Comscore Tracker

Biar Gak Rugi, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Daftar Tes IELTS

Sebelum siap, jangan buru-buru daftar ya!

IELTS (International English Language Testing System) merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris populer di kalangan pemburu beasiswa luar negeri. Kamu gak perlu risau karena IELTS diterima oleh banyak universitas atau institusi di seluruh dunia.

Sayangnya, tes IELTS membutuhkan biaya yang gak sedikit. Kamu perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk biaya tes dan persiapannya, seperti membayar kursus dan membeli buku. Karena sudah membayar mahal, tentu kamu gak mau mendapatkan skor tes IELTS yang gak sesuai harapan bukan?

Setiap institusi pendidikan punya permintaan skor tertentu untuk tes IELTS. Kalau kamu memperoleh skor di bawah standar atau gak puas dengan hasil tes, sebenarnya kamu bisa mengambil tes berkali-kali hingga mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Tapi, tentu kamu juga harus membayar biaya IELTS berkali-kali. Jadi, usahakan untuk mencapai setidaknya skor minimal yang ditetapkan.

Agar gak rugi karena harus ikut tes berulang kali, berikut ini beberapa hal yang wajib kamu lakukan sebelum mendaftar tes IELTS.

1. Berlatih dengan matang

Biar Gak Rugi, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Daftar Tes IELTSaimjakarta.com

Langkah penting pertama yang wajib kamu lakukan sebelum mendaftar tes IELTS adalah persiapan. Persiapan tes IELTS bisa kamu lakukan dengan belajar mandiri atau mengikuti kursus di berbagai lembaga yang menawarkan program persiapan IELTS.

Saat mempersiapkan IELTS, ada baiknya untuk latihan soal sesering mungkin dan sebanyak-banyaknya. Soal IELTS memang berbeda-beda di setiap kali ujian, tapi strukturnya selalu sama. Dengan banyak latihan soal, kamu akan terbiasa dan ini bisa mengurangi ketegangan saat mengikuti tes IELTS yang sebenarnya.

Selain itu, dengan sering berlatih soal, kamu akan semakin mengenal kelemahan dan kelebihanmu dalam mengerjakan soal IELTS. Kamu pun bisa berlatih lebih banyak lagi untuk meningkatkan kemampuan.

2. Mencari tahu teknis ujian

Biar Gak Rugi, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Daftar Tes IELTSmuhammadmanaf.com

Sebelum ikut tes IELTS, pastinya kamu harus tahu seperti apa teknis pelaksanaan ujian tersebut. Secara garis besar, struktur tes IELTS terdiri dari listening selama 30 menit, reading 60 menit, writing 60 menit, dan speaking 11-15 menit. 

Dalam sesi listening, kamu akan mendengarkan beberapa rekaman audio pendek dan menjawab 40 pertanyaan sambil mendengar cuplikan audio tersebut.

Pada sesi reading, kamu akan mendapatkan 3 teks atau esai untuk dibaca dan menjawab 40 pertanyaan berdasarkan teks atau esai tersebut.

Sesi writing terdiri dari dua sub sesi. Pada sub sesi pertama, kamu akan mendapatkan grafik, tabel data, diagram, histogram, atau gambar. Kemudian, kamu akan diminta untuk mendeskripsikannya ke dalam sebuah esai yang terdiri dari minimal 150 kata. Pada sub sesi kedua, kamu akan mendapatkan sebuah topik dan diminta membuat sebuah esai berdasarkan topik tersebut dengan jumlah kata minimal sebanyak 250. Dalam esai kedua ini, kamu dapat mengemukakan argumenmu disertai contoh-contoh.

Sesi speaking dilaksanakan secara terpisah dari ketiga sesi lainnya. Dalam sesi ini, kamu akan diwawancara secara face to face oleh seorang native speaker. Isi wawancara tersebut akan direkam untuk kemudian dinilai. Sesi ini terdiri dari 3 sub sesi, yaitu perkenalan, presentasi, dan diskusi. Pada sub sesi perkenalan, kamu akan diminta memperkenalkan diri. Pada sub sesi selanjutnya, kamu akan diberi sebuah topik, kemudian kamu diberi waktu 1 menit untuk menyiapkan presentasi dengan kertas dan pensil. Pada sub sesi terakhir, pewawancara akan mengajukan pertanyaan untuk didiskusikan.

Informasi lebih lanjut mengenai teknis ujian IELTS bisa kamu eksplor di internet. Kalau mau, kamu juga bisa browsing pengalaman orang lain saat mengikuti tes IELTS di internet. Dengan melakukan hal tersebut, ini akan menambah pengetahuanmu seputar tes IELTS sekaligus mempersiapkan diri dengan lebih baik. Mencari testimoni atau pengalaman personal terkait IELTS gak sulit karena saat ini banyak orang yang mau berbagi melalui blog pribadi atau media sosial.

Baca Juga: Sedang Berlatih IELTS? 5 Sumber Materi Belajar Gratis Ini Bisa Dicoba

3. Mencoba tes simulasi IELTS

Biar Gak Rugi, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Daftar Tes IELTSbachelorsportal.com

Dengan mengikuti simulasi IELTS, kamu akan mendapatkan gambaran mengenai tes IELTS yang sebenarnya. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui skor atau kemampuanmu saat itu juga. Kalau skor simulasimu tinggi, maka kamu gak perlu ragu untuk mendaftar tes, tapi bagaimana kalau skor hasil simulasi masih jauh dari target nilai yang ingin dicapai?

Simulasi IELTS bisa kamu lakukan secara online. Saat ini, ada banyak sekali platform daring seperti website dan channel YouTube yang memfasilitasi simulasi IELTS secara gratis.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba simulasi IELTS di tempat-tempat kursus bahasa. Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti tes simulasi jauh lebih murah dibandingkan tes IELTS asli.

Begitu hasil yang kamu peroleh di tes simulasi sudah dirasa memuaskan, kamu bisa mendaftarkan diri untuk tes IELTS.

4. Mendaftarkan tes IELTS dengan tepat dan cermat

Biar Gak Rugi, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Daftar Tes IELTSfreepik.es/katemangostar

Karena sistemnya online, mendaftarkan diri untuk IELTS bisa kamu lakukan secara cepat dan mudah. Tapi, kamu harus melakukan proses pendaftaran tersebut dengan tepat dan teliti. 

IELTS punya dua modul berbeda yaitu IELTS Academics dan IELTS General Training. Kalau kamu ingin kuliah ke luar negeri, modul yang seharusnya diambil adalah modul IELTS Academics. Jadi, jangan sampai salah pilih ya!

Sebelum mendaftar tes IELTS, kamu juga perlu memperhitungkan lokasi tes. Tes IELTS dilaksanakan di banyak kota yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia. Agar gak repot, pastikan kamu memilih lokasi tes yang gak terlalu jauh dari domisili sekarang.

5. Menjaga kesehatan tubuh

Biar Gak Rugi, 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan Sebelum Daftar Tes IELTSclinicaladvisor.com

Yang gak kalah penting dari semua hal di atas adalah kesehatan. Kalau kamu sakit selama tes IELTS, konsentrasimu akan terganggu dan ini bisa mempengaruhi skor IELTS kamu. Karena itu, tetap jaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat, seperti konsumsi makanan bergizi, olahraga rutin, serta istirahat cukup.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang wajib kamu lakukan sebelum mendaftarkan diri untuk tes IELTS. Jangan lupa untuk menerapkannya, ya!

Baca Juga: 9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya