Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFL

Bikin kamu lebih siap menghadapi tes TOEFL, lho

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan salah satu jenis tes populer untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Tes ini acap kali diikuti oleh mereka yang ingin mendaftar ke universitas atau beasiswa luar negeri. 

Sertifikat TOEFL dengan skor tinggi umumnya menjadi syarat penting yang harus kamu miliki jika ingin lulus seleksi universitas atau beasiswa ke luar negeri. Untuk bisa memperoleh sertifikat tersebut, kamu tentu harus mengikuti tes TOEFL resmi terlebih dahulu.

Sebelum menjalani tes TOEFL resmi, kamu perlu mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa mencapai skor yang diinginkan. Persiapan itu gak hanya berupa belajar mandiri atau ikut kursus, tapi juga bisa kamu lakukan dengan mengikuti tes simulasi TOEFL atau TOEFL prediction test.

Berikut ini beberapa alasan kenapa kamu perlu mencoba simulasi dulu sebelum ikut tes resmi TOEFL.

1. Untuk mengevaluasi kemampuan bahasa Inggrismu saat ini

5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFLunsplash.com/Ben Mullins

Meski mungkin gak seakurat tes TOEFL resmi, hasil dari tes simulasi ini bisa kamu jadikan sebagai bahan acuan. Kamu bisa jadi lebih tahu bagian mana yang harus ditingkatkan dan dipertahankan. Selain itu, kamu pun jadi lebih tahu strategi apa yang harus dilakukan untuk mencapai skor yang diinginkan.

2. Untuk mengetahui gambaran tes sesungguhnya

5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFLschiller.edu

Tes simulasi TOEFL bisa menjadi sarana untuk memperoleh gambaran tes TOEFL yang sesungguhnya. Format tes yang diberikan saat simulasi gak akan jauh berbeda dengan tes TOEFL resmi. Sama seperti tes aslinya, kamu diwajibkan untuk menyelesaikan soal dengan batas waktu yang ditentukan.

Baca Juga: 5 Sumber Materi Gratis Ini Bisa Kamu Manfaatkan untuk Belajar TOEFL

3. Membuat kamu menjadi lebih pede saat mengikuti tes aslinya

5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFLpixabay.com/id/RobinHiggins

Dengan rutin mengikuti tes simulasi, kamu jadi terbiasa dengan format dan timing ujian. Dengan begitu, ini bisa membantu kamu mengurangi rasa tegang saat mengikuti tes TOEFL resmi. 

4. Simulasi TOEFL bisa dilakukan secara online maupun offline

5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFLpexels.com/Moose Photos

Tes simulasi TOEFL bisa dilakukan secara offline maupun online. Saat ini, banyak lembaga kursus bahasa Inggris di Indonesia yang menyelenggarakan tes simulasi TOEFL. Kalau kamu mau melakukannya secara online, jangan khawatir karena gak sedikit website di internet yang menyediakan menu simulasi TOEFL secara interaktif.

5. Biaya murah bahkan gratis

5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFLpexels.com/maitree rimthong

Biaya untuk mengikuti tes simulasi TOEFL tentu jauh lebih terjangkau daripada tes aslinya. Untuk tes simulasi yang dilakukan secara online, kamu bahkan gak perlu merogoh kocek sama sekali. Daripada langsung ikutan tes resmi TOEFL yang mahal tapi hasilnya gak sesuai harapan, mending ikut tes simulasi dulu kan?

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu perlu mencoba simulasi dulu sebelum ikut tes TOEFL yang sesungguhnya. Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti simulasi tersebut. Jadi gak perlu ragu lagi, yuk segera ikuti tes simulasi TOEFL!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirian

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya