Comscore Tracker

Banyak Diskon, Ini 5 Tips Membeli Buku Baru di Akhir Tahun

Biar bisa dapet banyak buku inceran dan kantong tetap aman!

Menjelang pergantian tahun, banyak toko-toko yang menawarkan beragam diskon untuk menarik banyak pelanggan. Gak terkecuali dengan toko-toko buku. Entah itu online maupun toko fisik, diskon-diskon yang ditawarkan tentu menarik minat banyak pecinta buku. 

Jika kamu merupakan book lover dan ingin memaksimalkan belanja buku untuk stock bacaan di tahun baru, ini 5 tips yang perlu kamu tahu.  

1. Bikin dulu list buku yang ingin dibeli

Banyak Diskon, Ini 5 Tips Membeli Buku Baru di Akhir TahunPexels.com/Startup Stock Photos

Setiap pecinta buku biasanya memiliki genre-genre favorit dan buku-buku yang ingin dibaca. Jika di bulan-bulan sebelumnya kamu sudah menahan diri buat gak beli buku-buku yang kamu pengen tersebut, sekarang saatnya kamu mengincar "kembali" buku-buku itu.

Caranya, buat terlebih dahulu list atau daftar buku yang diincar. Ini penting karena kamu jadi gak bingung lagi mau beli buku apa aja. Juga mengurangi tingkat kegalauan memilih di antara banyak pilihan buku-buku yang bagus di pasaran. 

2. Tentukan kamu ingin beli di toko buku fisik atau online

Banyak Diskon, Ini 5 Tips Membeli Buku Baru di Akhir TahunPexels.com/Bruce mars

Di zaman serba canggih seperti sekarang, toko buku gak cuma yang berupa toko fisik aja. Sudah ada banyak toko buku online, bahkan banyak pula penerbit yang mempunyai toko online-nya sendiri.

Jadi kamu tinggal milih aja mau beli buku langsung ke toko fisiknya biar bisa dibaca sedikit-sedikit preview-nya atau ingin lebih simpel tinggal pesan via online.

Baca Juga: Selain Irit dan Mudah, Ini 6 Alasan Cewek Lebih Memilih Belanja Online

3. Jika kamu memutuskan untuk membeli buku via online, pastikan memilih toko buku yang trusted

Banyak Diskon, Ini 5 Tips Membeli Buku Baru di Akhir TahunPexels.com/Bruce mars

Membeli barang via online mempunyai resiko yang lebih besar daripada membeli langsung di toko karena kita gak bisa lihat barangnya langsung. Sama halnya saat membeli buku secara online, kamu juga perlu hati-hati agar gak kecewa.

Misalnya, penjualnya bilang bukunya ori tapi pas barangnya kamu terima ternyata bukunya bajakan. Padahal kamu belinya dengan harga yang gak jauh beda sama buku versi aslinya. 

Jadi saat memutuskan ingin beli buku di toko buku online, pastikan bahwa toko buku tersebut trusted. Kamu bisa cek review toko buku tersebut untuk memastikan hal itu.

Tapi kalau kamu masih merasa khawatir, kamu bisa beli langsung di portal penerbit dari buku yang ingin kamu beli. Diskonnya juga menarik dan gak kalah sama toko buku online. Ini recommended banget jika buku-buku yang kamu pengen berasal dari penerbit yang sama. 

4. Cari info sebanyak-banyaknya

Banyak Diskon, Ini 5 Tips Membeli Buku Baru di Akhir TahunPexels.com/freestocks.org

Mencari informasi promo apa yang ada di toko buku bakal sangat menguntungkan bagimu. Pertama, kamu jadi tahu apa buku-buku yang kamu diincar lagi diskon dan seberapa besar diskon tersebut. Kedua, kamu bisa bandingin antara promo satu toko buku dengan toko buku yang lain. Jadi, kamu bisa pilih mana yang paling menguntungkan buat kantongmu.

5. Bikin perkiraan biaya yang bakal dihabiskan untuk belanja buku

Banyak Diskon, Ini 5 Tips Membeli Buku Baru di Akhir Tahunthoughtco.com

Sebelum memutuskan membeli buku-buku yang diinginkan, salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah membuat catatan berisi perkiraan harga masing-masing buku tersebut. 

Cara ini memudahkanmu untuk mengecek apakah dana yang kamu punya dengan yang bakal kamu habiskan sesuai atau gak. Kamu gak mau kan tiba-tiba pas mau bayar ternyata total harganya lebih besar daripada yang kamu siapkan?

Nah, itulah 5 tips belanja buku di akhir tahun agar kantongmu tetap aman dan hati senang karena punya bacaan anyar. So, selamat belanja buku ya!

Baca Juga: Butuh Variasi Bacaan Unik? Cek 5 Toko Buku Indie Lokal Ini Dulu! 

S. M. Fatimah Photo Verified Writer S. M. Fatimah

Menulis adalah bekerja untuk keabadian. (Pramoedya Ananta Toer)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya