Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Boleh Nyerah ketika Harus Ngulang Mata Kuliah

Kamu bisa, kamu kuat!

Ketika menjadi seorang mahasiswa, kamu pasti akan bertemu dengan rintangan-rintangan yang sangat beragam. Salah satu hal yang terberat adalah ketika mahasiswa harus mengulang mata kuliah. Itu disebabkan karena nilai yang tidak memenuhi kriteria sehingga mendapatkan nilai rendah dan harus ngulang. 

Sebagai seorang mahasiswa, kamu harus memiliki power untuk menghadapi segala cobaan. Jangan menjadi mahasiswa yang lemah seperti kerupuk. Ketika memang kamu ditakdirkan untuk mengulang mata kuliah, itu bukan berarti kamu bodoh, ya. Intinya jangan sampai hopeless ataupun menyerah. Berikut lima alasannya! 

1. Ingat kembali perjuanganmu dulu ketika hendak masuk kuliah

5 Alasan Kamu Gak Boleh Nyerah ketika Harus Ngulang Mata Kuliahilustrasi membaca buku (pixabay.com/Pexels)

Ketika masuk kuliah, pasti banyak pengorbanan yang kamu kerahkan. Mulai dari fisik, waktu hingga biaya. Dan itu menjadi sesuatu yang sangat berharga bagimu.

Jika dengan mendapatkan nilai jelek, kamu tiba-tiba hopeless begitu saja, cobalah untuk mengingat-ingat kembali saat dulu kamu bersusah payah untuk masuk kuliah. Jika kamu menyerah, Segudang lelah yang kamu kerahkan kemarin, sia-sia dong?

2. Gagal dalam mata kuliah, bukan berarti kamu orang bodoh

5 Alasan Kamu Gak Boleh Nyerah ketika Harus Ngulang Mata Kuliahilustrasi melamun (pixabay.com/nastya_gepp)

Setiap mahasiswa pasti memiliki potensinya masing-masing. Dan sangat mustahil rasanya untuk menyamaratakan semua potensi antar mahasiswa.  

Misal dalam satu semester kamu mendapatkan 22 SKS, dan kamu gagal dalam satu mata kuliah, itu bukan berarti kamu seorang yang bodoh. Karena buktinya, kamu berhasil di mata kuliah yang lain. Hanya saja kamu perlu sedikit merenung, bagaimana caranya agar kamu dapat mengevaluasi kegagalan ini, hingga menjadi sebuah pembelajaran nantinya. 

Baca Juga: 5 Kesalahan dalam Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Ikut-ikutan

3. Perbaiki mindset, jangan mudah menyerah karena memungkinkan akan ada banyak kegagalan lagi ke depannya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Nyerah ketika Harus Ngulang Mata Kuliahilustrasi menulis (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Jika kamu berhenti kuliah hanya karena takut akan ada ribuan kegagalan lagi yang menimpa, maka sudah bisa dipastikan bahwa kamu tidak akan mendapatkan kesuksesan yang kamu inginkan. 

Sebuah pencapaian dan kesuksesan dimulai dari pikiran dan hati. Jika kamu percaya kamu bisa, maka kamu memiliki kesempatan untuk mencapai kemenangan itu. Begitu juga sebaliknya. 

4. Pertahankan visi dan misi kuliahmu, cobalah belajar dari kegagalan

5 Alasan Kamu Gak Boleh Nyerah ketika Harus Ngulang Mata Kuliahilustrasi membaca buku (pixabay.com/geralt)

Mulailah untuk berkomitmen pada dirimu, bahwa kamu akan lebih giat lagi kedepannya, tidak akan berleha-leha, dan akan terus berjuang untuk mempertahankan visi dan misi yang telah kamu rencanakan ketika awal masuk kuliah. 

Karena percuma saja jika kamu tidak memiliki komitmen, yang ada bukannya lebih baik, tapi malah stagnan dan tidak ada perubahan dalam dirimu. Maka belajar dari sebuah kegagalan, adalah suatu hal yang sangat penting dalam setiap sendi kehidupan. 

5. Dalam setiap perjuangan, tidak akan berjalan mulus begitu saja. Semua pasti akan ada rintangan dan tantangannya

5 Alasan Kamu Gak Boleh Nyerah ketika Harus Ngulang Mata Kuliahilustrasi mengetik (pixabay.com/pexels)

Mustahil seseorang dapat sukses tanpa melewati dahulu sebuah rintangan. Theodore  Permadi pun, seorang konglomerat pendiri Triputra Group dan mantan presiden direktur astra, pernah mengulang mata kuliah selama 17 kali semasa menempuh pendidikannya di Institut Tekonologi Bandung (ITB). 

Jika gagal, semua hal akan terjadi tergantung apa yang kamu lakukan. Jika mentalmu lemah, dan tidak dapat berkomitmen terhadap pilihanmu, tentu saja akan mustahil dari kata sukses. Tapi sebaliknya, kamu akan berhasil, jika kamu mampu menghadapinya dengan penuh kebijaksanaan dan tanggung jawab yang penuh. 

Itulah lima alasan agar kamu tidak mudah putus asa ketika harus ngulang mata kuliah.  Dengan mendapatkan nilai jelek, itu akan menjadi sebuah pecutan bagimu, agar senantiasa bekerja keras, ulet dan rajin lagi dalam belajar. Keep spirit your up!

Baca Juga: Bukan Malas, 5 Disabilitas Tak Terlihat Ini Bikin Kuliah Sulit

Muhammad Riyadi Nugraha Photo Verified Writer Muhammad Riyadi Nugraha

Memediasi pena untuk mengkspresikan sebuah rasa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya