Comscore Tracker

7 Alasan Kamu Harus Pilih Belgia Sebagai Negara Tujuan Kuliahmu

Gak perlu ragu pilih kuliah ke Belgia!

Dibandingkan Belanda, Jerman, Prancis, atau Inggris, Belgia mungkin terdengar kurang familier sebagai negara tujuan studi di Eropa. Meski begitu, ternyata Belgia patut kamu pertimbangkan sebagai negara tujuan kuliah, lho. Selain karena memiliki kualitas pendidikan mumpuni, Belgia juga punya beberapa kelebihan yang bisa menunjang studimu.

Yuk, simak beberapa alasan kenapa kamu patut mempertimbangkan Belgia sebagai negara tujuan kuliahmu!

1. Kualitas pendidikan berkelas dunia

7 Alasan Kamu Harus Pilih Belgia Sebagai Negara Tujuan Kuliahmubiotechtimes.org

Kualitas pendidikan tinggi di Belgia gak jauh berbeda dengan negara-negara Eropa lainnya, seperti Jerman, Belanda, dan lain sebagainya. Pendidikan tinggi di Belgia lebih menekankan pada penelitian dan ilmu terapan, sehingga benar-benar mempersiapkan alumninya untuk masuk ke dunia kerja.

Dilansir dari topuniversities.com, banyak universitas di Belgia punya posisi kuat di ranking internasional. Beberapa universitas terbaik di Belgia yang juga punya reputasi internasional, di antaranya Katholieke Universiteit Leuven (KU Leuven), University of Ghent, Université Catholique de Louvain (UCL), Vrije Universiteit Brussel (VUB), dan Universite Libre de Bruxelles (ULB).

2. Biaya pendidikan dan biaya hidup rendah

7 Alasan Kamu Harus Pilih Belgia Sebagai Negara Tujuan Kuliahmusowetanlive.co.za

Biaya kuliah (tuition fee) di Belgia tergolong lebih murah dibandingkan dengan di negara Eropa barat lainnya. Kamu bisa mengecek besaran tuition fee secara langsung di website masing-masing universitas. 

Selain itu, biaya hidup di Belgia juga boleh dibilang gak terlalu mahal, bahkan lebih murah dibandingkan negara-negara lain di Eropa barat. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar 750-850 Euro per bulan, tapi biaya ini bisa jadi lebih besar tergantung gaya hidupmu dan di kota mana kamu tinggal. Kalau kamu bisa berhemat, biaya tersebut cukup untuk hidup sehari-hari.

Baca Juga: 5 Tips Temukan Semangat Kuliah untuk Kamu yang Merasa Salah Jurusan

3. Tersedia beragam beasiswa full

7 Alasan Kamu Harus Pilih Belgia Sebagai Negara Tujuan KuliahmuUnsplash.com/MD Duran

Pemerintah Belgia dan beberapa organisasi di Belgia menyediakan beasiswa untuk mahasiswa lokal dan internasional. Beasiswa ini, misalnya beasiswa VLIR-UOS (vliruos.be) dan Master Mind Scholarship (studyinflanders.be) untuk studi S2.

Selain itu, ada juga beasiswa Erasmus+ (ec.europa.eu/programmes/erasmus-plus) dari Uni Eropa yang bisa kamu coba. Beasiswa-beasiswa tersebut gak hanya mendanai biaya kuliahmu, namun juga akan memberimu uang saku dan biaya lain yang bisa menunjang studimu.

4. Kesempatan besar untuk magang atau bekerja di organisasi penting dunia

7 Alasan Kamu Harus Pilih Belgia Sebagai Negara Tujuan Kuliahmutimeanddate.com

Banyak organisasi penting dunia, seperti Uni Eropa, Komisi Eropa, dan NATO berkantor pusat di Brussels, ibukota Belgia karena letaknya yang strategis di tengah-tengah Eropa.

Selain itu, gak sedikit perusahaan multinasional yang juga mendirikan kantor pusat di Belgia. Peluang untuk melakukan magang atau bekerja di kantor-kantor tersebut pun terbuka lebar untukmu. Kamu juga bisa memanfaatkan kesempatan magang atau bekerja di sana untuk networking.

5. Kamu hanya perlu bisa berbahasa Inggris

7 Alasan Kamu Harus Pilih Belgia Sebagai Negara Tujuan Kuliahmutheconversation.com

Bahasa Inggris memang bukan merupakan bahasa resmi di Belgia. Meski begitu, kamu gak perlu khawatir karena banyak universitas di Belgia seperti Ghent University dan KU Leuven menawarkan program studi berbahasa Inggris, terutama pada jenjang pendidikan S2.

Gak cuma itu, kebanyakan orang Belgia bisa berbahasa Inggris. Kamu pun gak perlu khawatir kalau mau berinteraksi dengan mereka.

6. Punya tingkat keamanan tinggi

7 Alasan Kamu Harus Pilih Belgia Sebagai Negara Tujuan Kuliahmuyahoo.com

Sama seperti di negara-negara Eropa barat, Belgia punya tingkat keamanan yang tinggi. Kamu juga mungkin jarang mendengar tentang isu terorisme atau sentimen SARA di negara ini, kan? Ini tentu menjadi pertimbangan penting karena nantinya kamu akan menghabiskan beberapa tahun untuk studi di sana. 

7. Bisa berkesempatan menjelajahi Belgia dan Eropa

7 Alasan Kamu Harus Pilih Belgia Sebagai Negara Tujuan Kuliahmutravellingking.com

Selama weekend, kamu bisa menjelajahi berbagai kota di Belgia, seperti Brussels, Antwerp, Ghent, dan Dinant. Negara ini punya jalur kereta yang baik dan bisa membawamu menjelajahi negara ini dalam waktu singkat. Kamu gak hanya bisa mengeksplor suasana berbeda di berbagai kota tersebut, tapi juga melihat perbedaan budayanya.

Selama studi, kamu akan mendapatkan jatah libur musim panas dan dingin. Kamu bisa memanfaatkannya untuk berjalan-jalan di berbagai negara Eropa lainnya tanpa visa. Dengan visa Schengen yang kamu miliki, kamu bisa traveling ke negara Schengen di Eropa lainnya tanpa harus mengurus visa lagi! Kamu bisa cek informasi lengkapnya di link ini: https://visaguide.world/europe/schengen-visa/

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa Belgia layak kamu pertimbangkan sebagai negara tujuan kuliahmu. Jadi, apa kamu sudah siap untuk kuliah ke Belgia?

Baca Juga: 7 Beasiswa yang Sering Dipilih untuk Lanjutkan Kuliah ke Luar Negeri 

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya