Comscore Tracker

5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswa

yuk ikutan lomba !

Siapa nih yang suka ikutan berbagai kompetisi lomba entah itu lomba debat, olahraga, karya tulis, dan lomba lainnya? bagi kalian yang sering ikutan lomba pasti kalian mendapat banyak manfaat bukan. Namun, bagi yang belum pernah ikutan kompetisi, tidak ada salahnya loh kalian mulai sekarang mencoba untuk ikut beragam lomba karena kalian akan mendapatkan banyak manfaat. Yuk simak, ini dia 5 manfaat sering mengikuti lomba saat menjadi mahasiswa : 

1. Bisa beprestasi

5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswapixabay/dickdonmedia

Ketika kamu mencoba berbagai macam perlombaan bukan tidak mungkin kalau kamu berjuang secara sungguh-sungguh dan tekun kamu akan berprestasi loh guys. ikuti saja kompetisi apa saja yang sesuai dengan passion kamu, bagi kamu suka menulis bisa ikut lomba karya tulis, esai, dan sastra. Jika hobi olahraga, ikutilah berbagai kompetisi bidang olahrahga. Suka berbicara depan banyak orang ikut lomba debat dan masih banyak lagi tinggal kita rajin-rajin untuk mencari informasi tersebut.

Menjadi mahasiswa berprestasi yang menang lomba sana-sini tentunya merupakan impian para mahasiswa bukan? sehingga bukan tidak mungkin kamu akan dikenal oleh kalangan dosen atau bahkan menjadi mahasiswa kesayangannya. 

2. Menambah relasi dan teman baru

5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswapixabay/rawpixel

sering mengikuti lomba bahkan menjadi delegasi universitas untuk ikut suatu perlombaan akan membuatmu memiliki banyak relasi dan teman baru loh. Apalagi jika kamu sering ikut lomba di luar daerah, bahkan luar negeri pasti kamu akan mendapatkan teman baru dari berbagai daerah yang kamu tuju. Menyenangkan bukan bisa berkenalan dengan teman seperjuanganmu ketika ikut lomba? 

Selain itu memiliki banyak teman dan relasi akan membantumu saat kamu sudah lulus nanti bahkan saat memasuki dunia kerja. 

3. Mencari banyak pengalaman

5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswapixabay/kaboompics

Dengan sering mengikuti banyak lomba, pengalamanmu juga akan semakin bertambah. Cari pengalaman sebanyak-banyaknya saat menjadi mahasiswa agar setelah kamu lulus nanti siap untuk masuk dunia kerja. Salah satu manfaat ikut lomba yaitu dapat memperkaya pengalamanmu. So, jangan takut untuk mencoba !

Baca Juga: Buat Para Mahasiswa dan Pelajar, Terapkan 7 Tips Belajar Cerdas Ini

4. Melatih kemampuan softskill

5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswapixabay/jarmoluk

Demgan mengikuti berbagai macam kompetisi kamu juga melatih kemampuan softskill kamu loh. Kemampuan softskill yang tidak bisa secara luas kamu dapatkan yang hanya dari belajar di kelas. Mengikuti kompetisi merupakan salah satu cara agar kamu bisa mengembangkan kemampuan softskill kamu. Misalnya nih, kamu orangnya pendiam dan pemalu barangkali kamu dengan memngikuti perlombaan karya tulis yang memungkinkan untuk presentasi membuatnya menjadi berani dan tidak malu untuk berbicara di depan orang banyak. Nah, itulah salah satu manfaatnya ikut lomba. 

5. Mendapat rewerd atau hadiah

5 Manfaat Sering Mengikuti Lomba Saat Menjadi Mahasiswapixabay/Gadini

Hal terkakhir yang bisa kamu daparkan dengan mengikuti lomba saat menjadi mahasiswa yaitu hadiah atau rewerd-nya. Kamu akan mendapat berbagai macam hadiah saat berhasil menyabet juara. Mendapat sertifikat, piala, medali, dan tentunya uang pembinaan. Dengan begitu selain mendapat berbagai macam pengalaman kamu juga mendapat hadiah-hadiah tersebut. 

selain itu yang tidak kalah penting adalah orang tuamu bisa bangga melihat anaknya jika berhasil untuk berprestasi. Orang tua mana yang tidak merasa senang bukan?

Itu dia 5 manfaat mengikuti lomba saat menjadi mahasiswa. Yuk, manfaatkan waktumu selagi masih muda dengan melakukan kegiatan produktif tersebut. Selamat berprestasi ! 

Baca Juga: 5 Hal yang Dibutuhkan Mahasiswa Akuntansi Agar Menjadi Akuntan Handal

Nina Nadiah Photo Community Writer Nina Nadiah

Hobi membaca dunia fiksi dan suka menulis untuk bercerita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You