Comscore Tracker

7 Cara Memaksimalkan Ponsel untuk Berlatih IELTS, Kamu Harus Coba!

Yuk, manfaatkan ponselmu!

Dalam era digital seperti saat ini, ponsel seakan menjadi suatu kebutuhan penting. Coba hitung deh, berapa jam dalam sehari kamu membuka ponselmu? Saking seringnya, mungkin kamu sampai gak tahu jawabannya, bukan?

Gak melulu sebagai sarana komunikasi dan hiburan, kehadiran ponsel juga bisa kamu manfaatkan untuk sesuatu lain yang bermanfaat, seperti untuk sarana edukasi. Sebagai contoh, gak ada salahnya kan untuk berlatih bahasa Inggris dengan ponselmu?

Melalui ponselmu, kamu bisa berlatih mempersiapkan berbagai jenis tes bahasa Inggris, salah satunya IELTS (International English Language Testing System). Tes yang populer di kalangan pemburu beasiswa luar negeri ini memang memerlukan persiapan atau latihan yang cukup matang, dan ponselmu seharusnya bisa menunjang latihan itu.

Berikut ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan ponselmu untuk berlatih IELTS.

1. Mengunduh aplikasi atau software terkait IELTS

7 Cara Memaksimalkan Ponsel untuk Berlatih IELTS, Kamu Harus Coba!ieltsninja.com

Saat ini, gak sedikit aplikasi terkait IELTS yang bisa kamu akses dan unduh secara gratis dari internet. Beberapa aplikasi tersebut misalnya IELTS Prep, IELTS Full - Band 7.5+, IELTS Word Power, IELTS Practice & IELTS Test (Band 9), IELTS Mock Test & Practice, IELTS Speaking Assistant, IELTS Writing 2020, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai aplikasi tersebut, kamu bisa berlatih semua bagian dalam tes IELTS, yaitu listening, reading, writing, dan speaking. Aplikasi-aplikasi tersebut juga umumnya memiliki tampilan menarik, sehingga kamu gak akan bosan untuk berlatih. Beberapa aplikasi bahkan dilengkapi dengan tips dan trik dalam mengerjakan soal IELTS yang bisa kamu coba.

2. Membuka YouTube atau website terkait IELTS

7 Cara Memaksimalkan Ponsel untuk Berlatih IELTS, Kamu Harus Coba!pexels.com/freestocks.org

Selain aplikasi, kamu juga bisa membuka berbagai akun youtube atau laman terkait IELTS. Banyak akun YouTube dan website gratis yang bisa kamu akses untuk belajar ilmu baru dan berlatih mempersiapkan IELTS. Wah, sayang banget, 'kan kalau gak kamu manfaatkan?

Baca Juga: 9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!

3. Menggunakan fitur perekam suara untuk berlatih di bagian "speaking"

7 Cara Memaksimalkan Ponsel untuk Berlatih IELTS, Kamu Harus Coba!allbusiness.com

Ponsel umumnya dilengkapi dengan fitur perekam suara. Fitur tersebut dapat kamu manfaatkan untuk berlatih IELTS di bagian "speaking". Caranya, kamu hanya perlu berlatih berbicara seperti biasa sambil merekam suaramu.

Kemudian, kamu bisa memutar ulang rekamanmu tersebut dan mengecek apakah ada kesalahan dalam hal konten atau grammar. Selanjutnya, kamu dapat mengevaluasi kesalahan tersebut dan berusaha untuk memperbaikinya.

4. Menggunakan fitur penghitung waktu untuk berlatih mengerjakan soal latihan IELTS

7 Cara Memaksimalkan Ponsel untuk Berlatih IELTS, Kamu Harus Coba!imore.com

Gak afdol rasanya kalau kamu gak berlatih IELTS dengan cara mengerjakan bank soal. Dalam mengerjakan soal-soal latihan, ada baiknya untuk membatasi waktu pengerjaannya. Sama seperti jenis tes lainnya, tes IELTS juga punya batasan waktu. Durasi waktu tes IELTS untuk bagian listening yaitu 30 menit, reading 60 menit, writing 60 menit, dan speaking sekitar 11-14 menit. Tentu saja, kamu bisa memanfaatkan fitur penghitung waktu dalam ponselmu.

5. Memanfaatkan ponsel untuk membaca tulisan berbahasa Inggris

7 Cara Memaksimalkan Ponsel untuk Berlatih IELTS, Kamu Harus Coba!pixabay.com/MoteOo

Dalam bagian reading IELTS, kamu harus familier dengan artikel panjang berbahasa Inggris. Untuk mencapainya, kamu perlu membiasakan diri membaca berbagai tulisan berbahasa Inggris.

Kamu gak harus membaca buku atau majalah tebal untuk berlatih membaca tulisan berbahasa Inggris. Cukup dengan ponsel, kamu bisa membuka beragam tulisan berbahasa Inggris tersebut, seperti e-book, artikel berita atau jurnal, koran atau majalah online, dan lain sebagainya. Kamu pun bisa membaca tulisan-tulisan tersebut kapan pun dan di mana pun kamu berada. Wah, sangat praktis bukan?

6. Menggunakan fitur kalender untuk menyusun agenda atau jadwal rencana latihan IELTS

7 Cara Memaksimalkan Ponsel untuk Berlatih IELTS, Kamu Harus Coba!businessinsider.com

Karena terdiri dari empat bagian berbeda (listening, reading, writing, dan speaking), berlatih IELTS tentu perlu perencanaan yang baik. Kamu harus bisa mengalokasikan waktu berlatihmu dengan adil untuk keempat bagian tersebut. Dengan begitu, kamu pun harus bisa menyusun jadwal rencana berlatih IELTS dengan baik. Semua rencana latihanmu tersebut bisa kamu tulis dalam fitur kalender yang ada di ponselmu.

7. Menggunakan fitur notes untuk kosakata baru

7 Cara Memaksimalkan Ponsel untuk Berlatih IELTS, Kamu Harus Coba!picturetosound.com

Semakin banyak kosa kata dalam bahasa Inggris yang kamu tahu, tentu ini akan memudahkanmu dalam mengerjakan soal IELTS. Bahkan untuk bagian writing, semakin bervariasi kosa kata yang kamu pakai dalam esaimu, semakin besar peluang untuk mendapatkan skor tinggi. 

Ponsel umumnya dilengkapi dengan fitur notes untuk mencatat sesuatu. Kenapa kamu gak memanfaatkan fitur tersebut untuk menuliskan berbagai kosa kata dalam bahasa Inggris yang baru kamu tahu?

Kapan pun juga, fitur notes di ponselmu bisa kamu buka dengan mudah. Dengan begitu, ini akan memudahkanmu mengingat berbagai kosa kata tersebut.

Wah, ternyata ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa berlatih IELTS dengan ponselmu. Jadi kalau kamu sedang bersiap untuk tes IELTS, yuk tahan diri sejenak untuk membuka media sosial. Sebaliknya, maksimalkan ponselmu untuk terus berlatih meningkatkan skor IELTS!

Baca Juga: 7 Tips Jitu Mengerjakan Ujian IELTS, Demi Skor yang Maksimal

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya