Comscore Tracker

8 Kata Bahasa Korea Ini Masuk Kamus Inggris, Sudah Populer!

Kalian sudah tahu belum, Yeorobun?

Semenjak Netflix mulai menaruh minat pada film dan serial drama, eksistensi budaya Korea semakin melambung di kancah internasional. Baru-baru ini, Squid Game bahkan sukses menjadi serial drama Korea yang menduduki peringkat pertama dunia di Netflix.

Tak hanya itu, saat ini bahasa Korea menjadi salah satu daya tarik bagi para penutur asing. The Oxford Dictionary (OED), pada bulan September, juga menambahkan tujuh belas entri baru yang terkait dengan bahasa Korea. Mukbang hingga unni, berikut ini entri baru kata bahasa Korea di OED!

1. Mukbang

https://www.youtube.com/embed/naf-LoxPW34

Mukbang adalah salah satu kata bahasa Korea yang populer dan identik dengan acara makan dalam porsi besar. Bahkan orang yang tidak tahu apa-apa tentang budaya pop Korea kemungkinan besar pernah mendengar atau melihat kata mukbang sebelumnya.

Baru-baru ini, mukbang menjadi kata baru yang masuk dalam OED karena banyak digunakan oleh para penutur asing di luar Korea saat melakukan siaran makan dengan porsi besar. Mukbang berasal dari kata muk (makan) dan bang atau bangsong (penyiaran).

A video, esp. one that is livestreamed, that features a person eating a large quantity of food and talking to the audience. Also: such videos collectively or as a phenomenon.
— OED

2. Noona

https://www.youtube.com/embed/VTASffPQGhY

Berkat hit debut SHINee yang berjudul "Replay", kata noona mulai populer di kalangan para penggemar KPop hingga saat ini. Lirik noona neomu yeppeo bahkan masih menjadi favorit meskipun dirilis 10 tahun yang lalu.

Dalam OED, noona diartikan sebagai bentuk hormat dari sapaan atau istilah sayang yang mengacu pada teman wanita yang lebih tua. Pasti kalian juga kerap mendengar sapaan ini di banyak judul serial drama dan film Korea.

In Korean-speaking contexts: a boy’s or man’s elder sister. Also as a respectful form of address or term of endearment, and in extended use with reference to an older female friend.
— OED

3. Oppa

https://www.youtube.com/embed/QnGhTmrWTrc

Mirip dengan noona, oppa adalah salah satu kata yang bisa kalian temukan di mana-mana dalam hal budaya, mulai dari serial drama, film, hingga musik. Bahkan para idol banyak menyanyikan lagu “Oppaya” untuk memamerkan aegyo mereka.

Dalam OED, oppa diartikan bentuk hormat dari sapaan atau istilah sayang yang mengacu pada teman atau pacar laki-laki yang lebih tua.

In Korean-speaking contexts: a girl’s or woman’s elder brother. Also as a respectful form of address or term of endearment, and in extended use with reference to an older male friend or boyfriend.
— OED

Baca Juga: 9 Kata Bahasa Korea yang Masuk dalam Kamus Inggris, Sudah Tahu Belum?

4. PC bang

https://www.youtube.com/embed/ianknXZX3-c

PC bang menjadi tempat impian yang ingin dikunjungi oleh para remaja di luar Korea. PC bang bukan hanya warnet biasa seperti yang ada Indonesia, tetapi mereka juga menyajikan makanan dan minuman selayaknya kafe.

Dalam OED, PC bang diartikan sebagai perusahaan dengan beberapa terminal komputer yang menyediakan akses ke internet dengan biaya tertentun, biasanya untuk bermain gim.

In South Korea: an establishment with multiple computer terminals providing access to the internet for a fee, usually for gaming.
— OED

5. Skinship

8 Kata Bahasa Korea Ini Masuk Kamus Inggris, Sudah Populer!Shin Min Ah dan Kim Seon Ho (Instagram.com/tvn_drama)

Skinship adalah sesuatu yang hampir sepenuhnya unik untuk budaya Jepang dan Korea. Tetapi, sering kali mengejutkan orang-orang yang baru pertama kali mengenal budaya ini hingga sekarang.

Meskipun sering digunakan untuk merujuk pada kontak fisik para idol, ternyata ini juga berkaitan dengan hubungan keluarga, lho. Dalam OED, skinship diartikan sebagai sentuhan atau kontak fisik dekat antara orang tua, anak, teman, serta kekasih.

Esp. in Japanese and Korean contexts: touching or close physical contact between parent and child or (esp. in later use) between lovers or friends, used to express affection or strengthen an emotional bond.
— OED

6. Tang soo do

https://www.youtube.com/embed/p3fq84nylEQ

Tang soo do adalah seni bela diri Korea yang mulai terkenal di kancah internasional. Selain taekwondo, tang soo do juga baru saja masuk dalam entri baru EOD.

Dalam OED, tang soo do diartikan sebagai seni bela diri Korea yang menggunakan tangan dan kaki untuk melakukan dan memblokir pukulan. Bahkan seni bela diri ini dinilai mirip dengan karate.

A Korean martial art using the hands and feet to deliver and block blows, similar to karate.
— OED

7. Trot

https://www.youtube.com/embed/AW5587csiAo

Sebelum ada K-Pop yang kita kenal sekarang, trot juga pernah berjaya pada masanya. Bahkan hingga saat ini, para idol masih sering menari dan menyanyikan lagu trot. Trot masih menjadi genre musik yang sangat disukai di Korea Selatan dan di seluruh dunia.

Dalam OED, trot diartikan sebagai genre musik populer Korea yang bercirikan ritme berulang dan lirik emosional, serta menggabungkan gaya bernyanyi tradisional Korea dengan pengaruh dari musik populer Jepang, Eropa, dan Amerika.

A genre of Korean popular music characterized by repetitive rhythms and emotional lyrics, combining a traditional Korean singing style with influences from Japanese, European, and American popular music. Also (and in earliest use) as a modifier, as in trot music, trot song, etc.
— OED

8. Unni

8 Kata Bahasa Korea Ini Masuk Kamus Inggris, Sudah Populer!YoonA (instagram.com/yoona__lim)

Unni menjadi salah satu kata bahasa Korea yang kerap kita dengar saat menonton serial drama atau film Korea. Tak hanya itu, unni (juga ditulis sebagai eonni, eonie, dan unnie) berhasil masuk ke dalam OED Edisi Ketiga tahun ini.


Dalam OED, unni diartikan sebagai bentuk hormat dari sapaan atau istilah sayang yang mengacu pada teman wanita yang lebih tua atau aktris atau penyanyi yang dikagumi. Pasti kalian sering mendengar sapaan ini, kan?

In Korean-speaking contexts: a girl’s or woman’s elder sister. Also as a respectful form of address or term of endearment, and in extended use with reference to an older female friend or an admired actress or singer.
— OED

Dengan pengaruh budaya Korea yang semakin berkembang di kancah internasional, tampaknya tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan kosakata bahasa Korea baru pada tahun mendatang. Saat ini, terdapat total tujuh belas kosakata bahasa Korea baru di OED Edisi Ketiga.

Baca Juga: 10 Idiom Korea Biar Kamu Makin Jago Bahasa Korea

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya