Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirian

Belajar bareng lebih banyak manfaatnya!

IELTS (International English Language Testing System) atau TOEFL (Test of English as a Foreign Language) mungkin sudah gak asing di telingamu. Memang, dua jenis tes bahasa kemampuan Inggris ini kian populer dan acapkali digunakan sebagai syarat administratif untuk mendaftar ke berbagai kampus atau beasiswa ke luar negeri.

Mendapatkan skor IELTS atau TOEFL bisa jadi gampang gampang susah. Gak semua orang bisa langsung mendapatkan skor tinggi dengan begitu mulus. Bagi beberapa orang, diperlukan usaha ekstra untuk mendapatkan nilai maksimal, setidaknya untuk mencapai ambang batas nilai yang dipersyaratkan pihak kampus atau beasiswa. Berlatih secara rutin bisa jadi salah satu cara untuk memaksimalkan nilai IELTS atau TOEFL kamu.

Kamu bisa berlatih IELTS atau TOEFL secara mandiri. Saat ini sudah banyak situs di internet yang menyajikan tempat untukmu berlatih. Meski begitu, sebisa mungkin kamu tetap mencari teman yang bisa kamu ajak belajar IELTS atau TOEFL bareng. Berikut beberapa alasan mengapa kamu sebaiknya gak berlatih IELTS atau TOEFL seorang diri.

1. Dengan belajar IELTS atau TOEFL berkelompok, ada yang membantu mengoreksi kesalahan kita

5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirianwitt.ac.nz

Terutama untuk IELTS, di bagian speaking dan writing, kamu butuh orang lain sebagai partner untuk mengoreksi kesalahanmu. Selama berlatih di kedua bagian ini, kamu mungkin akan membuat kesalahan yang bahkan gak kamu sadari, sehingga peran teman belajar menjadi sangat penting.

2. Bisa saling menyemangati di kala jenuh

5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirianfreepik.com

Adakalanya, belajar IELTS atau TOEFL menjadi sangat menjenuhkan. Di awal-awal, mungkin kamu masih semangat belajar, tapi bisa saja semangat itu memudar seiring berjalannya waktu.

Padahal, hal penting yang dibutuhkan dalam belajar IELTS atau TOEFL adalah konsistensi belajar. Dengan belajar berkelompok, kamu bisa mendapat suntikan semangat dan motivasi dari rekan belajarmu. Begitu pun sebaliknya, kamu juga bisa menyemangati temanmu yang sedang jenuh.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Ikut Kursus Dulu Sebelum Tes IELTS

3. Bisa saling bertanya kalau ada yang belum jelas

5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirianeducationvoters.org

Belajar IELTS atau TOEFL mungkin terlihat mudah, tapi bukan gak mungkin kamu akan memiliki banyak pertanyaan saat berlatih mengerjakan soal. Soal TOEFL, misalnya, ada bagian yang menguji penguasaan grammar.

Kalau kamu memilih belajar kelompok dan lupa mengenai aturan grammar tertentu, kamu bisa bertanya dengan rekan belajarmu. Kalau kamu misalnya gak begitu jago grammar, kamu bisa mengajak teman belajar yang memiliki penguasaan grammar yang baik.

4. Dengan belajar berkelompok, kamu bisa saling bertukar pikiran dan pengalaman yang bisa memberimu wawasan baru

5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirianbritishcouncil.org.mx

Saat berlatih IELTS atau TOEFL berkelompok, kamu bisa saling bertukar pikiran atau pengalaman. Mungkin saja rekan belajarmu sudah pernah ikut tes IELTS atau TOEFL sebelumnya, kamu pun bisa bertanya-tanya pengalaman temanmu tersebut. Bukan gak mungkin, temanmu juga akan memberikan "do and don't" berdasarkan pengalamannya tersebut.

5. Melatih kedisiplinan

5 Alasan Kamu Sebaiknya Gak Berlatih IELTS atau TOEFL Sendirianteenage.com.sg

Berlatih IELTS atau TOEFL secara berkelompok tentu akan melibatkan sedikitnya dua orang. Bersama teman belajarmu, kamu pun harus membuat jadwal latihan rutin dan "adil". "Adil" disini misalnya kamu harus mengalokasikan waktu yang adil untuk bagian listening, reading, writing, dan speaking saat belajar IELTS.

Dari sini, kamu dituntut untuk belajar disiplin mengikuti jadwal tersebut. Dengan adanya teman, kamu tentu akan merasa "gak enak" apabila di jadwal tertentu kamu tiba-tiba merasa malas dan pengin gak belajar. Tanpa disadari, kamu pun bisa ter-push untuk belajar disiplin. 

Nah, itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu sebaiknya gak belajar IELTS atau TEOFL sendirian. Ternyata banyak banget kan manfaatnya? Kamu bisa membuat kelompok belajar sendiri bersama teman-temanmu, atau bisa juga mengikuti kursus di lembaga pelatihan bahasa Inggris. Yuk, tetap semangat!

Baca Juga: 5 Tips Belajar IELTS Biar Gak Bikin Tegang Pikiran

Rivandi Pranandita Putra Photo Community Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You