Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Wajib Ikut Simulasi Dulu Sebelum Tes Resmi IELTS

Biar kalau skor belum terpenuhi kamu gak rugi jutaan rupiah

Tes IELTS (International English Language Testing System) saat ini kian populer. Tes ini merupakan syarat wajib buat kamu yang ingin lanjut kuliah ke luar negeri. Gak sedikit universitas atau pihak penyedia beasiswa mensyaratkan sertifikat IELTS dengan batas nilai minimum tertentu.

Karenanya, banyak orang berlomba-lomba mendapatkan skor IELTS tinggi. Untuk mencapai skor tinggi, kamu bisa berlatih secara rutin, termasuk ikut simulasi tes IELTS.

Berikut beberapa alasan kenapa kamu harus ikut tes simulasi sebelum ikutan tes resmi IELTS.

1. Kamu bisa dapat bayangan tentang situasi tes yang sesungguhnya

5 Alasan Kamu Wajib Ikut Simulasi Dulu Sebelum Tes Resmi IELTSbritishcouncil.qa

Tes simulasi IELTS bisa memberikan kamu gambaran tentang tes IELTS yang sebenarnya. Kamu akan tahu timing berjalannya setiap sesi tes dengan real-setting. Gak seperti latihan biasa, tes simulasi biasanya akan dibatasi waktu. Kalau rajin ikut tes simulasi IELTS, bukan gak mungkin kamu akan semakin piawai mengatur waktu dalam mengerjakan tes ini.

2. Bisa meningkatkan kepercayaan diri karena lebih familier dengan soal tes

5 Alasan Kamu Wajib Ikut Simulasi Dulu Sebelum Tes Resmi IELTSapplyboard.com

Dengan ikut tes simulasi IELTS, kamu akan terbiasa dan familier dengan setting dan format soal yang diujikan. Dengan begitu, rasa gugupmu bisa berkurang, bahkan kepercayaan dirimu bisa meningkat saat kamu mengikuti tes resmi IELTS nantinya.

Baca Juga: Sebelum Ikut Tes IELTS, 5 Hal Ini Wajib Kamu Pahami!

3. Menguji kemampuan bahasa Inggrismu saat ini

5 Alasan Kamu Wajib Ikut Simulasi Dulu Sebelum Tes Resmi IELTSPexels.com/mentatdgt

Tes simulasi IELTS membantu kamu untuk tahu sejauh mana kemampuan bahasa Inggrismu saat ini. Dalam IELTS, ada empat komponen berbeda yang dinilai dan bisa jadi patokan kemampuan bahasa Inggrismu. Tentu kamu penasaran kan dengan tingkat kemampuan bahasa Inggrismu sekarang?

4. Hasil tes simulasi bisa dipakai untuk menyusun strategi selanjutnya

5 Alasan Kamu Wajib Ikut Simulasi Dulu Sebelum Tes Resmi IELTSturbotax.intuit.com

Hasil yang kamu peroleh dari tes simulasi bisa kamu jadikan bahan refleksi diri. Kamu bisa melihat kembali di mana bagian tes yang menjadi kelebihanmu dan bagian mana yang perlu kamu tingkatkan. Dengan begitu, kamu bisa menyusun rencana strategis untuk mempertahankan atau memperkuat kelebihanmu serta menghindari kesalahan di saat tes simulasi.

5. Biaya terjangkau bahkan gratis

5 Alasan Kamu Wajib Ikut Simulasi Dulu Sebelum Tes Resmi IELTShighwayielts.com

Seperti yang kamu tahu, biaya untuk mengikuti tes resmi IELTS gak murah. Kamu perlu merogoh kocek setidaknya Rp 2,7 hingga Rp 3 jutaan untuk ikut tes ini, tergantung kurs yang berlaku.

Kabar baiknya, biaya untuk ikut tes simulasi IELTS umumnya hanya berkisar di angka ratusan ribu rupiah. Jauh lebih murah dibandingkan tes aslinya, kan? Kalau kamu ikut tes simulasi secara online, bahkan bisa gratis.

Kamu bisa mencoba tes simulasi ini dulu sebelum ikut tes resminya. Kamu tentu gak mau kan membayar mahal untuk langsung ikut tes resminya tapi kemudian dapat nilai yang gak sesuai harapan?

Selain kelima alasan di atas, beberapa instansi penyelenggara tes simulasi IELTS kadangkala mau berbaik hati menyediakan feedback personal untukmu. Wah, membantu banget, bukan?

Tes simulasi IELTS ini bisa kamu lakukan secara online melalui situs-situs yang menyediakan tes simulasi (mock test) IELTS atau secara offline di berbagai tempat kursus IELTS. 

Meski begitu, kamu harus tetap ingat bahwa hasil simulasi tes gak bisa kamu pakai sebagai hasil tes IELTS untuk mendaftar kuliah atau beasiswa. Kamu tetap harus ikut tes IELTS yang resmi setelah kamu mantap dengan skormu di tes simulasi. Tetap semangat!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirian

Rivandi Pranandita Putra Photo Community Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You