Comscore Tracker

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!

Pahami dahulu kemudian praktikkan, ya!

Masa muda adalah kesempatan terbaik untuk menentukan sekaligus mewujudkan tujuan hidup. Pada artikel kali ini, terdapat beberapa idiom bahasa Inggris yang sarat akan makna teruntuk kalian para kawula muda sebagai petuah agar bijaksana dalam menjalani kehidupan guna meraih masa depan yang gemilang. So, ini dia!

1. Money doesn’t grow on tress

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Pexels/Karolina Grabowska

Maksud dari idiom yang pertama ini ialah berhematlah karena uang sulit diperoleh. Acapkali pada usia yang baru menginjak dewasa suka “membuang-buang” uang, membeli sesuatu yang sebenarnya tidak diperlukan. Jadi, mulai sekarang gunakanlah uangmu seperlunya saja, ya.

Contoh penggunaan: “Spend your money wisely. You know money doesn’t grow on trees.”

2. The sooner the better 

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Pexels/Ketut Subiyanto

Semakin cepat semakin baik itulah maksud dari idiom “the sooner the better”. Menunda-nunda perkerjaan justru akan membuat tugasmu semakin menumpuk. Mungkin kalian berpendapat, berkerja di bawah tekanan adalah suatu hal yang begitu memotivasi untuk segera menyelesaikan perkerjaan tersebut.

Ternyata hal itu tidaklah melulu benar, berkerja di bawah tekanan justru terkadang membuat hasil perkerjaan itu menjadi kurang maksimal.

Contoh penggunaan: “Do it now! The sooner the better.”

3. Have gust

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Unsplash/Sammie Vasquez

Untuk memperoleh kesuksesan yang sangat kamu dambakan, maka kamu harus memiliki keberanian yang besar. Bahkan untuk bermimpi saja kamu tidak berani, lalu apa kabar dengan masa depanmu? Untuk menjemput impian-impianmu, maka terlebih dahulu dimulai dengan memiliki suatu keberanian, merasa tertantang untuk merealisasikan mimpi yang sudah lama terpendam.

Jadi mulai sekarang beranilah untuk bermimpi sebesar ataupun seaneh apa pun itu, fokus pada tujuan, serta konsisten untuk mewujudkannya.

Contoh penggunaan: “That woman has guts although she isn’t quite smart.”

Baca Juga: 10 Idiom Bahasa Inggris yang Menggunakan Kata 'Get', Sering Dengar? 

4. Use it or lose it

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Pexels/Retha Ferguson

Gunakan kemampuan yang ada atau akan hilang itulah maksud dari idiom use it or lose it. Setiap manusia masing-masing dilahirkan mempunyai bakatnya tersendiri, segera sadari dan tekuni bakat yang kamu punya. Percaya deh, bahwa hal tersebut akan semakin mempermudah kamu untuk menggapai kesuksesan.

Contoh penggunaan: “You should remember to use it or lose it.”

5. Mind your language

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Pexels/Christina Morillo

Mind your language mengajarkan kita untuk berbicara dengan sopan. Attitude ini seringkali diabaikan pada era kini, intinya bagaimana kamu bisa dihargai jika ucapanmu saja tidak sopan? Seperti sebuah slogan, “Anda sopan kami segan.”

Contoh penggunaan: “You have to mind your language.”

6. Eat the humble pie

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Pexels/Just Name

Apakah kamu baru saja menerima kenyataan pahit dengan terpaksa? Itulah maksud dari idiom “eat the humble pie.” Idiom ini begitu unik dan sarat makna. Hidup memang tidak melulu berjalan selaras dengan keinginan kita, untuk menghindari kekecewaan yang begitu dalam maka alangkah lebih baiknya untuk tidak berharap kepada siapa pun dan apa pun itu.

Contoh penggunaan: “She has to eat the humble pie after she could not become the leader.”

7. Get it over and done with it

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Pexels/Andrea Piacquadio

Kaum rebahan mana nih suaranya? Idiom “get it over and done with it” mengajarkan kita untuk membereskan perkerjaan dan sudah tidak pusing-pusing lagi memikirkannya. Apakah kamu merupakan tipe seseorang yang senang sekali menunda perkerjaan? Ubahlah sikapmu sekarang juga, sadarilah banyak waktu yang sudah terbuang. Kalau bisa dikerjakan sekarang mengapa harus menunggu hingga besok?

Contoh penggunaan: “Finish off your job and get it over and done with it.”

8. Have broad shoulders

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Unsplash/Christian Erfurt

Masa muda adalah masa yang tepat untuk mencoba segala sesuatu yang sangat kita impikan, untuk itu tak dapat dipisahkan dari yang namanya rasa putus asa dan kecewa. Hanya dengan bersabar dan tegar saat tengah menghadapi suatu masalah yang bisa menguatkan hatimu atas segala kegagalan yang telah terjadi. Itulah, maksud dari idiom “have broad shoulders”.

Contoh penggunaan: “I do believe that you have broad shoulders.”

9. Put all our eggs in one basket

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Pexels/Mridul Pradeep

“Put all our eggs in one basket” merupakan salah satu idiom yang membuat perjuangan hidup kita semakin berwarna. Punya keberanian yang besar, sabar dan tegar dalam menghadapi masalah, ternyata tidaklah cukup kamu butuh satu komponen lagi untuk memperoleh apa yang selama ini kamu inginkan yaitu, mempertaruhkan segala-segalanya. 

Contoh penggunaan : “He has put all his eggs in one basket to be a member of the parliament.”

10. Go to any lengths

Biar Hidupmu Gak Sia-sia, 10 Idiom Ini Bikin Kamu Jadi Orang Bijak!Pexels/Artem Podrez

“Go to any lengths” berarti siap melakukan apa saja. Pada saat perubahan zaman yang cepat seperti sekarang ini, tak menutup kemungkinan kamu harus siap melakukan apa saja, bukan karena nantinya kamu akan dicap ketinggalan zaman. Tetapi kamu harus beralih transisi, beradaptasi pada kehidupan modern. Ibaratnya, seperti peribahasa “zaman beralih musim bertukar” yang maknanya ialah segala sesuatu hendaknya disesuaikan dengan keadaan zaman.

Contoh penggunaan: “He will to go to any lengths to make his wife happy.”

Nah, itu dia 10 idiom yang mengajarkanmu agar hidupmu tidak berjalan begitu saja. So, do it now!

Baca Juga: 10 Idiom Bahasa Inggris dengan Kata 'Make', Apa Arti Make a Scene? 

Shafira Arifah Photo Verified Writer Shafira Arifah

...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya