Comscore Tracker

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafat

Perbanyak ilmu, kurangi ketidaktahuan

"Jangan belajar filsafat, nanti jadi ateis lho."

Stereotype itu adalah buah pemikiran orang-orang awam. Sekarang zaman sudah maju, peradaban sudah modern, buang jauh-jauh pemikiran seperti itu!

Filsafat adalah hal yang penting dalam kehidupan, mampu menjawab segala pertanyaan dengan metode berpikir yang logis dan tidak terikat norma dan dogma.

Untuk kamu yang belum, atau bahkan tidak mau belajar filsafat, segeralah berpikir dua kali! Dibawah ini ada 9 alasan, kenapa kamu harus belajar filsafat.

1. Menjadi seorang yang kritis

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafatasiaone.com

Dengan belajar filsafat, kamu bisa memiliki pemikiran yang kritis. Filsafat akan membentuk pemikiran diplomatis, yang bisa menjadikan kamu peka terhadap lingkungan sekitar, dan juga bertindak anti-apatis.

2. Mampu berpikir secara rasional dan logis

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafatedutopia.org

Disamping itu, filsafat juga bisa membentuk kamu menjadi seorang pemikir yang logis dan rasional. Dengan metode berpikir seperti ini, kamu bisa mengatasi masalah-masalah dalam kehidupan dengan baik.

3. Berpikir independen

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafatinfo.shine.com

Pemikiran independen adalah hasil berpikir secara pragmatis dan terbuka. Kamu juga berusaha mengambil jalan tengah agar tidak ada pihak-pihak yang dirugikan. Memang, berpikir secara konvensional akan membuat hidup kamu menjadi sistematis, tapi berpikir secara independen membuat kamu bisa melangkah lebih jauh. Selain itu, berpikir independen berarti kamu tidak 'hidup' berdasar pemikiran orang lain. 

4. Berpikir secara fleksibel

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafatwww.theodysseyonline.com

Filsafat itu sifatnya dinamis, tidak terbelenggu dalam satu aturan-aturan dan kaidah. Ini akan membuat kamu memiliki fleksibilitas berpikir, memiliki kemauan untuk mencoba hal baru. Tidak harus 'terikat' dengan ide-ide lama, karena kamu bisa menggantinya dengan ide-ide baru yang lebih efektif.

5. Memperluas wawasan

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar FilsafatDramafever

Memiliki wawasan yang luas akan membuat kamu lebih terampil di berbagai bidang. Ingat, peradaban dunia dibangun berdasar dari berbagai macam pemikiran. Di samping itu, kamu akan memahami berbagai macam teori-teori dalam kehidupan, sehingga kamu menjadi sadar, betapa berharganya kehidupan.

6. Mampu menganilis setiap permasalahan

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafatmoversdev.com

Filsafat mengajarkan kita untuk bisa mempertahankan pendapat, serta bisa mengembangkannya secara sehat, menggunakan nalar yang tepat, tidak menggunakan otot dan tidak menggunakan ototritas intervensi.

7. Menjadi seorang yang skeptis

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafatstocksnap

Bukan berarti kamu harus menjadi agnostik atau atheist, namun ini lebih ke arah bagaimana kamu mengamati lingkungan dan situasi sekitar. Menjadi seorang yang skeptis berarti kamu tidak langsung percaya pada suatu peristiwa atau berita, tapi kamu harus bisa menemukan bukti yang kredibel serta valid, agar tidak termakan berita hoax.

8. Memahami bahwa segala sesuatu yang terjadi berdasar sebab-akibat

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafatsheknows.com

Prinsip ini disebut juga kausalitas, bahwa segala sesuatu yang terjadi pasti ada sebab yang mengawalinya.

Ketika kamu ditanya tentang bagaimana sesuatu bisa terjadi, kamu tidak lagi menjawab "Tidak tahu", karena kamu sudah memiliki jawabannya.

9. Menjawab segala pertnyaan tentang kehidupan

Ini 9 Alasan Kenapa Kamu Harus Belajar Filsafatnewscult

Pada dasarnya, Filsafat adalah jawaban dari setiap pertanyaan. 

Mungkin di benak kamu sering terlintas pertanyaan seperti, "Siapa kita?", "Untuk apa kita hidup?", "Apa itu kehidupan?". Kamu bisa menemukan metode dan cara yang tepat, untuk bisa memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Tunggu apalagi? Ayo belajar Filsafat!

Setia Galuh Santoso Photo Community Writer Setia Galuh Santoso

Design student, freelance writer, NBA and football fans, philosophy enthusiast.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You