Comscore Tracker

5 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai, Pelajar Wajib Tahu!

Jangan ragu meminta bantuan teman

Sebagai seorang pelajar, kamu pasti memiliki mata pelajaran tertentu yang tidak disukai. Jangankan untuk mempelajarinya, baru mendengar namanya saja sudah membuat tidak bersemangat.

Namun, suka tidak suka, kamu harus tetap mempelajarinya agar nilai ujianmu tidak mengecewakan. Sebagian besar pelajar yang tidak menyukai mata pelajaran tertentu dikarenakan dia kesulitan dalam memahaminya.

Sebenarnya masih ada beberapa cara yang bisa kamu usahakan agar dapat mempelajari mata pelajaran yang tidak disukai dengan lebih fokus. Lima di antaranya adalah sebagai berikut. Yuk simak.

1. Mencoba berbagai macam cara belajar

5 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai, Pelajar Wajib Tahu!ilustrasi siswa sedang belajar (freepik.com/mindandi)

Seiring berkembangnya zaman, saat ini telah tersedia berbagai macam gaya belajar yang dapat dicoba oleh para pelajar. Mulai dari audiovisual, membaca, mendengarkan, hingga menyimak gambar. Ada juga metode belajar yang sedang populer, yaitu pomodoro.

Metode belajar ini mengacu pada manajemen waktu dengan interval waktu tertentu yang diselingi oleh waktu istirahat. Sehingga kondisi fisik dan psikis para pelajar tidak bekerja terlalu keras.

Semua gaya atau metode belajar dibuat dengan tujuan untuk memudahkan para siswa mempelajari mata pelajaran. Maka dari itu, temukan metode yang paling cocok dengan dirimu dan cobalah menerapkannya pada mata pelajaran yang tidak kamu sukai.

2. Mencari celah atau daya tarik tertentu

5 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai, Pelajar Wajib Tahu!ilustrasi siswa sedang belajar (pexels.com/George Dolgikh)

Meskipun ada mata pelajaran tertentu yang tidak kamu sukai, tetap saja kamu harus mempelajarinya. Sebab, siapa yang tahu jika ternyata pelajaran tersebut akan berguna bagi dirimu di masa depan.

Coba kamu mencari celah tertentu yang akhirnya membuat kamu jadi tertarik dengan pelajaran tersebut. Sekali saja kamu berhasil mendapatkan celah yang membuat kamu tertarik dan penasaran, maka langkah selanjutnya akan lebih ringan.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Bahasa Asing Secara Autodidak Tanpa Stres, Coba, yuk!

3. Menciptakan suasana belajar senyaman mungkin

5 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai, Pelajar Wajib Tahu!ilustrasi perempuan menulis di atas kertas (pexels.com/Pixabay)

Suasana belajar yang kondusif dan nyaman ternyata bermanfaat untuk memudahkanmu memahami materi pelajaran yang tidak disukai. Setiap orang memang memiliki suasana nyaman yang berbeda-beda untuk belajar. Tapi umumnya suasana belajar yang nyaman bisa diciptakan dengan membersihkan meja belajar dari barang-barang yang tidak menunjang proses belajar, terutama ponsel.

Tak ada salahnya juga untuk menggunakan air humidifier atau alat penjernih udara supaya udara di kamarmu menjadi lebih segar.

3. Beri jeda untuk istirahat

5 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai, Pelajar Wajib Tahu!ilustrasi belajar bersama (freepik.com/freepik)

Jangan lupa untuk selalu menyelipkan waktu istirahat dalam setiap sesi belajar yang kamu lakukan. Tak peduli sesibuk apa pun dirimu. Tidak harus lama, cukup beberapa menit saja.

Istirahat saat belajar berguna untuk mendinginkan otak dan membuat tubuh rileks setelah berkonsentrasi penuh selama beberapa jam. Jika kurang istirahat, kamu menjadi semakin benci terhadap mata pelajaran yang tidak kamu sukai tersebut.

5. Nikmati setiap prosesnya

5 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai, Pelajar Wajib Tahu!ilustrasi membaca di perpustakaan (pexels.com/Maggie Zhan)

Tak peduli sesulit apa pun suatu mata pelajaran, kamu harus tetap berusaha mempelajarinya. Kalau pun kamu tidak bisa menguasainya seratus persen, setidaknya kamu tahu dasar-dasarnya.

Tanamkan pemahaman dalam dirimu bahwa tidak semua orang bisa menguasai banyak hal. Setiap orang mungkin memiliki kelebihan di suatu mata pelajaran dan lemah di mata pelajaran yang lain. Yang terpenting kamu selalu berusaha dan tidak menyerah.

Guys, jangan pernah merasa minder atau rendah diri ketika ada mata pelajaran yang belum bisa kamu kuasai. Jika belajar secara mandiri belum berhasil, kamu bisa meminta bantuan teman atau ke orang yang lebih ahli dalam mata pelajaran tersebut. Tetap nikmati semua prosesnya dengan ikhlas, ya.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Biologi dengan Mudah dan Menyenangkan, Coba Tekuni!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya