Comscore Tracker

Kaidah Kebahasaan: Definisi dan Contohnya dalam Teks

Ini pedoman dalam merangkai unsur-unsur dalam suatu bahasa

Sejak di bangku sekolah, kita telah diajarkan bahwa dalam membuat teks ataupun naskah, tentu harus paham terlebih dahulu tentang kaidah kebahasaannya. Hal ini diperlukan agar isi dari teks atau naskah tersebut jelas dan mudah dipahami oleh para pembaca.

Namun, masih ingatkah kamu definisi dari kaidah kebahasaan? Berikut ini penjelasan dari kaidah kebahasaan beserta contohnya dalam teks. Check this out!

1. Definisi kaidah kebahasaan

Kaidah Kebahasaan: Definisi dan Contohnya dalam Teksilustrasi membaca (pexels.com/minan1398)

Dalam kehidupan bermasyarakat, bahasa menjadi bagian terpenting agar di dalamnya terjadi komunikasi atau hubungan antara anggota kelompok itu. Itulah sebabnya pembelajaran dalam bahasa Indonesia di sekolah pun mengupayakan tata aturan penggunaan bahasa.

Pembelajaran bahasa yang selama ini dilangsungkan pun bukan tentang bahasanya saja, tapi lebih diarahkan pada pemahaman terhadap kaidah-kaidah kebahasaan yang berlaku. Kaidah kebahasaan bisa diartikan sebagai pedoman dalam merangkai unsur-unsur dalam suatu bahasa.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kaidah dimaknai sebagai pedoman, aturan, peraturan, patokan, atau pegangan. Sedangkan kebahasaan merupakan unsur-unsur yang terdapat dalam suatu bahasa, baik lisan maupun tulisan.

Menurut Taufiqur Rahman dan ‎Hamidulloh Ibda dalam buku berjudul "Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan", kaidah kebahasaan merupakan aturan-aturan mendasar yang menjadi standar untuk digunakan dalam pemahaman bahasa. Dalam suatu teks ataupun naskah, kaidah kebahasaan juga bisa dipakai sebagai ciri-ciri atau karakteristik yang akan membedakan teks atau naskah tersebut dengan jenis yang lainnya. 

Nah, apabila disimpulkan, kaidah kebahasaan adalah aturan yang menjadi hukum dalam penggunaan suatu bahasa untuk membentuk tata bahasa yang baik. Atau sederhananya, kaidah kebahasaan merupakan sejumlah aturan yang dijadikan sebagai pedoman dalam suatu bahasa, termasuk dalam pembuatan suatu teks atau naskah.

Baca Juga: 7 Kategori Frasa dalam Kaidah Linguistik Bahasa Indonesia

2. Contoh kaidah kebahasaan

Kaidah Kebahasaan: Definisi dan Contohnya dalam Teksilustrasi mengetik (pexels.com/Vlada Karpovich)

Setiap teks ataupun naskah tentu saja memiliki kaidah kebahasaan yang berbeda. Ini karena kaidah kebahasaan merupakan ciri-ciri yang menunjukkan jenis teks tersebut. Misalnya, pada kaidah kebahasaan teks eksplanasi dan teks laporan.

Keduanya memang hampir memiliki kaidah kebahasaan yang sama, lho. Tapi penggunaan konjungsi atau kata hubung pada kedua teks tersebut jelas berbeda. Mengutip lewat buku "Pengembangan Bahan Ajar", berikut beberapa contoh kaidah kebahasaan yang umumnya terdapat pada teks.

  • Penggunaan bahasa bersifat standar (baku).
  • Penggunaan konjungsi.
  • Penggunaan kata kerja.
  • Penggunaan fungsi keterangan waktu dan tempat yang mencakup unsur kapan dan di mana.
  • Penggunaan kata benda.
  • Penggunaan kata ganti orang.
  • Penggunaan kata umum dan kata khusus.
  • Penggunaan majas.
  • Penggunaan sinonim dan antonim.

Dengan penjelasan tentang kaidah kebahasaan serta contohnya dalam teks, tentu kamu pastinya telah semakin paham tentang aturan atau pedoman dalam penulisan teks atau naskah ini. Semoga semakin menambah wawasanmu tentang penggunaan bahasa, ya!

Baca Juga: Hangeul 101: Catat Ya, 9 Kaidah Perubahan Pelafalan dalam Bahasa Korea

Topic:

  • Bella Manoban
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya