Comscore Tracker

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!

Disiplin dan semangat jadi kunci utama

IELTS (English Language Testing System) adalah tes bahasa Inggris yang dipakai oleh banyak negara termasuk Indonesia. Dari laman IDP, IELTS menjadi standar kecakapan bahasa Inggris yang paling populer untuk studi, bekerja, dan migrasi di seluruh dunia. Hasil IELTS ini sendiri juga bisa dipakai lebih dari 10.000 institusi dari 140 negara.
Walaupun sudah dikenal luas, tes IELTS termasuk sulit lho.

Dikutip dari laman IELTS.org, tes ini dibagi jadi empat bagian, yakni listening (mendengarkan), reading (membaca), writing (menulis), dan speaking (berbicara). Selain sulit, tes yang berasal dari Inggris ini juga dikenal cukup merogoh isi dompet, yaitu $200 - $270 atau berkisar Rp2.900.000 bergantung dari jenis tes dan negara penyelenggara IELTS.

Karena tingkat kesulitan yang tinggi dan harga tes yang mahal, persiapan yang matang wajib dilakukan. Gak harus membayar les yang mahal, kamu bisa kok mempersiapkan diri menghadapi IELTS dengan melakukan beberapa cara hemat ini.

1. Melihat kanal YouTube khusus IELTS

https://www.youtube.com/embed/CK_PE9ILJjQ

YouTube menjadi tempat yang tepat belajar IELTS tanpa harus membuat kantong kempis. Cukup menyiapkan kuota data, kamu bisa belajar sepuas-puasnya di kanal-kanal YouTube khusus IELTS.

2. Belajar dari buku saku IELTS

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!thestudentpocketguide.com

Buku saku IELTS perlu  untuk memudahkan kamu belajar di mana saja. Buku ini biasanya berisi trik-trik sukses IELTS dan beberapa mini soal. Tenang saja, harga buku ini gak sampai 100 ribu rupiah, kok.

3. Rajin membaca buku atau artikel bahasa Inggris dan mencatat kosakata yang sulit

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!greenandturquoise.com

Membiasakan diri membaca buku atau artikel berbahasa Inggris akan membuatmu familiar dengan tulisan berbahasa Inggris. Kamu bisa membaca buku elektronik ataupun laman online berbahasa Inggris.

Kalau kamu menemukan kosakata yang sulit, tak ada salahnya mencatatnya dalam buku catatan dan hafalkan. Di samping itu, kamu juga perlu membuat kalimat sendiri dari kosakata baru tersebut. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah menghafalnya. 

Baca Juga: Mau Sukses Belajar IELTS Secara Mandiri? 6 Hal Ini Wajib Kamu Punya!

4. Mencari soal-soal IELTS gratis secara online

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!unsplash.com/Etienne Boulanger

Banyak manfaat yang bisa kamu dapat ketika berselancar di dunia maya. Salah satunya mencari soal-soal IELTS dari beberapa tahun yang lalu dengan mudah dan gratis.

5. Meminjam buku soal IELTS di perpustakaan atau teman

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!princeton.edu

Jika kamu tipe orang yang suka memegang buku, tak ada salahnya mencari buku-buku soal IELTS untuk berlatih. Gak harus membeli buku soal IELTS yang terbilang mahal, kamu bisa meminjamnya di perpustakaan atau teman yang mempunyai buku tersebut. Lebih hemat, kan?

6. Mengikuti grup IELTS online di aplikasi chatting atau media sosial

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!recoveryranch.com

Kamu harus secara proaktif mencari informasi tentang grup-grup IELTS. Biasanya mereka akan membuka keanggotaan baik melalui aplikasi chatting atau media sosial. Beberapa keuntungan yang kamu dapat dari grup IELTS ini adalah teman dengan tekad yang sama dan seringkali gratis!

7. Berlatih menulis paragraf dalam bahasa Inggris

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!eturbonews.com

Writing dalam tes IELTS bukanlah perkara yang mudah. Kamu membutuhkan ketekunan dalam menulis beberapa paragraf secara runut. Selain itu, kamu juga harus membaca pertanyaan dengan benar. 

Bila diminta untuk membuat argumen, berikanlah sebuah pernyataan setuju atau tidak secara jelas sejak di awal paragraf. Lanjutkanlah dengan alasan-alasan yang menguatkan pernyataanmu. Setelah itu akhir dengan konklusi yang padat dan jelas.

Sedangkan untuk pertanyaan berupa diagram, kamu perlu menghubungkan paragraf yang ditulis dengan data-data yang ada di diagram. Pakailah kata-kata ataupun gambar yang ada dalam pertanyaan untuk mendukung paragraf.

8. Berlatih bicara bahasa Inggris dengan teman

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!lingostan.com

Latihan bicara bahasa Inggris secara rutin juga perlu kamu lakukan. Ajaklah temanmu berpartner untuk melakukan tanya jawab seputar pertanyaan-pertanyaan yang biasanya keluar dalam tes IELTS. Kamu bisa berpasangan dengan teman, baik secara offline maupun online.

9. Jangan pernah minder dan siap menerima kritikan dari orang lain

9 Hacks Sukses Tes IELTS tanpa Les, Gak Bikin Kantong Kempes!laurellibrary.org

Berbagai cara di atas gak akan berjalan dengan baik kalau kamu minder. Percaya diri dengan writing yang kamu buat dan perlihatkanlah pada orang lain.  Selain itu, kamu juga siap menerima krisan (kritik dan saran) dari orang lain. Yakinlah bahwa krisan yang diberikan akan membuat kemampuan bahasa Inggrismu semakin meningkat.

Beberapa cara di atas terbilang hemat lho. Selama kamu disiplin dan mau berinteraksi dengan teman yang memiliki niat yang sama, nilai IELTS yang tinggi pasti bisa kamu raih. Tetap semangat ya!

Baca Juga: Mau Sukses Tes IELTS? 7 Hal Ini Sebaiknya Kamu Hindari

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya