Comscore Tracker

5 Tips Tingkatkan Daya Ingat dalam Belajar, Pelajar Mari Merapat! 

Belajar adalah salah satu hal yang mutlak dilakukan

Di sepanjang hayatnya, manusia tidak akan pernah bisa terlepas dari yang namanya proses belajar. Sebab, akan selalu ada hal baru yang bisa kita pelajari di dalam hidup, terlebih lagi bagi seorang pelajar.

Belajar merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Saat belajar itulah para pelajar dituntut bisa menerima dan memahami materi dengan baik. Jadi, mereka harus memiliki daya ingat yang baik pula.

Selain mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, terdapat lima cara yang bisa diterapkan oleh para pelajar untuk meningkatkan daya ingat mereka. Simak uraiannya berikut ini, ya!

1. Merangkum kembali materi pembelajaran

5 Tips Tingkatkan Daya Ingat dalam Belajar, Pelajar Mari Merapat! ilustrasi perempuan menulis di atas kertas (pexels.com/Pixabay)

Supaya otak kamu bisa terus mengingat informasi yang sudah diterima, kamu harus mengulang-ulang materi tersebut agar bisa semakin lama bertahan di dalam pikiranmu. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk merangkum seluruh informasi yang guru berikan.

Agar kamu dapat memahaminya dengan mudah, gunakanlah bahasamu sendiri. Setelah itu, sering-seringlah membacanya berulang kali saat di rumah.

2. Belajar dengan gambar-gambar yang membantu

5 Tips Tingkatkan Daya Ingat dalam Belajar, Pelajar Mari Merapat! ilustrasi perempuan sedang bekerja (pexels.com/Antoni Shkraba)

Tahukah kamu bahwa ternyata informasi yang diterima secara visual akan lebih membekas di dalam pikiran? Oleh karena itu, kamu harus memanfaatkannya dengan mencoba menerapkan teknik belajar visual. Caranya yaitu kamu membuat gambar-gambar yang berhubungan dengan materi yang diajarkan oleh guru.

Diharapkan dengan menggunakan teknik belajar visual kamu akan lebih mudah untuk memahami dan mengingat materi. Sebab, terkadang satu gambar saja bisa mewakili banyak sekali kata, lho.

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Belajar Kebut Semalam, Pelajar Wajib Tahu!

3. Mengajarkan kembali materi yang telah kamu dapatkan

5 Tips Tingkatkan Daya Ingat dalam Belajar, Pelajar Mari Merapat! ilustrasi belajar kelompok (pexels.com/Buro Millennial)

Maksud dari poin ini adalah kamu menjelaskan ulang kepada teman mengenai materi yang telah dijelaskan oleh guru di kelas. Jangan pelit dalam berbagi ilmu saat teman bertanya padamu mengenai materi yang belum dia pahami. Justru seharusnya kamu menjadikan hal tersebut sebagai momen berharga di mana kamu berkesempatan untuk mengukur sudah sejauh mana pemahamanmu terhadap materi pelajaran.

Jangan ragu untuk membuat kelompok belajar bersama beberapa teman. Lalu secara bergantian kalian saling menjelaskan dan mengajarkan kembali materi pelajaran berdasarkan pemahaman masing-masing dan bahasa yang mudah dipahami.

4. Menggunakan teknik akronim untuk mengingat

5 Tips Tingkatkan Daya Ingat dalam Belajar, Pelajar Mari Merapat! ilustrasi semangat belajar (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Cara mengaplikasikan teknik ini yaitu dengan cara menggabungkan beberapa huruf pertama dari kata yang ingin diingat. Hasilnya nanti berupa rangkaian kata unik yang mudah dilafalkan.

Contohnya untuk menghafal tabel periodik unsur, kamu bisa menggunakan kalimat "HaliNa Kawin Rubi Cs Frustasi". Singkatan tersebut terdiri dari unsur H (Hidrogen), Li (Lithium), Na (Natrium), K(Kalsium), Rb (Rubidium), Cs (Caesium), dan Fr (Fransium).

Teknik ini juga efektif untuk digunakan dalam mengingat rumus-rumus ataupun poin-poin di mata pelajaran lainnya.

5. Review ulang materi yang didapatkan

5 Tips Tingkatkan Daya Ingat dalam Belajar, Pelajar Mari Merapat! ilustrasi membaca di perpustakaan (pexels.com/Maggie Zhan)

Kunci untuk meningkatkan daya ingat adalah sering melakukan review atau mempelajari ulang catatan-catatan yang telah kamu buat. Dengan begitu, kamu pun akan semakin paham dan mengerti tentang materi tersebut.

Pastikan kamu membuat catatan menggunakan kalimatmu sendiri. Jangan menyalin catatan milik temanmu. Karena tentunya kamu akan lebih memahami kalimatmu sendiri daripada kalimat yang ditulis orang lain.

Belajar bagi seorang pelajar merupakan suatu kewajiban. Namun, mengingat kemampuan otak manusia terbatas, ada teknik-teknik tertentu yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan daya ingat seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi, kegiatan belajarmu pun lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: 5 Tips Belajar Mata Pelajaran yang Tidak Disukai, Pelajar Wajib Tahu!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya