Comscore Tracker

7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFL

Yuk, lakukan agar skormu maksimal!

Seperti yang kita tahu, IELTS (International English Language Testing System) dan TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan dua jenis tes bahasa Inggris populer saat ini. Kedua tes ini kerap diambil oleh mereka yang ingin melamar universitas, beasiswa, pekerjaan, atau bahkan apply visa di luar negeri.

Saat mengambil TOEFL atau IELTS, kita pasti berharap mendapatkan skor setinggi mungkin. Hal ini karena pihak universitas, pemberi beasiswa, perusahaan, atau kantor imigrasi mensyaratkan skor minimal tertentu untuk lulus. Selain itu, kita juga akan bersaing dengan kandidat lain yang mungkin punya skor lebih tinggi dari kita.

Untuk mencapai skor IELTS atau TOEFL tinggi, kita tentu harus mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan banyak belajar dan berlatih. Namun seringkali, ada banyak faktor penghambat yang akan menghalangi kita dalam meraih skor tinggi. Salah satunya adalah perasaan gak percaya diri  menjelang atau pada saat tes. Jika kita sudah gak percaya diri, hasil tes kita justru jadi gak akan maksimal.

Berikut ini merupakan tujuh tips bagi kamu yang berencana mengambil tes IELTS atau TOEFL, agar tetap percaya diri menjelang dan pada waktu tes.

1.  Belajar jauh-jauh hari sebelumnya

7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFLPexels.com/picjumbo.com

Persiapan belajar yang matang dan dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya jelas akan membantu kita untuk lebih percaya diri pada saat tes. Hal ini karena kita lebih menguasai materi dan format soal. Gak hanya IELTS atau TOEFL, namun hal tersebut juga berlaku pada jenis tes apapun. Setidaknya, sisihkan waktu 2-3 bulan atau lebih untuk belajar secara konsisten sebelum tanggal tes resmi.

Sebaliknya, jangan sampai kita belajar mendadak mendekati tanggal pelaksanaan tes resmi, apalagi menerapkan sistem kebut semalam. Hal tersebut gak akan efektif, dan justru bikin kita gak percaya diri saat menghadapi tes nantinya.

2. Perbanyak berlatih soal

7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFLPexels.com/fotografierende

Sebelum menghadapi tes IELTS atau TOEFL, biasakan diri berlatih soal. Kabar baiknya, saat ini sudah ada banyak contoh soal beserta pembahasannya yang bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma di internet. Kalau mau, kita juga bisa berlatih dari buku atau sumber lain. Semakin banyak contoh soal yang kita pakai untuk berlatih dan semakin sering kita berlatih, tentu akan semakin bagus.

Dengan rutin berlatih soal, kita gak hanya menguasai materi, tapi juga akan terbiasa dengan format dan pola soal. Jika sudah demikian, kita pun jadi lebih percaya diri saat menghadapi tes.

Baca Juga: 5 Keuntungan Punya Skor TOEFL atau IELTS Tinggi, Bisa Jadi Motivasi!

3. Mencari mentor, setidaknya temukan teman atau kelompok belajar

7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFLUnsplash.com/Alexis Brown

Adanya mentor akan membuat kita lebih percaya diri dalam menghadapi tes IELTS atau TOEFL. Hal ini karena mereka gak hanya membimbing, namun gak jarang juga akan memberikan semangat dan motivasi buat kita dalam perjuangan mengejar skor tinggi.

Orang yang kita pilih sebagai mentor bisa guru, sahabat, teman, kakak kelas, atau bahkan anggota keluarga kita sendiri. Tapi, orang yang kita pilih sebaiknya adalah mereka yang sudah pernah mengikuti tes IELTS atau TOEFL dan mendapatkan skor tinggi. 

Jika seandainya kita belum berhasil menemukan mentor, kita bisa juga mencari teman belajar bareng atau membentuk kelompok belajar. Melalui teman atau kelompok belajar, kita gak hanya bisa belajar bareng, berdiskusi, atau mengevaluasi progres satu sama lain, tapi juga bisa saling menyemangati. Hal ini pada akhirnya dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri kita dalam menghadapi ujian.

4. Aktif mencari sumber motivasi dari blog atau video

7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFLPixabay.com/kaboompics

Umumnya, kata-kata motivasi dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Karena itu, sebelum menjalani tes IELTS atau TOEFL, cobalah mencari kata-kata motivasi sehingga kepercayaan diri kita akan meningkat.

Di zaman digital seperti sekarang, ada banyak sekali orang yang membagikan motivasi terkait perjuangannya menghadapi IELTS atau TOEFL. Ada yang membagikan kisahnya melalui blog, media sosial pribadi, atau platform digital lainnya. Melalui gadget, kamu tentu bisa mengakses berbagai kisah penyemangat itu dengan mudah.

5. Melakukan self-talk

7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFLPexels.com/Matthias Cooper

Hal lain yang gak boleh kita lewatkan untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah melakukan self-talk atau berbicara dengan diri sendiri. Kita bisa melakukan dialog kepada diri sendiri dengan cara berbicara di dalam hati atau melakukannya secara bisik-bisik.

Ucapkanlah terlebih dulu berbagai kata dengan afirmasi positif kepada diri sendiri. Misalnya, "saya bisa lulus tes dengan nilai baik", "saya tetap bisa berusaha tanpa pantang menyerah", dan lain sebagainya. Meski terdengar sepele atau bahkan aneh, tapi melakukan self-talk sedikit banyak akan mempengaruhi kepercayaan diri kita, lho.

6. Pada hari-H tes, usahakan datang lebih awal ke lokasi ujian

7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFLPexels.com/Andrea Piacquadio

Pada hari-H tes, usahakan untuk datang lebih awal dari jam ujian, misalnya 1-2 jam sebelumnya. Dengan datang lebih awal, kita bisa lebih familier dengan lokasi ujian, terutama jika lokasinya masih asing buat kita. Dengan begitu, kita pun bisa lebih percaya diri.

Hindari datang mepet atau bahkan terlambat ke lokasi tes. Hal ini gak hanya akan merugikan diri sendiri karena mengurangi waktu pengerjaan tes, tapi juga akan membuat kita merasa gak percaya diri.

7. Berdoa

7 Tips Agar Percaya Diri saat akan Menghadapi Tes IELTS atau TOEFLUnsplash.com/Patrick Fore

Pada akhirnya, hal lain yang perlu kita lakukan adalah berdoa, mulai sejak persiapan belajar hingga tes dan pengumuman hasilnya. Dengan berdoa, hati kita akan merasa tenang dan nyaman.

Setelah berbagai ikhtiar sudah kita kerahkan untuk mempersiapkan IELTS atau TOEFL sebaik mungkin, biarlah Tuhan yang menentukan hasil akhirnya. Dengan pikiran tenang dan rasa 'pasrah' kepada Tuhan, kita bisa lebih percaya dengan kemampuan diri sendiri. 

Nah, itulah tadi tujuh tips yang bisa kita lakukan agar tetap percaya diri saat akan menghadapi IELTS atau TOEFL. Tetap semangat ya! Kamu pasti bisa!

Baca Juga: 6 Mindset yang Perlu Kamu Hindari Kalau Mau Dapat Skor IELTS Tinggi

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

Mencari proofread skripsi/tesis/jurnal ilmiah? IG: @mollyproofread

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya