Comscore Tracker

5 Program Keren untuk Anak Pahlawan Devisa Indonesia di Malaysia

Banyak anak-anak pahlawan devisa kita di Malaysia lho

Anak-anak Indonesia bukan hanya mereka yang sedang berdiam di wilayah NKRI. Tak sedikit anak-anak kita yang justru dilahirkan dan atau dibesarkan di luar tanah air. Salah satunya di Malaysia. Mayoritas dari mereka adalah anak-anak dari buruh migran, para pahlawan devisa, yang dibawa serta bekerja di ladang-ladang sawit.

Meski jauh dari tanah air, mereka yang masih dalam usia sekolah tetap dilayani oleh pemerintah Indonesia melalui Community Learning Center yang berinduk di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. Nah, berikut ini adalah program-program yang dilaksanakan untuk mengembangkan kompetensi mereka.

1. APSI

5 Program Keren untuk Anak Pahlawan Devisa Indonesia di MalaysiaDok. pribadi

APSI adalah singkatan dari Apresiasi Prestasi dan Seni. Program ini dikhususkan bagi anak-anak Indonesia di Community Learning Center (CLC) setingkat Sekolah Dasar yang berada dalam lingkup kerja Konsulat RI-Tawau. Selain dari CLC, APSI juga diikuti oleh anak Indonesia yang belajar di Pusat Belajar Humana yang tersebar di Tawau, Lahad Datu, Kinabatangan hingga Sandakan. Adapun ragam lomba yang dilaksanakan antara lain story telling, cerdas cermat, pidato, olimpiade sains, olimpiade matematika, menggambar, menyanyi, dan menari.

2. APKRES

5 Program Keren untuk Anak Pahlawan Devisa Indonesia di MalaysiaFacebook.com/Mas Ar

APKRES atau Apresiasi Akademik, Kreasi dan Seni merupakan program tahunan yang rutin dilaksanakan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK). Bila APSI dikhususkan untuk anak-anak SD, APKRES dikhususkan bagi siswa-siswa SMP di CLC yang tersebar di seluruh negara bagian Sabah.

APKRES memperlombakan lebih banyak cabang. Sebab selain akademik dan seni, APKRES juga memiliki cabang lomba di bidang olahraga, di antaranya ialah bulutangkis dan tenis meja ditambah hasta karya.

3. JAIM

5 Program Keren untuk Anak Pahlawan Devisa Indonesia di MalaysiaInstagram.com/jaim_indonesia

Jambore Anak Indonesia di Malaysia (JAIM) saat ini sudah memasuki tahun ke-enam. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membentuk karakter kepemimpinan serta kemandirian sesuai dengan kepanduan dan menumbuhkan rasa cintanya terhadap tanah air sendiri. Adapun peserta jambore ini ialah anak-anak sekolah yang berasal dari CLC SMP yang tersebar di penjuru Sabah.

Baca Juga: Menteri Ketenagakerjaan Baru Cari Siasat Kurangi TKI ke Luar Negeri

4. Komunitas Literasi Indonesia di Sabah

5 Program Keren untuk Anak Pahlawan Devisa Indonesia di MalaysiaDok. pribadi

Komunitas ini dikhususkan untuk mengembangkan minat literasi anak-anak Indonesia di CLC-CLC se-Sabah. Kegiatannya antara lain menggalang bantuan buku dari Indonesia, berbagi informasi antar-guru CLC tentang pengembangan literasi di sekolah masing-masing, hingga mengadakan lomba menulis bagi siswa CLC SD maupun SMP se-Sabah.

5. Sabah Bridge

5 Program Keren untuk Anak Pahlawan Devisa Indonesia di MalaysiaInstagram.com/sabahbridge

Sabah Bridge sendiri dibentuk oleh guru-guru Indonesia untuk Malaysia. Programnya ialah membantu anak-anak CLC yang sudah lulus SMP untuk melanjutkan pendidikan di Indonesia melalui jalur beasiswa. Ribuan anak-anak Indonesia sudah dipulangkan melalui program tersebut. Tahun ini, Sabah Bridge berhasil memulangkan 500 anak-anak kita untuk melanjutkan sekolah di SMA yang tersebar di Jawa, Kalimantan, Sumatera, Sulawesi hingga Bali.

Jauh dari Indonesia, apalagi tinggal di ladang sawit bukan berarti anak-anak kita tertinggal, kan?

Selamat hari pahlawan untukmu para pahlawan devisa Indonesia! Salam garuda!

Baca Juga: Haru, 8 Foto Saat Keluarga Tunggu Kedatangan TKI di Bandara

Hendra S. Marindra Photo Writer Hendra S. Marindra

Pendidik yang jatuh cinta pada dunia kepenulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya