Comscore Tracker

6 Alasan Kenapa Bersekolah itu Penting bagi Semua Orang

Bekal untuk menjalani hidup di masa depan

Meskipun informasi bisa didapatkan dari mana saja, akan tetapi penting sekali bagi kita untuk tetap menempuh pendidikan secara formal. Setidaknya hingga lulus SMA atau sederajat.

Kalian yang disekolahkan oleh orangtua hingga lulus patut bersyukur. Gak sedikit orang di luaran sana yang tidak bisa bersekolah atau putus di tengah jalan karena terkendala hal tertentu.

Selain itu ada banyak alasan lain kenapa sekolah itu penting. Setidaknya enam hal di bawah ini akan menyadarkanmu betapa pentingnya mengenyam pendidikan secara formal. Yuk, simak sampai habis!

1. Dapat bertemu beragam orang sehingga membuat pola pikir kita semakin berkembang

6 Alasan Kenapa Bersekolah itu Penting bagi Semua Orangilustrasi pelajar bahagia (unsplash.com/javier trueba)

Memang, ada banyak faktor yang bisa memengaruhi pola pikir seseorang, seperti didikan dari orangtua, lingkungan yang menaungi, dan lain sebagainya. Akan tetapi, peran sekolah sebenarnya juga cukup penting untuk perkembangan pola pikir kita, lho.

Lewat berbagai program yang ada di sekolah, setidaknya kita diajak untuk berpikiran lebih terbuka dan menerima banyak sudut pandang berbeda dari setiap orang. Tentunya, pola pikir akan berkembang seiring meningkatnya jenjang pendidikan yang kita tempuh.

Maka dari itu, kita sangat disarankan untuk menuntut ilmu hingga ke tingkat yang lebih tinggi. Masih banyak sekali manfaat yang bisa kita dapat dari mengenyam pendidikan secara formal.

2. Melatih kemampuan bermasyarakat atau bersosialisasi dengan lingkungan sekitar

6 Alasan Kenapa Bersekolah itu Penting bagi Semua Orangilustrasi pertemanan di sekolah (unsplash.com/Akshar Dave🌻)

Dengan bersekolah secara formal, kemampuan bersosialiasasi kita juga ikut dilatih di sana. Karena pada dasarnya, sekolah merupakan simulasi dari kehidupan bermasyarakat sesungguhnya, hanya saja dalam bentuk skala yang lebih kecil.

Seperti yang diketahui, di dalam sekolah tidak hanya ada warga sekolah yang terdiri dari murid atau guru saja, akan tetapi ada pula organisasi serta struktur penting yang mengatur jalannya pendidikan di sekolah formal.

Lewat sekolah, kita diajarkan banyak hal yang terkait dengan kehidupan sosial, seperti cara menjalin pertemanan, bekerja sama di organisasi tingkat kelas atau sekolah, meningkatkan kepercayaan diri, dan masih banyak lagi.

3. Melatih diri untuk disiplin dan taat aturan

6 Alasan Kenapa Bersekolah itu Penting bagi Semua Orangilustrasi suasana kelas (pexels.com/Max Fischer)

Tidak sebatas teori dalam buku saja. Melalui sekolah, kita diajarkan tentang bagaimana bentuk nyata dari norma-norma yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh sederhananya, yaitu aturan berseragam. Aturan tersebut tidak hanya berfungsi untuk menyelaraskan kita dengan teman yang latar belakangnya berbeda-beda, akan tetapi melatih kedisplinan kita juga untuk bisa berseragam lengkap sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Selain itu, kita juga belajar norma kesopanan seperti caranya menghormati guru dan teman sekolah. Gak lupa juga, kita juga diwajibkan untuk ikut kerja sama dalam program kerja bakti maupun melaksanakan piket kelas bersama karena pada dasarnya, kita memang perlu bekerja sama dalam menjalani kehidupan sosial ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Pendidikan yang Tinggi Bisa Mengubah Kehidupanmu

4. Bisa menjadi tempat untuk mengembangkan minat kita

6 Alasan Kenapa Bersekolah itu Penting bagi Semua Orangilustrasi ekskul basket (pexels.com/Pixabay)

Terbatasnya fasilitas di rumah tentu membuat kita jadi sulit mengembangkan bakat maupun minat kita. Makanya, penting sekali bagi kita untuk mengenyam pendidikan di sekolah formal. 

Berbagai program ekstrakurikuler serta fasilitas yang ada di sekolah, tentu bisa membantu kita mengembangkan passion yang kita punya. Selain itu, kita juga akan jadi lebih bersemangat, karena pastinya bakal lebih mudah bertemu teman yang minatnya sama dengan kita.

5. Penting sebagai modal dasar untuk bekerja

6 Alasan Kenapa Bersekolah itu Penting bagi Semua Orangilustrasi pegawai kerja (unsplash.com/ThisisEngineering RAEng)

Tanpa perlu munafik, di negeri kita ijazah masih menjadi salah satu persyaratan penting sebagai modal awal untuk bisa diterima menjadi karyawan di sebuah perusahaan. Karena melalui ijazah, setidaknya dapat dilakukan beberapa asesmen atau penilaian. Semisal, dari segi IPK atau nilai mata pelajaran. Kalau rendah, maka hal tersebut bisa menjadi salah satu indikator bahwa orang tersebut tidak kompeten atau tidak serius menjalani pendidikannya.

Contoh lain dari pentingnya ijazah, selain sebagai bukti bahwa seseorang pernah mengenyam pendidikan, adalah merupakan syarat khusus untuk bekerja di bidang tertentu. Kita ambil contoh seorang ahli kelistrikan. Meskipun tenaga kerja bisa diambil dari mana saja, akan tetapi mereka yang pernah mengambil kursus untuk mendapatkan keahlian spesifik seperti ahli kelistrikan tadi, tentu bakal lebih berpeluang untuk diterima bekerja daripada mereka yang tidak.

6. Mendapat beragam ilmu

6 Alasan Kenapa Bersekolah itu Penting bagi Semua Orangilustrasi pelajar bahagia (unsplash.com/Jeswin Thomas)

Tujuan paling utama dari bersekolah tentunya adalah agar kita bisa mendapatkan ilmu. Alasan kenapa kita diajarkan banyak hal semasa sekolah adalah agar hal itu bisa menjadi senjata kita ke depannya.

Melalui ilmu agama, kita diajarkan untuk menjadi pribadi yang baik berdasarkan keyakinan masing-masing. Lewat disiplin ilmu lain seperti matematika, bahasa, seni, dan berbagai disiplin ilmu lainnya, kita diajarkan berbagai hal menarik di dunia ini.

Itu semua diajarkan tentu karena ada alasan tersendiri di baliknya. Tugas kita hanyalah belajar dengan tekun agar nantinya bisa beradaptasi dengan keadaan dunia yang terus berkembang.

Bersekolah pada dasarnya penting bagi semua orang seperti penjelasan pada ulasan di atas. Maka dari itu, bila ada kesempatan, jangan ragu untuk meneruskan pendidikanmu ke jenjang yang lebih tinggi, ya!

Baca Juga: 6 Cara Agar Bisa Tetap Belajar Meski Sudah Tak Lagi Bersekolah

Hay Lee Photo Verified Writer Hay Lee

Nulis karena bingung mau ngapain lagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya