Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Kamu Korbankan Kalau Ingin Dapat Skor TOEFL Tinggi

Jangan khawatir karena akhirnya akan berbuah manis!

TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan salah satu jenis tes bahasa Inggris internasional yang banyak diminati orang Indonesia. Tes ini banyak diakui oleh lembaga internasional, sehingga banyak diikuti oleh para pemburu beasiswa luar negeri.

Lembaga beasiswa atau universitas biasanya mematok standar nilai minimal untuk TOEFL. Karena itu, mendapatkan skor setinggi mungkin adalah salah satu hal yang dikejar para pejuang TOEFL. Sayangnya bagi sebagian orang, memperoleh skor TOEFL tinggi bukanlah perkara mudah. Kamu bahkan harus berani berkorban untuk beberapa hal demi skor TOEFL yang tinggi.

Berikut ini beberapa hal yang harus siap kamu korbankan untuk mendapatkan skor TOEFL tinggi.

1. Waktu luang

5 Hal yang Perlu Kamu Korbankan Kalau Ingin Dapat Skor TOEFL TinggiUnsplash.com/Lukas Blazek

Kalau mau mendapatkan skor TOEFL tinggi, tentu kamu harus banyak belajar dan berlatih soal. Jangan ragu untuk mengorbankan waktu setidaknya 2-3 jam setiap harinya untuk belajar dan berlatih mengerjakan soal TOEFL, baik belajar mandiri ataupun ikut les.

Dengan banyak berlatih, kamu akan terbiasa dengan format soal dan lebih siap menghadapi tes yang sebenarnya.

2. Ego

5 Hal yang Perlu Kamu Korbankan Kalau Ingin Dapat Skor TOEFL TinggiPixabay.com/RobinHiggins

Kalau mau mendapatkan skor TOEFL tinggi, kamu juga harus siap berkorban ego. Kamu mungkin punya keinginan untuk menghabiskan waktu setiap malam untuk nongkrong atau bersenang-senang bersama temanmu.

Tapi demi skor TOEFL yang tinggi, sebaiknya lupakan sejenak semua itu. Daripada waktumu habis untuk nongkrong gak jelas, bukankah waktu tersebut kamu pakai saja untuk berlatih TOEFL?

Baca Juga: Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Tes TOEFL Tetap Worth It Diikuti

3. Uang

5 Hal yang Perlu Kamu Korbankan Kalau Ingin Dapat Skor TOEFL TinggiPixabay.com/id/EmAji

Untuk mendapatkan skor TOEFL tinggi, kamu juga harus siap berkorban uang. Kamu mungkin harus membeli berbagai materi belajar terkait persiapan TOEFL. Kalau kamu ikut les atau bimbingan belajar TOEFL, kamu bahkan harus rela merogoh kocek lebih.

Tapi jangan khawatir karena semakin banyak materi belajar yang kamu punya, kamu bisa mempelajari lebih banyak hal sehingga peluang untuk dapat skor TOEFL tinggi pun menjadi lebih besar.

4. Tenaga

5 Hal yang Perlu Kamu Korbankan Kalau Ingin Dapat Skor TOEFL TinggiPixabay.com/vgnk

Belajar dan berlatih mengerjakan soal TOEFL bisa menguras banyak tenaga, lho. Menulis, membaca, dan bepergian ke tempat les tentu butuh energi, bukan? Karena itu, pastikan kamu selalu menjaga kesehatan dan mengonsumsi makanan bergizi agar energimu tetap terisi ya!

5. Pikiran

5 Hal yang Perlu Kamu Korbankan Kalau Ingin Dapat Skor TOEFL TinggiPixabay.com/RobinHiggins

Saat berjuang meraih skor TOEFL tinggi, kamu juga harus mampu berkorban pikiran. Kamu harus mampu melawan rasa pesimis atau keraguan di dalam dirimu. Tes TOEFL memang terdengar sulit dan menyeramkan, tapi bukan berarti kamu gak mampu. Kalau mau berusaha, tentu kamu bisa meraih skor sesuai yang diharapkan.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang harus siap kamu korbankan demi mendapatkan skor TOEFL yang tinggi. Meski pahit di awal, tapi jangan khawatir karena pada akhirnya semua akan berbuah manis. Tapi ingat, jangan sampai kamu belajar terlalu keras karena kamu justru bisa kehilangan semangat dan konsentrasi bahkan sakit. Yuk, tetap semangat memperjuangkan cita-citamu!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Mencoba Simulasi Dulu Sebelum Ikut Tes TOEFL

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya