Comscore Tracker

Awas, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gagal Lolos SBMPTN 2018!

#EdFunFact: Jangan sampai dilakukan ya!

SBMPTN sudah semakin dekat. Buat kamu para peserta, siapkanlah diri kalian dengan sebaik-baiknya. Jangan sampai kalian gagal karena kurang persiapan. Berikut beberapa hal yang bisa membuat kamu tidak siap, bahkan bisa membuatmu tidak diterima di PTN lewat jalur SBMPTN.

1. Daftar di akhir-akhir waktu

Awas, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gagal Lolos SBMPTN 2018!zlien.com

Hal sepele pertama yang bisa menggagalkanmu ialah tidak buruan daftar SBMPTN. Karena semakin mendekati deadlinependaftaran, tentu akan semakin sibuk juga server.

Sama seperti laman SNMPTN yang down saat banyak orang yang berusaha mengakses, maka sebaiknya jangan menunda-nunda. Apabila mendaftar di akhir dan ternyata server sibuk, kemungkinan besar data tidak masuk. Akibat terburuknya adalah kamu tidak terdaftar sebagai peserta dan jelas tidak bisa masuk PTN lewat jalur SBMPTN. Sayang banget kan?

2. Memaksakan tubuh

Awas, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gagal Lolos SBMPTN 2018!yourstory.com

Salah satu kunci SBMPTN ialah penguasaan materi. Sebagai peserta yang ingin lolos, ada baiknya berusaha menguasai banyak materi agar bisa lebih unggul dari yang lain. Namun, usaha yang dilakukan jangan sampai terlalu berlebihan hingga membuat tubuh tersiksa. Karena percuma menguasai banyak materi tetapi, tubuh tidak siap menghadapi tes pada tanggal 8 Mei 2018. Maka, jangan sampai kamu tumbang sebelum perang! Pastikan kamu siap dan fit untuk menghadapi SBMPTN.

3. Fokus pada materi, namun lupa dengan prosedur tes

Awas, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gagal Lolos SBMPTN 2018!deviantart.net

Jangan sampai dalam mempersiapkan SBMPTN, kamu hanya fokus pada materi saja. Memang itu penting, namun bisa jadi sia-sia, kalau kamu menghiraukan prosedur tes. Misal, perlengkapan yang dianjurkan, berkas-berkas yang dibutuhkan itu penting untuk dipersiapkan. Jangan sampai kamu tidak diperbolehkan mengikuti tes hanya karena hal sepele.

4. Terlambat datang ujian

Awas, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gagal Lolos SBMPTN 2018!buzznigeria.com

Terlalu lama liburan kadang membuat pola tidur kamu berubah. Bagi kamu yang terbiasa bangun siang saat libur, kamu harus hati-hati. Jangan sampai ketika hari ujian, kamu malah kesiangan. Sebisa mungkin kamu berangkat lebih awal untuk mempersiapkan dengan lebih tenang. Apabila kamu datang tergesa-gesa itu nanti akan mempengaruhi konsentrasimu saat mengerjakan.

5. Sarapan biar gak tumbang

Awas, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gagal Lolos SBMPTN 2018!rawstory.com

Sarapan itu penting. Jangan sampai kamu terganggu saat mengerjakan hanya karena belum makan. Tidak sarapan bisa membuat kamu kurang konsentrasi dan lemas. Jadi, sempatkanlah sarapan! Tapi jangan berlebihan juga. Takutnya malah sakit perut lalu kamu mondar-mandir kamar mandi. Selain mengganggu konsentrasi itu juga akan mengurangi waktumu.

6. Terlalu percaya diri

Awas, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gagal Lolos SBMPTN 2018!roars.it

Yakin itu perlu, tapi jangan terlalu. Karena bisa membuat kamu terbuai dan cenderung menyepelekan. Kamu tetap harus teliti dan sebisa mungkin berulang-ulang memastikan semua yang kamu isikan di LJK.

Meski tahun ini tidak ada nilai minus, tetaplah mencoba untuk lebih berhati-hati. Jangan terbuai dan melupakan hal lain, seperti identitas, ketebalan (bagi yang jenis ujian cetak), dll.

7. Hanya mementingkan ujian keterampilan atau tes tulis saja

Awas, Ini 7 Hal Sepele yang Bisa Membuatmu Gagal Lolos SBMPTN 2018!thought.co

Bagi peserta yang memilih prodi tertentu akan ada ujian keterampilan setelah ujian tulis. Nah, bagi yang mengikuti ujian keterampilan jangan sampai terlalu berat pada ujian keterampilan sehingga menganggap enteng ujian tulis. Jangan juga menganggap remeh ujian keterampilan. Keduanya penting dan akan mempengaruhi penilaian. Jadi, persiapkan dengan baik!

rizqi akbar Photo Verified Writer rizqi akbar

http://siakbar.com/

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya