Comscore Tracker

7 Benda yang Bisa Dijadikan Alat Bantu Berlatih TOEFL, Yuk Manfaatkan!

Belajar TOEFL jadi lebih mudah

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan salah satu jenis tes kemampuan bahasa Inggris populer di Indonesia. Tes ini sering menjadi persyaratan untuk melamar beasiswa, baik di luar negeri maupun dalam negeri. Selain itu, tes ini juga acapkali menjadi syarat wajib untuk melamar pekerjaan.

Umumnya, pihak pemberi beasiswa atau perusahaan mensyaratkan skor minimum tertentu untuk kandidat. Bila ternyata kita ikut tes dan belum mencapai skor yang ditentukan, kita pun mau gak mau harus ikut tes ulang sampai kita setidaknya mencapai skor TOEFL minimum tersebut. Selain rugi waktu, kita pun bisa rugi biaya. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan tes ini dengan cara berlatih.

Nah, biar latihan TOEFL lebih mudah dan mengasyikkan, berikut ini ada beberapa jenis benda yang bisa kita gunakan sebagai alat bantu belajar.

1. Cermin

7 Benda yang Bisa Dijadikan Alat Bantu Berlatih TOEFL, Yuk Manfaatkan!Pexels.com/Andrea Piacquadio

Buat kamu yang ingin mengikuti TOEFL berbasis internet atau iBT, kamu bisa memanfaatkan cermin untuk berlatih berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini berguna untuk membantu menghadapi sesi speaking nantinyaDengan cermin, kamu bisa memperhatikan ekspresi atau mimik wajah selama berbicara, sekaligus melatih kepercayaan diri.

2. Alat perekam suara

7 Benda yang Bisa Dijadikan Alat Bantu Berlatih TOEFL, Yuk Manfaatkan!Unsplash.com/Sandra Tenschert

Alat lain yang juga bisa membantu sesi speaking untuk TOEFL iBT adalah alat perekam suara. Kamu bisa menjawab setiap pertanyaan, lalu direkam dan didengarkan kembali.

Pada saat mendengarkan ulang rekaman, kamu bisa mengevaluasi apakah kamu sudah memberikan jawaban yang jelas dan to the point, grammar yang tepat, pemilihan kata yang bervariasi, intonasi yang baik, dan lain sebagainya. Dengan begitu kamu pun bisa memperbaiki kesalahan tersebut dan terus meningkatkan kualitas speaking.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Kamu Jadikan Motivasi untuk Meraih Skor IELTS Tinggi

3. Gadget

7 Benda yang Bisa Dijadikan Alat Bantu Berlatih TOEFL, Yuk Manfaatkan!Pexels.com/Jessica Lewis

Ketika berlatih TOEFL, jangan lupa memanfaatkan gadget yang kamu punya, seperti ponsel, tablet, atau laptop. Melalui gadget, kamu bisa mengakses berbagai materi dan latihan soal terkait TOEFL gratis di internet. Saat ini juga tersedia banyak sekali aplikasi terkait TOEFL yang bisa kamu unduh dan install secara cuma-cuma.

Selain itu, kebanyakan gadget dilengkapi dengan alat perekam suara untuk membantu mengevaluasi kemamapuan speaking kita. Karena pengerjaan tes TOEFL biasanya dibatasi oleh waktu, kita juga bisa memanfaatkan fitur timer atau stopwatch pada gadget saat berlatih soal TOEFL.

4. Kertas dan alat tulis

7 Benda yang Bisa Dijadikan Alat Bantu Berlatih TOEFL, Yuk Manfaatkan!Unsplash.com/Mike Tinnion

Saat belajar TOEFL, tentu lebih baik jika kita banyak berlatih soal. Kamu bisa menggunakan kertas dan alat tulis saat berlatih soal-soal tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menuliskan notes terkait materi TOEFL, misalnya rumus grammar. Dengan menuliskannya ke dalam bentuk notes, kamu pun bisa lebih mudah mengingat materi tersebut.

5. Alat peraga

7 Benda yang Bisa Dijadikan Alat Bantu Berlatih TOEFL, Yuk Manfaatkan!Studyenglish.edu.vn

Saat ini, banyak tersedia beberapa jenis alat peraga terkait TOEFL, misalnya flashcard atau games offline. Dengan alat peraga, materi TOEFL pun bisa dicerna dengan lebih mudah. Selain itu, kamu juga bisa belajar TOEFL secara lebih menyenangkan. Pokoknya, gak bakal ngebosenin deh!

6. Headphone

7 Benda yang Bisa Dijadikan Alat Bantu Berlatih TOEFL, Yuk Manfaatkan!Unsplash.com/Lee Campbell

Buat kamu yang ingin mengikuti TOEFL iBT, kita akan mendapatkan soal-soal yang didengarkan dari headphone pada sesi listening. Karena itu, gak ada salahnya bila kita membiasakan diri mengerjakan soal listening dengan headphone. Dengan begitu, kita pun jadi lebih terbiasa dan lebih mudah mengerjakan soal tes.

7. Kamus, koran, majalah, novel, buku, komik, atau media lain berbahasa Inggris

7 Benda yang Bisa Dijadikan Alat Bantu Berlatih TOEFL, Yuk Manfaatkan!Pexels.com/Kaboompics .com

Yang gak kalah penting, kamu juga bisa mulai membiasakan membaca kamus, koran, majalah, novel, buku, komik, atau media lain berbahasa Inggris. Dengan banyak membaca, maka kosakata atau vocabulary kamu pun akan bertambah. Hal ini tentu sangat membantu untuk memahami soal TOEFL, terutama di bagian reading.

Nah, itulah tadi tujuh benda yang bisa membantu kamu dalam berlatih TOEFL. Bila belajarmu menjadi menyenangkan, bukan gak mungkin kamu pun akan lebih mudah mengerjakan soal TOEFL dan mendapatkan skor yang tinggi. Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Tetap Semangat Saat Sedang Mempersiapkan Tes IELTS 

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya