Comscore Tracker

Selain Kata "No", Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Ini

Biar terkesan natural 

Seringkali kata “no” digunakan untuk menyatakan ketidaksukaan atau ketidaksetujuan terhadap suatu hal yang terjadi. Namun, banyak orang yang telah salah kaprah dalam menanggapi kata tersebut. Alhasil, menimbulkan percik api perdebatan atau permusuhan di antara kalian berdua.

Daripada memperburuk keadaanmu dengan dia, lebih baik jikalau kamu tidak suka lalu ingin mengungkapkannya dalam bahasa Inggris dapat menggunakan 8 kalimat pengganti ‘no’ berikut ini, ya!

1. I’m so sorry

Selain Kata No, Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Inifreepik.com/freepik

Kalau kalimat ini pastinya kamu sudah khatam. I’m so sorry bermakna mengatakan tidak secara sopan dan mendalam. Pasti teman atau siapa pun itu dapat menerima dengan hati yang lapang kok. Jangan lupa disertai dengan alasan juga ya, di balik kamu menolak permintaan tersebut.

2. That’s not an option

Selain Kata No, Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Inifreepik.com/asier-relampagoestudio

Jika kamu sedang dalam pilihan yang sulit, lalu temanmu menyarankan dan dirasa kurang sreg kamu bisa menolak pendapat dia tanpa melukai hatinya, misalnya dengan menggunakan kalimat seperti ini That’s not an option, or you have a other suggestions?’  yang artinya “itu bukan opsi (pilihan), atau kamu punya saran lain?”.

Tentunya, agar tidak merusak pertemanan kalian.

3. Sadly, I have something else

Selain Kata No, Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Inifreepik.com/freepik

Sedihnya, aku punya sesuatu saran yang lain, itulah maksud dari penggalan kalimat ini. Pasti teman kamu akan cepat mengerti mengapa kamu menolak pendapatnya.

Hindari penggunaan dengan nada tinggi, agar tidak melukai perasaan teman kamu ya! Alangkah lebih indahnya lagi, jika temanmu juga ikutan setuju dengan pendapat yang telah diutarakan.

Baca Juga: 6 Frasa Bahasa Inggris Menggunakan Kata 'Come', Pemula Wajib Tahu!

4. I’d like to, but I know I’ll regret it

Selain Kata No, Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Inifreepik.com/pressfoto

Kalimat ini jikalau mau digunakan adakalanya diiringi dengan nada bercanda ya, karena makna dari kalimat ‘I’d like to, but I know I’ll regret it’ adalah “saya ingin, tetapi saya tahu saya akan menyesalinya.” Untuk menolak suatu pendapat, jangan digunakan kalimat ini dengan nada yang serius, bisa-bisa teman kamu jadi sakit hati, deh.

5. This is not negotiable

Selain Kata No, Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Inifreepik.com/kues1

Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia kalimat ini mempunyai arti “suatu hal yang sudah tidak bisa dinegosiasi atau ditawar lagi.”

Nah, kalau ini mencirikan ketegasan untuk menolak suatu pendapat teman kamu. Kalimat ini juga dapat digunakan agar temanmu itu tidak berharap bahwa asumsinya akan diterima olehmu.

6. That’s not going to work for me

Selain Kata No, Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Inifreepik.com/comzeal

Memang benar kita tidak dapat memaksa kehendak orang lain akan terjadi dalam kehidupan kita. Hal ini sejalan dengan maksud kalimat that’s not going to work for me yang artinya  “mungkin hal ini tidak akan bekerja untuk saya.”

Lebih baik jangan dipaksakan hanya karena untuk menjaga perasaan teman kamu. Sebagai saran, kalimat ini bisa banget dipakai jika kamu tidak ingin menyakiti orang lain dan juga agar hidupmu bebas dari kehendak dia yang menurutmu itu, tidak tepat jika diterapkan.

7. Sounds great, but I cannot to commit

Selain Kata No, Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Inifreepik.com/freepik

Kedengarannya hebat, tetapi aku tidak dapat berkomitmen. Ya, itulah arti dari kalimat sounds great, but I cannot to commit. Cara ini lebih elegan untuk menolak suatu argumen orang lain yang berseberangan dengan prinsip yang kita pegang tanpa menjatuhkan pendapat temanmu itu.

8. Apologies, but I cannot make it

Selain Kata No, Kamu Bisa Gunakan 8 Frasa Bahasa Inggris Inifreepik.com/benzoik

Nah, kalau ini sih lumayan terdengar familiar ya. Ingin menolak ajakan atau permintaan teman secara halus gunakan kalimat ‘Apologies, but I cannot make it’ artinya adalah “maaf, tapi saya tidak bisa.”

Dengan begini, teman kamu akan mengerti mengapa kamu menolak alasannya. Selain itu, jika kamu memaksa menerima pendapatnya tentu akan menjadi suatu hal yang tidak baik, 'kan?

Semua orang punya alasan tersendiri untuk mempertahankan pandangannya dan juga prinsip yang lama sudah dipegang.

Maka dari itu daripada merusak suasana, alangkah lebih baik bukan jika kita menggunakan 8 penggalan kalimat pengganti kata “no” di atas. Yuk, mulai dicoba sekarang!

Baca Juga: 10 Kalimat Bahasa Indonesia yang Susah Diterjemahkan ke Bahasa Inggris

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya