Comscore Tracker

6 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengasah Otak Lho

#EdFunFact Dari mulai jalan-jalan hingga menulis!

Pernah gak sih kalian berpikir untuk mengerjakan kegiatan sederhana yang bisa membuat kita pintar? Wah, kalau iya tandanya penjelasan di bawah ini pas banget untuk disimak. Sebab di bawah ini terdapat 6 kegiatan yang bisa membuat otak kita terasah. Kamu pernah coba gak nih?

1. Mencoba hobi baru

6 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengasah Otak Lhounsplash.com/@outdoor_junkiez

Sebuah studi yang melibatkan 256 orang yang berusia 87-91 dan terus-menerus selama empat tahun meluangkan waktu untuk mengerjakan hobi (seperti seni, kerajinan, dan hobi lainnya) 73 persen lebih kecil untuk menunjukkan tanda-tanda pemikiran kabur dan memori yang hilang.

Tidak hanya itu, tetapi itu menunjukkan bahwa memiliki hobi di usia berapa pun mempertahankan jalur komunikasi yang sehat di otak untuk mempromosikan pikiran yang jernih dan kenangan yang tajam.

2. Belajar bahasa asing

6 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengasah Otak Lhounsplash.com/@mdesign85

Belajar bahasa asing bisa membuat pikiran terasa terjaga fungsinya, sebab dengan mempelajari bahasa baru kita juga secara belajar banyak hal. Seperti kebudayaan baru, hal-hal menarik dari negara tertentu dan berbagai aspek lainnya. Coba install aplikasi belajar bahasa atau ikut kelas bahasa, agar pembelajaran semakin efektif.

3. Keluar rumah dan berjelajah!

6 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengasah Otak Lhounsplash.com/@saricardoso

Kamu gak perlu pergi travelling jauh untuk bisa mengasah kemampuan otak. Cukup jelajahi tempat baru di sekitar kalian. Usahakan untuk membiasakan diri menemukan hal baru dan unik. Dengan begitu otak akan terstimulasi dan membuat otak kita ikut berkelana disaat yang sama, saat kita berjalan-jalan.

Baca Juga: Wah, 5 Kebiasaan di Media Sosial Ini Tanda Kamu Sedang Stres

4. Menenangkan diri dan rileks

6 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengasah Otak Lhounsplash.com/@thekendaljames

Yang mungkin kita tak pernah duga adalah dengan menenangkan diri dan rileks ternyata bisa mengasah kemampuan otak. Sebab dengan beristirahat dan rileks sejenak, otak akan bebas menentukan apapun yang ingin kita kerjakan tanpa ada ketentuan khusus.

5. Sering bersosialisasi

6 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengasah Otak Lhounsplash.com/@rawpixel

Dengan bersosialisasi kita menemukan banyak hal yang beraneka ragam. Salah satunya adalah tantangan ketika bertemu orang yang memiliki banyak perbedaan dengan kepribadian kita. Tantangan tersebut bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam berbicara atau berinteraksi, sehingga semakin banyak kamu bersosialisasi maka semakin terukur pula kemampuan otak yang kalian miliki.

6. Menulis

6 Kegiatan Ini Bisa Kamu Lakukan untuk Mengasah Otak Lhounsplash.com/rawpixel

Sebuah penelitian menemukan bahwa ketika 35 mahasiswa baru ditugaskan untuk menulis tentang pemikiran dan perasaan mereka mengenai kehidupan kampus yang akan datang. Para siswa ini menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam memori kerja tujuh minggu kemudian, dibandingkan dengan 36 siswa yang ditugaskan untuk menulis tentang topik sepele .

Para peneliti berteori bahwa dengan mengekspresikan diri melalui tulisan tentang hal-hal yang mengganggu, stres dan kekhawatiran bisa berkurang, memungkinkan lebih banyak ruang dan sumber daya untuk dibebaskan untuk kapasitas memori.

Bagaimana menurut kalian? Keenam hal tadi tidak sulit untuk kita coba kan? Yuk, mulai sekarang kita lakukan banyak kegiatan bermanfaat seperti mengasah otak dengan enam cara di atas!

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Gak Baik untuk Otakmu, Jangan Sampai Kebanyakan!

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You