Comscore Tracker

10 Desember Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, Anniversary yang ke-75 

Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia!

Hak Asasi Manusia merupakan hal yang penting dalam kehidupan bermasyarakat. Hak Asasi Manusia berarti setiap orang berhak untuk diperlakukan secara sama dan tidak didiskriminasi. Berangkat dari hal tersebut, Hak Asasi Manusia juga memiliki peringatannya tersendiri yaitu pada tanggal 10 Desember.

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia dirayakan agar setiap orang mengambil aksi untuk mengakhiri diskriminasi dalam berbagai bentuk, kapan pun dan di mana pun hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, kita harus menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia.

Baca Juga: Hak Asasi Manusia: Pengertian, Ciri-Ciri, hingga Jenisnya

Sejarah Hari Hak Asasi Manusia Sedunia

10 Desember Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, Anniversary yang ke-75 ilustrasi demo tentang black lives matter (pexels.com/shane aldendorff)

Peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia dilatarbelakangi pada 10 Desember 1948 Majelis Umum PBB mengadopsi Universal Declaration of Human Rights. Melansir un.org, Deklarasi ini menetapkan berbagai hak dan kebebasan mendasar yang menjadi hak semua orang. Hak ini menjamin setiap individu di mana pun tanpa adanya perbedaan baik dari kewarganegaraan, tempat tinggal, jenis kelamin, kebangsaan atau etnis, agama, bahasa, maupun status lainnya.

Majelis juga memproklamasikan bahwa Universal Declaration of Human Rights sebagai standar umum pencapaian untuk semua bangsa yang harus diusahakan oleh individu dan masyarakat secara nasional maupun internasional. Oleh karena itu, penting untuk memaknai Hak Asasi Manusia pada kehidupan sehari-hari.

Hari Hak Asasi Manusia Sedunia mulai dirayakan secara resmi pada tahun 1950 setelah Majelis Umum PBB mengeluarkan resolusi 423 (V) yang mengundang semua negara dan organisasi untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia Sedunia setiap tanggal 10 Desember. Sesama manusia, kita harus mengambil tindakan untuk membela hak diri kita sendiri maupun hak orang lain.

Tema Hari Hak Asasi Sedunia Tahun 2022

10 Desember Hari Hak Asasi Manusia Sedunia, Anniversary yang ke-75 Markus Spiske on Unsplash" target="_blank">ilustrasi hak asasi manusia (unsplash.com/Markus Spiske)

Setiap tahunnya, perayaan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia memiliki temanya tersendiri. Melansir twinkl.co.id, contohnya adalah pada tahun 2021 memiliki tema Equality: Reducing inequalities, advancing human rights. 

Tema untuk Hari Hak Asasi Manusia Sedunia 2022 adalah “Peringatan 75 Tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia” atau dalam bahasa Inggris “the 75th Anniversary of the universal Declaration of Human Rights”. Tema ini diangkat karena pada tahun 2022 tepat 75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia dilakukan.

Demikian informasi mengenai Hari Hak Asasi Manusia Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 10 Desember. Setiap individu memiliki hak untuk memperjuangkan dirinya dari diskriminasi yang menimpanya. Setiap orang harus diperlakukan secara setara dan dengan hormat. Selamat Hari Hak Asasi Manusia Sedunia!

Baca Juga: Hari Hak Asasi Manusia 10 Desember, 5 Kasus HAM Ini Tak Kunjung Tuntas

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Rizna Hidayah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya