Comscore Tracker

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBI

Hayo, apa itu kata numeralia?     

Numeralia diartikan sebagai kata bilangan atau menyatakan kuantitas. Sebut saja seperti kesatu, berbagai, puluhan, jutaan, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Namun, beberapa kata numeralia ini jarang digunakan mungkin karena kurang populer, tetapi ada juga loh yang sudah dikenal luas. Jadi, penasaran ‘kan? Yuk, mari kita ulas satu persatu berikut ini.

1. Alaf

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIFreepik/geargodz

Ingin mengucapkan kata seribu maka gunakanlah alaf atau juga bisa disebut dengan masa seribu tahun (milenium). Kamu juga dapat menggunakan kata ceceng yang memiliki arti sama pula dengan alaf.

2. Nopek

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIFreepik/evgeniypavlovski

Kamu pasti sering menggunakan kata gopek untuk mengatakan lima ratus dong. Dan sering juga, memakai kata cepek yang sepadan dengan seratus. Sedangkan, nopek digunakan untuk menyatakan dua ratus, ya.

3. Selangkas

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIPexels/Tom Fisk

Sekali musim berbuah dalam KBBI disebut dengan selangkas. Misalnya seperti buah durian, mangga, dan rambutan. Kata ini juga digunakan dalam sebuah peribahasa, yaitu “selangkas betik berbuah” artinya ialah waktu yang singkat.

4. Basung

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIFreepik/freepik

Jika, kita mengenal selusin berarti jumlahnya 12, maka jika jumlahnya 24 maka disebut basung yang berarti 2 lusin. Basung juga mempunyai arti yang lain seperti akar kayu yang ringan dan daun yang digunakan untuk pembungkus sagu.

5. Sapta pesona

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIinstagram.com/explorebali

Sapta pesona seringkali digaungkan oleh pemerintah untuk mempromosikan pariwisata, tetapi kamu tahu tidak artinya? Yap, sapta pesona ialah tujuh macam usaha pemerintah yang meliputi aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah, dan terkenang untuk menarik wisatawan berkunjung ke Indonesia.

Baca Juga: 5 Kata Kolokasi dalam Bahasa Inggris dengan Awalan Kata 'Get'

6. Setelempap

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIPexels/Daria Shevtsova

Kata ini mempunyai fungsi untuk menyatakan ukuran yang selebar atau seluas telapak tangan. Dikenal juga peribahasa di dalamnya “diberi sejari hendak setelempap” maknanya adalah orang yang sedikit ingin lebih banyak lagi.

7. Sekomeng

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIeatthis.com

Terdengar sangat asing dan aneh bukan kata yang satu ini? Arti dari sekomeng sendiri ialah sedikit sekali. Sekomeng berawal dari kata komeng yaitu kerdil atau kecil sekali.

8. Berlemari-lemari

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIFreepik/pressfoto

Lemari merupakan barang yang terbuat dari kayu biasanya digunakan untuk menyimpan baju dan barang lainnya. Namun, berlemari-lemari mempunyai arti yang lain yaitu bermakna banyak sekali.

9. Laksa

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIFreepik/shisuka

Laksa yang biasa kita kenal merupakan makanan khas Betawi ini, ternyata dalam kata bilangan mengandung arti sepuluh ribu. Wah, betapa perlunya memperbanyak membaca KBBI nih!

10. Seperut

10 Kata Numeralia Ini Jarang Digunakan, Padahal Ada di KBBIPexels/Pixabay

Kalau kata yang satu ini meski terdengar begitu ganjil dan jarang terdengar mempunyai arti sama-sama dari satu perut atau keluarga senenek perempuan.

Itulah, 10 kata numeralia yang jarang digunakan padahal mempunyai kegunaan besar di dalamnya. Yuk, mari kita belajar bersama memperkaya kosa kata bahasa ibu sendiri.

Baca Juga: 5 Hal yang Menambah Efek Positif dari Kata-kata Mutiara, Coba Deh!

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya