Comscore Tracker

Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Tes TOEFL Tetap Worth It Diikuti

Gak bakal rugi deh bayar mahal!

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tes ini umumnya diambil oleh mereka yang berencana menempuh studi atau bekerja di luar negeri.

Sayangnya, kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam. Untuk TOEFL ITP, mungkin biayanya masih terjangkau yaitu sekitar Rp500 ribuan. Tapi untuk TOEFL iBT (internet-based test), kamu perlu membayar sebesar 205 USD untuk setiap kali tes. Dengan begitu, kamu tentu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin agar berhasil mendapatkan skor yang diinginkan.

Walaupun biayanya gak murah, berikut ini beberapa alasan kenapa tes TOEFL tetap worth it untuk kamu ikuti.

1. Menjadi 'tiket' keliling dunia

Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Tes TOEFL Tetap Worth It DiikutiPexels.com/Porapak Apichodilok

TOEFL bisa menjadi "tiket keliling dunia". TOEFL diakui dan diterima oleh banyak universitas dan lembaga penyedia beasiswa. Kalau kamu berhasil mendapatkan sertifikat TOEFL dengan skor tinggi atau setidaknya memenuhi persyaratan, maka bukan hal yang sulit buatmu untuk mencicipi pendidikan gratis ke universitas bergengsi dunia.

2. Bisa menambah nilai jual CV

Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Tes TOEFL Tetap Worth It DiikutiProfellow.com

Di dalam CV, kamu mungkin mencantumkan kemampuan berbahasa asing, termasuk bahasa Inggris. Karena reputasi TOEFL yang banyak diterima dan dipercaya oleh lembaga-lembaga internasional, maka kamu cukup mencantumkan skor TOEFL-mu dalam CV. Kalau kamu punya skor tinggi, tentu ini bisa jadi nilai tambah di mata HR perusahaan.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFL

3. Sebagai sarana untuk mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris

Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Tes TOEFL Tetap Worth It DiikutiPexels.com/Kaboompics .com

Tes TOEFL akan menguji kemampuan berbahasa Inggrismu secara objektif. Kamu pun bisa mengetahui kemampuan bahasa Inggrismu saat itu juga. Kamu akan bisa mengetahui bagian mana yang jadi kelebihan dan kelemahanmu dalam berbahasa Inggris. Dengan memahami kemampuan berbahasa Inggrismu saat ini, kamu tentunya bisa menyusun strategi yang tepat untuk terus meningkatkannya.

4. Kamu akan mendapatkan layanan profesional

Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Tes TOEFL Tetap Worth It DiikutiStudyabroadlife.org

Mulai dari saat pendaftaran, selama tes, hingga pengambilan sertifikat TOEFL, kamu akan dilayani secara profesional. Proses pendaftaran bisa dilakukan dengan mudah via online ke www.ets.org. Selama tes, kamu akan mendapatkan tempat yang nyaman untuk mengerjakan soal. Kamu juga akan dilayani dengan baik selama pengerjaan tes 

5. Sertifikat TOEFL berlaku selama dua tahun

Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Tes TOEFL Tetap Worth It DiikutiSimak.ui.ac.id

Sertifikat TOEFL yang kamu terima pasca tes gak akan langsung expired, lho. Menurut Educational Testing Service atau ETS sebagai penyelenggara tes TOEFL, masa berlaku tes TOEFL yang diakui secara internasional yaitu dua tahun. Dalam kurun waktu tersebut, kamu bisa menggunakan sertifikat TOEFL sebagai bekal untuk mendaftar universitas, beasiswa, atau menggunakannya untuk urusan pekerjaan dan imigrasi.

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa tes TOEFL tetap worth it buat diikuti meski biayanya cukup menguras kantong. Jadi tunggu apalagi, jangan ragu untuk mendaftar tes TOEFL!

Baca Juga: Sebelum Tes, Yuk Kenali 5 Jenis Tes TOEFL yang Wajib Kamu Tahu

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya