Comscore Tracker

Ini Dia Pertanyaan Interview Masuk Fakultas Kedokteran Terbaik Dunia

Kamu sudah siap?

Seleksi masuk fakultas kedokteran merupakan salah satu seleksi tersulit yang diadakan di berbagai lembaga pendidikan tinggi. Rasio antara pendaftar dan mahasiswa yang diterima juga sangat rendah. Jadi, sangat penting untuk segera menyiapkan diri untuk mengikuti seleksi masuk fakultas kedokteran, apalagi jika fakultas kedokteran yang dituju merupakan kampus kelas dunia.

Selain tes tertulis, calon mahasiswa juga akan mengikuti tahap interview atau mini interview untuk fakultas kedokteran. Banyak mahasiswa yang gagal menghadapi tes ini. Tapi jangan khawatir, kamu bisa persiapkan diri lebih matang dengan sering berlatih menjawab pertanyaan interview fakultas kedokteran.

Langsung saja, berikut pertanyaan yang sering ditanyakan pada tahap interview fakultas kedokteran terbaik dunia.

1. Oxford University

https://www.youtube.com/embed/P6kxTbL8pr4

Fakultas Kedokteran Oxford University merupakan kampus kedokteran terbaik di dunia versi Times Higher Education (THE) 2020. Kampus ini sangat menekankan pentingnya kualitas pendidikan bagi para calon dokter. Jadi tidak heran bila sangat sulit untuk lolos seleksi masuk fakultas kedokteran Oxford.

  1. Urutkan negara-negara berikut ini berdasarkan angka kematian kasar (kematian per seribu populasi): Bangladesh, Jepang, Afrika Selatan, dan Inggris
  2. Virus yang menginfeksi kita sepenuhnya bergantung pada sel manusia untuk reproduksi mereka; apakah ada hal yang mengejutkan karena virus menyebabkan penyakit pada manusia?

Sebagian besar, wawancara adalah tentang melihat seberapa baik kamu dapat memikirkan sesuatu, bukan seberapa banyak kamu sudah tahu. Jadi, jangan ragu untuk meminta klarifikasi jika kamu tidak terbiasa dengan istilah teknis tertentu atau jika pertanyaan yang diajukan tampaknya tidak jelas atau membingungkan.

2. University of British Columbia

https://www.youtube.com/embed/ERmxBeaLh_Y

Kampus kedokteran University of British Columbia terletak di Canada. Lokasi kampus mencakup 4 Kampus Akademik Universitas, 11 Kampus Akademik Klinis, 17 Pusat Regional Afiliasi, dan 65+ Fasilitas Pendidikan Masyarakat / Situs Pedesaan dan Terdistribusi Jarak Jauh.

Dengan berbagai fasilitas ini, mahasiswa dituntut untuk benar-benar memahami dunia kedokteran, sehingga wajar jika kamu cukup merasa tertekan saat melakukan wawancara.

  1. Seorang pasien yang mengidap Downs Syndrome sedang berada pada masa kehamilan dan pasien tidak ingin melakukan aborsi. Sementara Ibu pasien dan Suami pasien menginginkan agar pasien melakukan aborsi. Apa yang seharusnya dilakukan seorang dokter dalam situasi ini?
  2. Keponakan Anda yang berusia lima tahun bertanya kepada Anda, "mengapa langit berwarna biru?" Bagaimana Anda menjawabnya dengan menggunakan eksperimen ilmiah sederhana?
  3. Seorang anak laki-laki berusia dua belas tahun didiagnosis dengan terminal illness. Dia bertanya kepada dokter tentang prognosisnya. Orangtuanya meminta kepada dokter untuk tidak memberitahukan hal buruk kepada anaknya. Apa yang seharusnya dilakukan dokter pada situasi ini?
  4. Seorang anggota keluarga Anda lebih memilih pengobatan alternatif untuk menyembuhkan penyakitnya yang serius. Apa yang akan Anda lakukan?
  5. Seorang anak berusia empat belas tahun meminta pil pengendali kehamilan kepada Anda dan meminta Anda untuk tidak menceritakan hal ini kepada orangtuanya. Apa yang akan Anda lakukan?

Baca Juga: 8 Fakultas Kedokteran Terbaik Global Versi Times Higher Education 2020

3. Dartmouth College

https://www.youtube.com/embed/IAVtqtst-Qs

Dartmouth College memiliki fakultas kedokteran yang diberi nama Geisel School of Medicine. Fakultas kedokteran ini menerapkan kurikulum mutakhir dan lintas disiplin dalam rumpun ilmu medis. Lokasi utama kampus ini berada di Amerika Serikat yang merupakan salah satu negara yang sangat mengikuti tren perkembangan dunia kedokteran.

Nah, kalau kamu mau kuliah di fakultas ini, cobain dulu jawab pertanyaan di bawah ini:

Dokter Blair memberi rekomendasi kepada pasiennya untuk menjalani pengobatan homeopati. Tidak ada pembuktian ilmiah atau teori yang diterima secara luas tentang kinerja obat-obatan homeopati.

Dokter Blair merekomendasikan obat-obatan ini kepada orang dengan gejala ringan dan tidak spesifik seperti kelelahan, sakit kepala, dan sakit otot. Dokter Blair beranggapan bahwa hal tersebut tidak membahayakan pasien dan akan memberi kepastian bagi pasien.

  1. Apa yang salah dengan perawatan dokter Blair terhadap pasiennya? Kenapa hal tersebut salah?
  2. Menurut Anda mengapa dokter Blair melakukannya?
  3. Bisakah Anda melihat keadaan di mana merekomendasikan plasebo mungkin tindakan yang tepat?
  4. Apa perbedaan antara tindakan (poin 3) dan praktik dokter Blair?
  5. Tindakan apa yang akan Anda ambil terhadap dokter Blair?

4. Ottawa University

https://www.youtube.com/embed/eykyJuIzVd4

Ottawa University memiliki fakultas kedokteran terbaik di Kanada. Meskipun fakultas kedokteran terletak terpisah dari kampus utama, tetapi kualitas fakultas kedokterannya sangat tidak diragukan lagi.

Untuk bisa masuk fakultas kedokteran ini, setidaknya kamu akan dihadapkan dengan  pertanyaan seperti di bawah ini:

Seorang ahli bedah melihat seorang pasien yang memiliki masalah jantung karena penyalahgunaan narkoba yang berat. Dokter melakukan perawatan terhadap pasien dan satu minggu kemudian pasien kembali dengan masalah yang sama.

Dokter menduga pasien menyalahgunakan narkoba lagi. Di tengah perawatan, pasien mengatakan harus pergi karena masalah pribadi. Dokter bedah berkata, "Jika pasien kembali, saya tidak akan merawatanya." Masalah apa yang Anda lihat dalam situasi ini?

5. Columbia University

https://www.youtube.com/embed/qruAJnngZYw

Program pendidikan yang ditawarkan di Columbia University Irving Medical Center dikenal karena kualitas, inovasi, dan kekakuan akademis mereka, serta keunggulan yang tidak tertandingi dengan reputasi internasional.

Ada beberapa program yang disediakan kampus ini, seperti Sekolah Tinggi Dokter dan Ahli Bedah Vagelos, Sekolah Tinggi Kedokteran Gigi, Mailman School of Public Health, Sekolah Keperawatan, dan Program PhD dalam Ilmu Biomedis.

Pertanyaan ini yang bakal kamu hadapi jika ingin bergabung di kampus ini:

  1. Anda adalah seorang dokter yang telah menyelesaikan pekerjaan hari ini dan memutuskan untuk melepas penat pertama kalinya dalam beberapa bulan. Anda telah berjanji untuk bertemu keluarga Anda untuk makan malam. Anda tiba-tiba menerima panggilan telepon dari Ny. Greene, seorang pasien berusia 87 tahun yang telah lama berada di panti jompo dan berharap agar Anda merawat kondisinya yang sudah tua. Dia telah menjadi pasien Anda selama 15 tahun dan menolak menemui dokter lain. Masalah apa yang terlibat? Bagaimana Anda mendekati situasi ini? Apa yang akhirnya Anda putuskan akan lakukan?
  2. Seorang pria telah bertanggung jawab untuk merawat istrinya yang telah berada dalam kondisi vegetatif selama 6 tahun setelah kecelakaan mobil. Pasien bisa bernafas sendiri, tetapi sejauh itulah kemampuannya. Tetapi kemudian pasien meminta Anda agar selang makanannya dicabut. Sebagai dokternya, apa yang harus Anda lakukan? Mengapa?

6. Royal College of Surgeons Ireland (RCSI)

https://www.youtube.com/embed/E81gsTHDruI

Fakultas Kedokteran RCSI berkomitmen untuk penelitian klinis yang berpusat pada pasien dan teruji melalui penelitian kelas dunia dalam kegiatan akademik.

Nah, untuk bergabung di fakultas ini setidaknya kamu harus paham dengan baik isu-isu yang berkembang dalam dunia kesehatan. Sebab, banyak sekali pertanyaan yang diajukan interviewer mencakup aspek luas bidang kesehatan, tidak sebatas dunia kedokteran saja.

  1. Bagaimana Anda melihat sistem perawatan kesehatan di Inggris selama dua puluh tahun?
  2. Jika Anda memiliki satu miliar poundsterling untuk dibelanjakan pada satu elemen kesehatan, apakah itu dan mengapa?
  3. Intervensi perawatan kesehatan apa yang paling mengubah kesehatan populasi Inggris?
  4. Apakah Anda akan meresepkan pil kontrasepsi oral kepada seorang gadis berusia 14 tahun yang berhubungan seks dengan pacarnya?
  5. Apa pendapat Anda tentang aborsi / eutanasia dll?
  6. Apakah Anda membaca publikasi medis?
  7. Ceritakan tentang kemajuan medis dan masalah yang telah Anda dengar baru-baru ini.
  8. Apa perbedaan antara perawatan primer dan perawatan sekunder?

7. Queen's University Belfast

https://www.youtube.com/embed/77w6O2t5pSs

Fakultas Kedokteran Queen's University Belfast merupakan salah satu kampus terbaik di Inggris. Program studi yang disediakan juga cukup beragam dan memiliki kurikulum yang telah berstandar internasional.

Nah pertanyaan yang paling sering ditanyakan interviewer saat melakukan wawancara adalah terkait etika profesi dan manajemen kepribadian.

  1. Anda diminta untuk berasumsi bahwa Anda adalah mahasiswa kedokteran tahun pertama dan bahwa dalam perjalanan pulang dari kelas Anda melewati halte bus. Di halte, seorang teman kelas duduk di sana, tampak murung, jelas-jelas kesal. Anda tidak tahu namanya. Tunjukkan bagaimana Anda akan mendekati situasi ini. Teman sekelas Anda akan menunggu di halte bus ketika Anda memasuki stasiun.
  2. Anda diminta untuk menganggap Anda adalah mahasiswa kedokteran tahun pertama yang tinggal di rumah siswa dengan siswa lain yang terdaftar dalam berbagai kursus. Para tetangga mengeluh tentang kebisingan yang datang dari rumah Anda. Pilihan apa yang Anda miliki untuk menghadapi situasi ini?
  3. Ibu Anda menelepon Anda dan meminta Anda untuk datang dan membantu masalah keputusan keluarga utama. Kakek Anda yang berusia 70 tahun telah didiagnosis dengan kondisi yang akan membunuhnya dalam lima tahun ke depan. Ada sebuah prosedur yang dapat memulihkan penyakit ini dan tidak memiliki dampak jangka panjang, tetapi prosedur ini memiliki tingkat kematian 10%. Kakek Anda ingin mengambil prosedur itu tetapi ibu Anda tidak mendukungnya. Bagaimana Anda membantu memediasi masalah ini?

8. Harvard University

https://www.youtube.com/embed/4L9JRY8n9UA

Sebagai salah satu fakultas kedokteran terbaik di dunia, Harvard memiliki standar yang harus dipenuhi oleh para calon mahasiswanya, terlebih lagi jika jurusan yang diinginkan berada pada bidang kedokteran.

Sebagai calon mahasiswa kedokteran Harvard kamu harus mampu menjawab pertanyaan interviewer dengan percaya diri. Nah, untuk persiapannya kamu bisa berlatih dengan beberapa contoh pertanyaan di bawah ini.

  1. Apa yang membuat Anda tertarik dengan bidang kedokteran?
  2. Apa situasi yang paling membuat Anda tertekan? Bagaimana Anda mengatasinya?
  3. Apa tantangan terbesar yang dihadapi dunia kedokteran saat ini?
  4. Bagaimana Anda membayangkan keseimbangan riset dan praktik kerja klinis di masa mendatang?
  5. Mengapa Anda memilih kedokteran di antara berbagai pilihan karir di bidang kesehatan?
  6. Apa bidang kedokteran yang paling menarik bagi Anda?
  7. Apa Anda berpikir bahwa Anda akan mengalami kesulitan saat menjalani kuliah di fakultas kedokteran?
  8. Bagaimana Anda melihat bidang kedokteran berubah dalam sepuluh tahun ke depan? Bagaimana Anda melihat diri Anda cocok dengan perubahan itu?
  9. Apa satu hal yang akan Anda ubah tentang sistem perawatan kesehatan di Amerika?
  10. Apa pendapat Anda tentang tentang tingginya biaya perawatan kesehatan?
  11. Bagaimana reaksi Anda jika seorang kolega Anda menyembunyikan kesalahan medis yang mereka rahasiakan dari seorang pasien?
  12. Apa yang akan Anda lakukan jika seorang anak berusia 15 tahun datang ke klinik Anda dan menginginkan aborsi?
  13. Apa yang akan Anda lakukan jika Anda melihat seorang pasien di ruang gawat darurat dan ia ingin pergi melawan nasihat medis?
  14. Apa pendapat Anda tentang bunuh diri yang dibantu dokter? 

Bagaimana pertanyaannya? Kalau masih sulit untuk menjawabnya, berarti kamu harus lebih sering lagi berlatih dan belajar. Kalau perlu konsultasikan masalah ini dengan dokter yang telah melakukan praktik. Semangat!

Baca Juga: 13 Program Studi S1 Kedokteran Gigi Terbaik di Indonesia Tahun 2019

Satria Muhammad Nur Lase Photo Writer Satria Muhammad Nur Lase

Selamat datang!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya