Comscore Tracker

Menelusuri Benua Terluas di Bumi, Asia

Banyak fakta menarik lho

Benua adalah dataran luas yang dikelilingi oleh lautan. Saat ini, terdapat tujuh benua yang ada di permukaan bumi dan masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Menurut KBBI, benua adalah bagian bumi berupa tanah atau daratan yang sangat luas, yang mengakibatkan bagian tengah benua tidak terpengaruh pada angin laut. Beberapa benua yang ada di bumi, yaitu Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia.

Dalam Guiness Book World Record, benua Asia merupakan benua paling luas di bumi dengan 17.2 juta mil persegi. Benua ini memiliki garis pantai terpanjang dibandingkan benua lainnya. Saking luasnya, seperempat wilayah daratan di dunia merupakan benua Asia.

Baca Juga: 5 Negara Paling Pelit di Dunia, Kebanyakan dari Asia

Fakta-fakta menarik mengenai Benua Asia

Menelusuri Benua Terluas di Bumi, AsiaBorobudur (Pexels.com/Adrian Campillos)

Berikut fakta-fakta mengenai benua Asia yang perlu kamu ketahui!

  • Benua Asia merupakan benua dengan penghasil minyak bumi terbesar, yaitu di negara Arab Saudi.
  • Benua Asia juga memiliki salah satu laut terluas di dunia, yaitu Laut Natuna Utara.
  • Terdapat banyak bangunan bersejarah yang termasuk ke dalam tujuh keajaiban dunia, di antaranya adalah Candi Borobudur di Indonesia, Ka’bah di Saudi Arabia, Taj Mahal di India, dan Tembok Raksasa di China.
  • Terdapat beberapa pegunungan tertinggi di dunia yang meliputi Pegunungan Himalaya, Gunung Everest, dan dataran tinggi Tibet. Selain itu, terdapat puncak tertinggi yaitu di Gunung Everest yang memiliki ketinggian sekitar 8.848 M di atas permukaan laut.
  • Terdapat beberapa negara yang memiliki jumlah penduduk yang besar seperti, Jepang, India, Indonesia, Tiongkok, Pakistan, dan Bangladesh.

Fakta menarik mana yang kamu sukai? Tuliskan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Fakta-fakta tentang Gili Trawangan, Masih Bebas dari Polusi Kendaraan

Topic:

  • Seo Intern IDN Times
  • Febriyanti Revitasari
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya