Comscore Tracker

Sedang Berlatih IELTS? 5 Sumber Materi Belajar Gratis Ini Bisa Dicoba

Belajar IELTS gak harus mahal!

IELTS (International English Language Testing System) merupakan salah satu tes bahasa Inggris populer di kalangan pencari beasiswa atau kerja ke luar negeri. Sayangnya, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam untuk mengikuti tes ini. Selain itu, tes ini juga butuh persiapan yang biasanya menguras cukup banyak dana.

Padahal, belajar IELTS sebenarnya gak harus mahal. Berikut ini beberapa sumber materi belajar IELTS yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

1. Situs atau website persiapan IELTS

Sedang Berlatih IELTS? 5 Sumber Materi Belajar Gratis Ini Bisa Dicobacoed.com

Saat ini, di internet tersedia banyak situs atau website persiapan IELTS yang bisa kamu ikuti secara cuma-cuma. Beberapa situs populer, misalnya:

  • IELTS Mentor (ielts-mentor.com)
  • IELTS Buddy (ieltsbuddy.com)
  • IELTS Essentials (ieltsessentials.com)
  • IELTS Simon (ielts-simon.com)
  • IELTS Material (ieltsmaterial.com)
  • IELTS-Blog (ielts-blog.com)
  • Goodluck IELTS (goodluckielts.com)
  • Fet System (fetsystem.com), dan masih banyak lagi. 

Berbagai situs IELTS tersebut umumnya gak hanya memberikan materi terkait persiapan IELTS, namun juga menyediakan bank soal atau simulasi IELTS serta berbagai tips sukses IELTS.

2. Akun YouTube terkait IELTS atau bahasa Inggris secara umum

Sedang Berlatih IELTS? 5 Sumber Materi Belajar Gratis Ini Bisa Dicobafortune.com

Kamu tentu sudah gak asing lagi dengan YouTube. Banyak akun YouTube yang memiliki konten terkait persiapan IELTS dan worth it buat kamu ikuti. Beberapa akun YouTube populer, misalnya IELTS Official, IELTS Liz, IELTS Ninja, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kamu juga bisa menyimak beberapa akun YouTube yang memberikan materi bahasa Inggris secara umum. Beberapa akun YouTube seperti misalnya English with Lucy memberikan materi bahasa Inggris dengan aksen British. Seperti kita tahu, akses British digunakan dalam IELTS, sehingga menyimak akun YouTube semacam itu tentu baik untuk membiasakan kamu dengan aksen tersebut.

Baca Juga: 5 Benda yang Bisa Kamu Manfaatkan Saat Berlatih IELTS, Yuk Manfaatkan

3. Berbagai jenis media sosial lain selain YouTube

Sedang Berlatih IELTS? 5 Sumber Materi Belajar Gratis Ini Bisa DicobaPexels/Tracy Le Blanc

Selain YouTube, kamu juga bisa belajar IELTS dari berbagai media sosial (medsos) seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain. Di Facebook, ada beberapa page yang bisa kamu ikuti seperti IELTS Official, IELTS Preparation, IELTSPractice.com, IELTS Advantage, dan masih banyak lagi.

Di Instagram, beberapa akun terkait persiapan IELTS yang bisa kamu ikuti, misalnya IELTS with Fiona (@ieltsetc), IELTS Essentials from IDP (@ielts.essentials), Tips for IELTS (@tips4ielts), dan lain-lain.

Sementara itu, beberapa akun terkait persiapan IELTS di Twittermisalnya ielts_blog (@ielts_blog), Take IELTS Official (@takeielts), IELTS Mentor (@IELTSmentor), dan lain sebagainya.

Selain berbagai akun atau page yang bisa kamu ikuti, kamu juga bisa bergabung ke grup tertentu di medsos yang mengupas materi terkait IELTS.

4. E-book gratis

Sedang Berlatih IELTS? 5 Sumber Materi Belajar Gratis Ini Bisa Dicobapexels.com/Perfecto Capucine

Meski saat ini banyak tersedia buku persiapan IELTS versi cetak, kamu tetap bisa membaca versi elektroniknya. Ada berbagai e-book terkait persiapan IELTS yang berkualitas dan bisa kamu unduh dari internet. Gak sedikit di antara e-book tersebut yang gratis, meskipun ada juga yang berbayar.

5. Buku pinjaman teman atau perpustakaan

Sedang Berlatih IELTS? 5 Sumber Materi Belajar Gratis Ini Bisa Dicobaehef.id

Kalau kamu punya teman yang sudah pernah tes IELTS dan gak memakai bukunya lagi, kenapa gak meminjamnya saja? Daripada menganggur, buku tersebut lebih baik kamu manfaatkan untuk belajar dan berlatih soal. Kalau merasa sungkan, kamu juga bisa meminjam buku terkait persiapan IELTS dari perpustakaan kampus atau kotamu.

Nah, itulah tadi beberapa sumber materi belajar IELTS yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma. Mulai sekarang, gak ada alasan untuk bermalas-malasan belajar IELTS kan?

Baca Juga: Meski Biayanya Mahal, Ini 5 Alasan Ikut Tes IELTS Tetap Worth It!

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

IG: @rivandipputra

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya