Comscore Tracker

Apresiasi: Pengertian, Fungsi dan Tingkatannya

Penjelasan Apa itu Apresiasi

Memiliki kemampuan yang baik dalam berbahasa Inonesia tentu akan menjadi kebutuhan tersendiri, terutama untuk orang-orang yang bekerja. Hal ini harus didukung dengan banyak hal, salah satunya dengan memiliki banyak perbendaharaan kata itu sendiri.

Sama seperti bahasa lain, Bahasa Indonesia juga memiliki sekelompok kata yang tidak begitu familiar untuk sebagian orang, salah satunya kata apresiasi yang terbilang jarang digunakan dalam bahasa sehari-hari. Oleh karena itu, apa itu apresiasi masih terbilang asing bagi beberapa orang. Untuk penjelasan mengenai apresiasi secara lengkap, simak ulasannya di bawah ini. 

Baca Juga: Menpora Apresiasi Prokes yang Diterapkan di Liga 1

1. Arti kata apresiasi

Apresiasi: Pengertian, Fungsi dan Tingkatannyawww.boredpanda.com

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), apresiasi bisa diartikan sebagai sebuah kesadaran akan nilai seni serta budaya. Kata ini juga bisa diartikan sebagai sebuah bentuk penghargaan atas sesuatu.

Dalam konteks ini, apresiasi diartikan sebagai sebuah bentuk penghargaan atau sikap hormat terhadap sesuatu yang dianggap bernilai, seperti budaya dan juga karya seni lainnya yang dianggap layak untuk dihargai. 

Masih menurut KBBI, apresiasi juga memiliki arti tersendiri di dalam dunia ekonomi atau bisnis, yakni kenaikan nilai sebuah produk akibat terjadinya kenaikan pada harga pasar produk tersebut atau karena adanya kenaikan jumlah permintaan atas produk tersebut.

Sedangkan di dalam dunia ekonomi arti dan fungsi kata apresiasi ini lebih mengarah pada perubahan nilai atau kenaikan produk tertentu, di mana hal ini bisa saja disebabkan oleh banyak hal, termasuk tingginya permintaan pasar akan produk itu sendiri.  

2. Arti Kata Apresiasi Menurut Ahli

Apresiasi: Pengertian, Fungsi dan TingkatannyaINSTAGRAM

Ada banyak pendapat para ahli terkait arti kata apresiasi ini, beberapa di antaranya seperti berikut: 

  • Prayogi

Apresiasi merupakan segala aktifitas pemberian penghargaan yang dilaksanakan atas hasil penggunaan, peresapan dan juga penilaian seseorang terhadap suatu karya sastra maupun karya seni lainnya. 

Apresiasi juga bisa diartikan sebagai bentuk rasa kagum yang datang dari para penikmat karya seni maupun karya sastra tertentu.

  • S.E Efendi

Apresiasi merupakan kegiatan menggauli cipta sastra secara sungguh-sungguh sehingga lahirlah pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan juga kepekaan perasaan yang positif terhadap karya sastra.

  • Verbeek

Apresiasi merupakan sebuah kesadaran menilai melalui penghayatan sebuah karya seni yang dilakukan dengan memberdayakan seluruh pribadi yang melibatkan perasaan, pengalaman, keinginan dan juga anggapan seseorang. 

  • Hornby

Apresiasi merupakan pengenalan dan juga pemahaman yang tepat, pertimbangan serta penyataan yang memberikan penilaian. 

  • Elliyati

Apresiasi merupakan semua kegiatan yang mengakrabi karya sastra dengan sungguh-sungguh, di mana hal ini berkaitan dengan kesungguhan penikmat sastra dalam mengenali, menghargai serta menghayati, sehingga bisa menemukan penjiwaan yang benar-benar dalam. 

Jika melihat penjelasan para ahli di atas, apresiasi merupakan sesuatu yang lebih mengarah pada bentuk penghargaan terhadap karya seni maupun sastra, di mana hal tersebut dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan cara menikmati dan menghayati karya seni dan karya sastra itu sendiri. 

Baca Juga: IDN Media Adakan Program Pahlawan IDN untuk Apresiasi Sosok Inspiratif

3. Fungsi Kata Apresiasi

Apresiasi: Pengertian, Fungsi dan Tingkatannyapixabay.com/StockSnap

Di dalam prakteknya, penerapan kata apresiasi tentu memiliki fungsi tersendiri. Hal ini akan berkaitan dengan arti kata tersebut sejak awal, lalu penggunaannya di dalam sebuah kalimat tertentu. 

Ada beberapa fungsi kata apresiasi yang perlu dipahami dengan baik, beberapa di antaranya seperti berikut ini: 

  • Menjadi sarana untuk meningkatkan rasa cinta terhadap berbagai karya anak negeri, sekaligus menjadi bentuk kepedulian terhadap sesama.
  • Menjadi sarana untuk memberikan penilaian, empati, edukasi, hiburan dan sekaligus menikmati karya sastra maupun seni itu sendiri.
  • Menjadi sarana pengembangan kemampuan diri dalam berbagai hal.

4. Tingkatan dalam Apresiasi

Apresiasi: Pengertian, Fungsi dan Tingkatannyahgtv.com

Pada dasarnya apresiasi memiliki berbagai ukuran tertentu. Hal ini termasuk dalam dunia seni dan juga dunia sastra itu sendiri. Meski sama-sama memberikan gambaran tentang dunia seni maupun dunia sastra, masing-masing tingkatan ini tentu memiliki perbedaan dan juga penilaian yang tidak sama. 

Berikut ini adalah beberapa tingkatan yang lazim digunakan dalam apresiasi seni: 

  • Tingkat Empatik
    Tingkat empatik bisa diartikan sebagai tingkatan apresiasi yang melibatkan pikiran serta perasaan seseorang. Tingkatan apresiasi yang satu ini bisa hadir dalam bentuk tangkapan indrawi maupun dari indera lainnya. 
  • Tingkat Estetis
    Tingkat estetis bisa diartikan sebuah penilaian yang diberikan terhadap keindahan. Hal ini merupakan bentuk pengamatan serta penghayatan terhadap karya seni itu sendiri. Pada tingkatan yang satu ini, penikmat seni akan memberikan sebuah apresiasi yang nilainya lebih condong pada pengamatan akan karya seni itu sendiri. 
  • Tingkat Apresiasi Kritik
    Tingkat apresiasi kritik merupakan sebuah bentuk apresiasi yang akan menjelaskan beberapa hal, seperti: klasifikasi, deskripsi, analisa, evaluasi, dan yang lainnya untuk mengambil sebuah kesimpulan atas karya seni.

Baca Juga: Komisi IV Apresiasi Percepatan Pembangunan Pertanian di Papua

5. Apresiasi Merupakan Wujud dari Kekaguman dan Penghargaan

Apresiasi: Pengertian, Fungsi dan Tingkatannyathesleepjudge.com

Penggunaan kata apresiasi memang tidak terlalu sering kita dengar, terutama dalam percakapan sehari-hari. Pada dasarnya kata ini banyak digunakan terkait dunia seni maupun dunia sastra.

Apresiasi memiliki arti sebagai bentuk kekaguman atau penghargaan terhadap sebuah nilai karya seni maupun karya sastra. Ini akan menjadi wujud dari penghayatan dan juga cara menikmati berbagai keindahan hasil karya para seniman.

Topic:

  • Rinda Faradilla
  • Anata Siregar
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya