Comscore Tracker

Apa Itu Pansos yang Populer di Media Sosial? Berikut Penjelasannya!

Jangan-jangan kamu sering, nih!

Kamu yang aktif bermain media sosial pasti sudah sering mendengar atau bahkan menggunakan kata pansos dalam keseharian. Internet slang yang merupakan sebuah akronim ini biasanya di media sosial, seperti Instagram atau Twitter.

Namun, pernahkah kamu mengetahui makna dan penjelasan tentang kata pansos itu sendiri? Supaya makin paham, berikut arti kata pansos yang sering kamu gunakan ketika bermain media sosial.

Pansos adalah akronim dari 'panjat sosial'

Apa Itu Pansos yang Populer di Media Sosial? Berikut Penjelasannya!ilustrasi perempuan bermain sosial media (Unsplash.com/Brooke Calge)

Pansos merupakan kependekan dari panjat sosial yang berarti upaya seseorang dalam memanfaatkan orang lain, barang, maupun suatu kejadian untuk mendapat keuntungan. Selain keuntungan, pansos dilakukan demi perhatian agar mengangkat status sosialnya.

Dalam bahasa Inggris, pansos artinya social climbing dan kini sudah masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Secara umum, pansos dianggap sebagai perilaku negatif karena bermakna ‘mengambil keuntungan’ di dalamnya. Seseorang yang melakukan tindakan ini cenderung ambisius, kompetitif, dan rela melakukan apa saja demi mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Nah, sekarang kamu sudah tahu arti kata pansos yang sering bermunculan di media sosial. Sering kali menjadi tindakan yang melelahkan karena mengharapkan validasi atau pengakuan dari pihak lain, kamu cukup sering gak menggunakan kata ini?

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya