Comscore Tracker

Pindah ke Mars? Ini 6 Buku Terbaik tentang Hidup di Luar Angkasa 

Ada buku fiksi dan nonfiksi yang membahasnya

Impian untuk bisa tinggal di planet lain sampai saat ini terus digaungkan, apalagi kehidupan di bumi sendiri sudah tidak menjanjikan untuk masa depan dengan banyaknya kerusakan lingkungan. Bagi yang tertarik pergi ke luar angkasa, bahkan tinggal di sana, kamu bisa membaca beberapa buku berikut.

1. The Mercury 13

Pindah ke Mars? Ini 6 Buku Terbaik tentang Hidup di Luar Angkasa amazon.com

The Mercury 13 merupakan buku yang menceritakan tentang kisah perempuan Nasa yang dilatih sebagai bagian dari program Mercury pada 1960-an. Dari kisah nyata, diceritakan pula bagaimana Presiden Amerika Serikat Lyndon Johnson menolak mereka untuk terbang.

The Mercury 13: The Untold Story of Thirteen American Women and the Dream of Space Flight ditulis oleh Martha Ackmann dan rilis pada 2003. Martha merupakan seorang jurnalis dan penulis.

2. To Space and Back

Pindah ke Mars? Ini 6 Buku Terbaik tentang Hidup di Luar Angkasa omsi.edu

To Space and Back oleh Sally Ride dan Susan Okie menceritakan pengalaman dari sang penulis. Sally Ride merupakan perempuan pertama Amerika yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Buku ini bercerita tentang bagaimana menjadi seorang anggota astronaut. Sally pertama kali terbang ke luar angkasa dengan pesawat ulang alik Challenger pada 18 Juni 1983.

3. The Martian

Pindah ke Mars? Ini 6 Buku Terbaik tentang Hidup di Luar Angkasa starcasm.net

The Martian menjadi novel yang kemudian sukses diangkat menjadi film layar lebar. Bukunya sendiri ditulis oleh Andy Weir yang dipublikasikan pada 2011. Novel fiksi ilmiah ini berkisah tentang astronaut Amerika bernama Mark Watney. Ia terdampar sendirian di Mars pada 2035 dan mencoba untuk bertahan hidup.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Manusia Lebih Mudah Hidup di Bulan daripada di Mars

4. The Case for Mars

Pindah ke Mars? Ini 6 Buku Terbaik tentang Hidup di Luar Angkasa bookscomefirst.com

The Case for Mars merupakan buku nonfiksi bertema sains karya Robert Zubrin yang dipublikasikan pada 1996. Buku ini memberikan penjelasan detail rencana Zubrin dalam proposal untuk membuat manusia pertama mendarat di Mars.

Rencana tersebut fokus pada membuat biaya turun dengan sistem otomatis dan material yang tersedia di Mars agar bisa mengisi bahan bakar untuk kembali. Buku ini juga menjelaskan kemungkinan desain koloni di Mars.

5. The High Frontier

Pindah ke Mars? Ini 6 Buku Terbaik tentang Hidup di Luar Angkasa abebooks.com

The High Frontier: Human Colonies in Space merupakan buku yang ditulis Gerard K. O’Neill pada 1976. Buku ini berupa road map apa yang mungkin dilakukan Amerika Serikat di luar angkasa setelah program Apollo dan dorongan mendaratkan manusia di bulan. Penulis buku ini merupakan anggota dari Departemen Fisika di Princeton University.

6. From the Earth to the Moon

Pindah ke Mars? Ini 6 Buku Terbaik tentang Hidup di Luar Angkasa amazon.com

Sebelum manusia benar-benar pergi ke bulan, Jules Verne sudah menulis novel berjudul From the Earth to the Moon pada 1867. Novel ini berkisah tentang Baltimore Gun Club, kelompok pencinta senjata yang mencoba untuk membangun columbiad space gun.

Columbiad space gun ini dibangun untuk meluncurkan tiga orang ke bulan, yaitu presiden klub, rival pembuat senjata, dan seorang penyair Prancis.

Ada banyak buku lainnya yang juga membahas tentang pergi ke luar angkasa. Saat ini, buku-buku tersebut dijual di situs daring baik versi cetak ataupun ebook. From the Earth to the Moon bahkan bisa diunduh dan dibaca secara gratis.

Baca Juga: Kapan Manusia Dapat Tinggal di Mars? Ini 5 Penjelasan Ilmiahnya

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya