswa juga akan mampu mengambil berbagai pengalaman meneliti sambil menambah sumber dana studi melalui berbagai proyek riset. 

Banyak program pascasarjana menawarkan peluang pelatihan dan pengajaran yang memungkinkan mahasiswa menjadi asisten dosen bagi mahasiswa sarjana atau asisten peneliti di proyek riset khusus.

Itu dia beberapa alasan kenapa kuliah di US jadi impian banyak pelajar. Kalau kamu salah satunya, tetap semangat berusaha ya. Semoga impian dan ambisimu bisa tercapai! (WEB)

Baca Juga: Jangan Galau Pilih Jurusan Kuliah, Ini 5 ‘Rumusnya’

Topic:

  • Ridho Fauzan

Berita Terkini Lainnya