Comscore Tracker

Mau Banyak Ide buat Menulis? Coba 5 Tips Ampuh Ini

Ide bisa datang sendiri tanpa kita cari

Ide adalah langkah awal yang perlu kita miliki ketika hendak menulis sesuatu, baik itu artikel maupun cerita. Namun, meskipun ide bisa kita dapatkan dari mana saja, beberapa orang kadang kesulitan mencari atau mendapatkan ide. Jika kamu termasuk salah satu di antaranya, yuk cobalah lima tips berikut ini agar ide bukan cuma dicari tapi bisa datang sendiri!

1. Menjadi pengamat yang baik

Mau Banyak Ide buat Menulis? Coba 5 Tips Ampuh Iniilustrasi pengamat yang baik (pixabay.com/sweetlouise)

Agar ide bisa datang sendiri kepada kita adalah dengan menjadi seperti anak-anak. Anak-anak selalu memiliki keingintahuan yang tinggi dan senang mengamati banyak hal. Membiasakan diri mengamati sesuatu akan melahirkan reaksi. Nah, dari reaksi itulah ide bisa datang.

Jadi cobalah mengamati apa saja yang terjadi di sekitarmu atau apa pun yang sedang menimpamu. Banyak sekali karya-karya yang lahir dari hasil pengamatan yang cermat dari seorang penulis, lho! Karena sejatinya penulis adalah seorang pengamat juga.

2. Punya catatan ide

Mau Banyak Ide buat Menulis? Coba 5 Tips Ampuh IniIlustrasi seseorang yang sedang menuliskan ide. (pixabay.com/StartupStockPhotos)

Karena dalam keadaan mengamati pasti banyak hal yang bisa kita dapat, maka kita harus menyimpan ide-ide yang sudah terkumpul. Menyimpan ide bisa kita lakukan dengan cara menuliskannya. Apa pun yang terbersit, jangan lupa ditulis agar tidak lupa, ya! 

Menuliskan ide juga bisa membuat kita berpikir kembali mengenai kemungkinan-kemungkinan pengembangannya. Kita bisa mengembangkan ide tersebut berdasarkan sudut pandang lain, sehingga dari sana ide akan terus bercabang-cabang. Jadi, terus catat idemu, ya!

Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mengawali Menulis Fiksi, Simpel Banget!

3. Ide bisa datang dari kegelisahan pribadi atau kegelisahan umum orang-orang

Mau Banyak Ide buat Menulis? Coba 5 Tips Ampuh Iniilustrasi kegelisahan yang dialami seseorang (pixabay.com/geralt)

Setiap orang pasti memiliki kegelisahannya masing-masing. Entah itu gelisah karena belum mendapatkan pekerjaan, bingung mau lanjut sekolah di mana, atau sesederhana bingung hari ini mau makan apa, dll. Semua kegelisahan itu sangat mungkin kita jadikan ide untuk bahan tulisan kita.

Bahkan ketika kita merasa tidak memiliki kegelisahan apa pun, kita bisa menggunakannya sebagai ide. Jika tidak bisa juga, kita bisa menggunakan kegelisahan yang orang lain rasakan sebagai bahan tulisan kita.

4. Berkontemplasi 

Mau Banyak Ide buat Menulis? Coba 5 Tips Ampuh Iniilustrasi orang yang sedang berkontemplasi (pixabay.com/artsysolomon)

Perenungan terhadap segala sesuatu yang menimpa kita juga akan dapat mengundang ide hadir ke kepala kita. Di tengah hidup yang serba cepat seperti hari ini, terkadang kita perlu diam dan merenung sejenak.

Menjadi penulis berarti harus sampai kepada tahap menyadari dan memaknai kejadian dalam hidup. Dan kegiatan bekontemplasi berpotensi dapat memberikan ide atau gagasan baru kepada kita. 

5. Yang paling penting, banyak membaca!

Mau Banyak Ide buat Menulis? Coba 5 Tips Ampuh IniSeorang pria yang sedang membaca buku. (pixabay.com/Pexels)

Penulis yang baik, pasti adalah pembaca yang baik pula. Jadi bahan bakar yang juga penting bagi seorang penulis adalah membaca. Kita bisa membaca apa saja, mulai dari bacaan ringan seperti artikel, post orang lain di media sosial, buku, berita, dll.

Jika belum gemar membaca, segeralah bangun kebiasaan baik tersebut. Kamu bisa memulainya dari tema-tema yang kamu suka. Selain mendapatkan inspirasi, ketika membaca kita pun akan mendapatkan sudut pandang baru hingga macam-macam gaya penulisan.

Ada banyak cara ternyata untuk mengundang ide agar dia datang sendiri kepada kita. Ketika ide bisa datang sendiri, tentunya kita tidak akan bisa merasa kehabisan ide, bukan? 

Baca Juga: 5 Aktivitas yang Bikin Ide Menulis Selalu Ngalir, Sudah Mencoba?

Silvilla Sani Photo Verified Writer Silvilla Sani

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya