Comscore Tracker

5 Sekolah Kuliner Paling Bergengsi di Dunia, Tertarik Mendaftar? 

Baca aja dulu siapa tahu kamu tertarik! 

Saat ini industri kuliner semakin berkembang dengan meningkatnya bisnis restoran, perhotelan, hingga wisata. Maraknya tayangan kuliner di stasiun televisi membuat masyarakat menganggap profesi seorang chef sangat menjanjikan di masa depan. Sehingga jurusan tata boga atau kuliner menjadi alternatif pilihan anak muda untuk melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.

Tidak tanggung-tanggung banyak yang berminat untuk mengenyam pendidikan tinggi hingga luar negeri yang lulusannya banyak bekerja di hotel bintang, restoran, hingga kapal pesiar. Bagi kamu yang tertarik sekolah kuliner di luar negeri simak rekomendasi 5 sekolah kuliner bergengsi di dunia berikut ini.

1. Le Cordon Bleu, Perancis

5 Sekolah Kuliner Paling Bergengsi di Dunia, Tertarik Mendaftar? instagram.com/@lecordonbleuparis

Bagi kamu pecinta kuliner pasti sudah tidak asing dengan universitas yang satu ini. Le Cordon Bleu merupakan sekolah kuliner yang berdiri pada tahun 1886 di Perancis. Sekolah ini merupakan sekolah masak tertua di dunia. Sekolah yang terpusat di Perancis ini telah memiliki kampus di berbagai belahan negara di dunia seperti London, Canada, Australia, di benua asia seperti Korea Selatan, Jepang, hingga Malaysia.

Konsentrasi jurusan yaitu patisserie dan cuisine. Waktu menempuh pendidikan memakan waktu 9 bulan dan 6 bulan untuk magang. Selain menjadi chef yang handal di berbagai bidang lulusan dari sekolah ini banyak bekerja menjadi jurnalis kuliner, bisnis restoran, hingga konsultan kuliner.

2. Toscana Saporita, Italia

5 Sekolah Kuliner Paling Bergengsi di Dunia, Tertarik Mendaftar? instagram.com/@toscana_saporita

Selanjutnya adalah sekolah kuliner Toscana Saporita Cooking School, Massaciuccoli, Italia. Sekolah ini berbeda dengan sekolah formal lain yang lama pendidikannya lebih dari dua tahun. Sekolah ini juga berpindah dari satu kota ke kota lainnya. Selain itu para siswa-siswinya tidak diharuskan untuk hadir setiap hari. Sepanjang kegiatan siswanya diajarkan dan disuguhi menu khas daerah Tuskan, Italia. 

3. The Culinary Institute of America

5 Sekolah Kuliner Paling Bergengsi di Dunia, Tertarik Mendaftar? instagram.com/@theculinaryinstituteofamerica

The Culinary Institute of America yang biasa disingkat menjadi CIA merupakan sekolah kuliner yang terletak di Hyde Park, New York, Amerika Serikat. Sekolah ini didirikan pada tahun 1946 yang telah berkembang menjadi sekolah pariwisata restoran. Selain itu di sekolah ini juga diajarkan tentang bisnis sektor kuliner. Sekolah ini menawarkan program sarjana S1 dan S2, maka tidak heran lulusan sarjana dari sekolah ini tersebar dalam berbagai sektor pariwisata.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Menarik yang Cocok untuk Lulusan SMK Jurusan Tata Boga

4. French Culinary Institute, New York

5 Sekolah Kuliner Paling Bergengsi di Dunia, Tertarik Mendaftar? smlstainless.com

Di sekolah ini para siswanya akan diajari dalam pembuatan kuliner internasional ala Perancis. Para siswanya juga memiliki program khusus pembuatan pastry. Selain itu program kelas dibagi menjadi dua program dengan lama enam hingga sembilan bulan untuk pelatihan intensif. Maka tidak heran lulusan dari sekolah ini memiliki peluang besar menjadi seorang chef atau juru masak di New York, Amerika Serikat.

5. South African Chefs (Sachef) Academy

5 Sekolah Kuliner Paling Bergengsi di Dunia, Tertarik Mendaftar? instagram.com/@sachef

Sekolah kuliner selanjutnya adalah South African Chefs (Sachef) Academy, Afrika Selatan. Pendidikan di sekolah ini berlangsung selama 1 tahun dan setelah lulus akan mendapatkan ijazah. Program 6 bulan akan diajar oleh koki dari hotel bintang lima di Afrika Selatan.

Itu dia 5 sekolah kuliner bergengsi di dunia. Bagi kamu yang tertarik dalam dunia kuliner dan ingin melanjutkan pendidikan tinggi khusus kuliner, 5 rekomendasi sekolah kuliner di atas bisa kamu coba.

Baca Juga: Langka, Ini lho 5 PTN dengan Prodi Tata Boga untuk Jenjang Sarjana

Nina Nadiah Photo Community Writer Nina Nadiah

Kuliah yang menyambi dengan kuli tinta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You