Comscore Tracker

Gampang dan Simpel! 5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Jago Bahasa Asing

Practice makes perfect

Pasti kamu tahu dong dengan sosok Fathia Izzati. Salah satu millennial yang viral berkat kemampuannya menguasai bahasa Inggris dengan berbagai aksen sekaligus vokalis dari band Reality Club. Kamu gak perlu iri sama skill-nya ya! Soalnya, IDN Times yakin kamu juga bisa, asalkan ada kemauan dan motivasi.

Gak ada kata terlambat buat belajar bahasa asing kok! Ingat, skill ini bakal berguna seumur hidup. Mulai sekolah, kuliah, dan bahkan bisa jadi nilai plus saat kamu kerja nanti. Kali ini, IDN Times punya lima cara efektif agar kamu bisa jago bahasa asing. Check this out!

1. Tentukan bahasa asing yang ingin kamu kuasai dan fokuslah pada hal itu

Gampang dan Simpel! 5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Jago Bahasa AsingHuruf Jepang (ShutterStock/Ikuyan)

Langkah pertama pastinya kamu harus tentukan dulu bahasa asing apa yang mau kamu kuasai. Misalnya kamu mau jago banget bahasa Jepang, nah fokuslah pada tujuan tersebut. 

Kamu bisa mulai mempelajari kosakata yang simpel dan paling umum digunakan. Tulislah di notes kecil yang bisa kamu bawa ke mana-mana! Selain itu, sangat penting buatmu untuk membiasakan diri menggunakan istilah bahasa asing tersebut setiap hari biar lebih cepat mengingatnya.

Untuk menyempurnakan pembelajaran, cari tau juga bagaimana pelafalan huruf dan kata yang tepat dalam bahasa Jepang. Kamu bisa menggunakan Google Translate atau aplikasi kursus bahasa asing online untuk mengetahuinya. Gapapa kok belajarnya pelan-pelan aja, asal non-stop, ganbate!

Baca Juga: Digilai Gadis Mancanegara, 10 Potret Fiki Naki yang Jago Bahasa Asing

2. Mulai cari teman dari luar negeri

Gampang dan Simpel! 5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Jago Bahasa AsingSeorang laki-laki tengah menggunakan laptop (ShutterStock/Piyaset)

Selain memperkaya kosakata lewat buku-buku, jangan lupa juga latihan speaking dengan lawan bicara dari negara yang bahasa asingnya ingin kamu kuasai. 

Jaman sekarang ada banyak banget kok platform yang memungkinkan kamu untuk dapat teman dari luar negeri. Bisa dari media sosial, seperti yang dilakukan Fiki Naki, atau lewat berbagai aplikasi lainnya. 

Dengan begitu, kamu bisa menemukan teman dari berbagai negara dengan latar belakang budaya yang berbeda. Dari ngobrol-ngobrol santai via internet, ada banyak banget lho yang bisa kamu pelajari, mulai dari bahasa gaul atau semi formalnya, sampai budayanya. 

Gak usah takut di-judge bahasa asingmu belum fasih, pede (percaya diri) saja dulu, inget orang yang belajar bahasa asing itu keren! Mereka juga pasti paham kalau kamu lagi belajar, lumayan kan bisa dapat teman baru sekaligus mentor.  

3. Download aplikasi belajar bahasa dengan metode interaksi dua arah

Gampang dan Simpel! 5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Jago Bahasa AsingAplikasi Cakap. (Dok. Airmags.com)

Dengan berkembanganya teknologi digital, jaman sekarang belajar bahasa asing bisa dari mana saja. Salah satunya dengan memanfaatkan aplikasi belajar bahasa yang menggunakan metode pembelajaran interaksi dua arah yaitu, Cakap

Cakap merupakan platform belajar bahasa online dua arah yang menghubungkan murid dan pengajar profesional dan bersertifikasi dari negara-negara Asia Pasifik. Metode pembelajaran dua arah akan membantumu mencapai target belajar dengan cepat karena dibimbing oleh guru yang profesional. 

Cakap memiliki beragam pilihan kursus bahasa, mulai dari Inggris, Mandarin, Jepang, hingga Korea. Fokus pembelajaran yang dapat diasah di Cakap ialah untuk persiapan tes, kefasihan, pembelajaran kasual, dan bisnis.

4. Pilih kelas yang cocok dengan kebutuhanmu

Gampang dan Simpel! 5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Jago Bahasa AsingPlatform pembelajaran bahasa asing dua arah, Cakap (Dok. Cakap.com)

Cakap juga menyediakan beragam pilihan paket yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan yaitu, Cakap Private, Cakap Semi Private, Cakap Club dan Cakap Chat. Selain itu, Cakap juga menyediakan kelas dewasa, kelas anak untuk usia 4-12 tahun, korporasi, dan prakerja. 

Bagi kamu yang menginginkan kelas yang intensif dan privat, cocok banget nih untuk gabung di kelas Cakap Private. Di kelas ini, kamu bisa belajar bahasa asing secara one on one dengan pengajar. Dengan mengikuti paket kelas ini, kamu juga akan mendapatkan bonus Cakap Club. Sementara untuk paket Cakap Semi Private, kamu akan belajar bahasa asing dalam grup kecil yang terdiri dari 3 sampai 5 orang.

Sedangkan buat kamu yang fokus ingin menguasai bahasa Inggris, bisa mengikuti paket kelas di Cakap Club yang merupakan Club premium untuk English course saja. Begitu juga dengan Cakap Chat, di mana kamu menikmati fitur Chat untuk belajar bahasa Inggris. 

Yuk buruan daftar, karena pengguna yang mengunduh aplikasi Cakap dan registrasi awal akan mendapatkan akses gratis kelas Trial Cakap English Club selama 14 hari, Akses gratis Cakap Mandarin Club, Japanese Club, dan Korean Club selama 6 bulan, serta Placement Test seharga Rp10.000,-. Cek informasi lengkapnya di sini ya!

5. Pertajam kemampuan berbahasa asing dengan berbagai cara!

Gampang dan Simpel! 5 Cara Ini Bisa Bikin Kamu Jago Bahasa AsingMendengarkan podcast. (ShutterStock/DavidMG)

Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh untuk mempertajam skill bahasa asing. Misalnya jika kamu ingin melatih kemampuan listening, mulailah aktif mendengarkan podcast berbahasa asing. Semakin banyak mendengar, maka semakin mudah kamu untuk berbicara dalam bahasa asing yang ingin kamu kuasai.  

Selain itu, kamu juga bisa memperkaya kosakata kekinian dengan menonton film berbahasa asing. Jangan lupa untuk mencatat kosakata baru yang kamu dapatkan dari film tersebut dan cari tahu artinya. Selamat mempraktekkan langkah-langkah tersebut ya guys! (WEB)

Baca Juga: 6 Idiom Bahasa Inggris Pakai Kata 'Moon', Makin Terdengar Jago! 

Topic:

  • Ridho Fauzan
  • Cynthia Kirana Dewi

Berita Terkini Lainnya