Comscore Tracker

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak Dibayar

Limitless Learning Center punya mimpi supaya Salatiga bisa jadi 'rumah' untuk pendidikan

Dari Surabaya, saya harus menempuh perjalanan hampir lima jam dengan kereta untuk sampai ke Solo. Baru dari situ naik bus ke Salatiga. Kota yang dingin, pikir saya setelah sampai. Bagaimana tidak, walaupun mendung dan belum hujan, tapi udaranya mampu bikin menggigil. Saya sampai memeluk diri erta-erat karena takut masuk angin.

Kebaikan yang disengaja, saya dijemput Pandu, salah satu pelopor sebuah komunitas yang akan saya bahas dalam artikel ini. Kami lalu menghabiskan waktu sehari penuh, dari jam 6 pagi sampai 12 malam bersama anak-anak Limitless Learning Center (LLC) yang kebetulan sedang mengadakan Salatiga Education Center di Perpustakaan Daerah Kota Salatiga.

Pria dengan nama lengkap Ifan Pandu Yasin ini jadi salah satu penggerak LLC bersama dua orang founder lainnya, Philip Putra Perdana dan Adventina. Tahun 2016, mereka mulai mendirikan wadah bagi siapa saja yang mau belajar tentang apapun dan bidang manapun. Hebatnya, semuanya tidak dipungut biaya alias gratis. Semua pengajar yang rata-rata seumuran pun tidak dibayar. Semua murni mendidik untuk menciptakan pendidik. “Demi kota Salatiga,” kata Pandu.

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Bagaimana sih awalnya Limitless Learning Center ini terbentuk? Sejarahnya bagaimana?

Dulu, sebelum Limitless Learning terbentuk, komunitas kami namanya Limitless Movement, yaitu anak-anak muda dari berbagai hobi dan talenta yang berkumpul bersama menyalurkan kesukaannya. Setelah itu tahun 2016, Adventina atau Nina tadi, melihat kebutuhan anak-anak sekitar rumahnya yang butuh pembelajaran tambahan atau les. Dia akhirnya memulai mengajar anak-anak SD pelajaran dasar seperti matematika, IPA dan bahasa Inggris. Sadar kalau murid yang dia ajar sudah lebih banyak, dia minta bantuan teman kami Philip untuk membantu juga.

Dari situlah Nina dan Philip mengajak kami di Limitless Movement untuk ikut mengajar juga. Kami masih kuliah semua rata-rata, tapi kami punya kerinduan dan tujuan yang sama, yaitu ingin memajukan bangsa kami dengan pendidikan. Kalau Philip, dia suka mengutip perkataan profesor yang saya lupa namanya dan selalu mengatakan berulang-ulang pada saya,

“Saya percaya, satu hal yang mengubah bangsa ini – adalah pendidikan.”

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Visi misi LLC ini apa?

Karena kami sejak awal adalah dari Salatiga, untuk Salatiga dan oleh Salatiga, tugas dan keinginan kami lebih dalam dari pada kalimat itu sendiri. Kami bukan hanya ingin mencerdaskan kota Salatiga, bukan hanya mendidik otak, tapi juga hati. Bukan hanya kepintaran tapi karakter dan bukan hanya nilai yang baik, tapi kelakuan yang berbudi.

Saat kami mengajar desain, kami tidak hanya memberitahu program, tapi nilai sebuah desain dan imajinasi yang manusia punyai, yang bisa jadi dampak untuk orang lain. Saat kami mengajar matematika, kami tidak sedang memeberitahu bagaimana itu algoritma, apa itu pythagoras. Tapi kami mengajari bagaimana reaksimu saat kamu mengetahui bahwa ada soal yang begitu rumit sedang kamu hadapi.

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Lalu murid yang boleh ikut program LLC sendiri apakah harus mereka yang sekolah saja atau semua orang boleh ikut?

Kami ada program untuk namanya Pendidikan Anak Binaan. Ini adalah kategori LLC untuk kaum marjinal, pengemis, pengamen, dan anak jalanan lainnya supaya mereka bisa jadi pribadi yang labih baik lewat pendidikan. Proses belajar mengajarnya juga dilakukan di tempat-tempat umum, supaya bisa menjembatani masyarakat umum dan kaum marjinal.

Metode yang kami gunakan namanya fun learning, supaya anak-anak bisa lebih bebas mengutarakan pemikirannya dan berani bersosialisasi dengan anak-anak sebaya yang lain. Umur pun tidak kita batasi, mau TK atau anak SMA, asal kalau memang niat belajar boleh gabung.

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Pelajaran apa saja yang disediakan oleh LLC? Apakah semuanya benar-benar tidak dipungut biaya sama sekali?

Ada 4 kepala divisi, yang pertama akademik, art, anak SD dan anak binaan. Kalau yang akademik, itu dikelompokkan per kelas. Jadi kayak matematika, IPA gitu kan gak mungkin dicampur, harus sesuai materi. Jadi dibuat per kelas. Nah masing-masing sudah ada mentornya. Tapi kalau yang bahasa atau art itu umum, siapapun, kelas berapapun bisa ikut.

Nah kalau anak binaan itu yang tadi, kaum marjinal. Yang art itu meliputi desain grafis, dance, gitar, keyboard, piano drum dan film. Ada juga les bahasa asing yang bukan cuma Inggris, tapi juga Jepang, Prancis, Mandarin dan Portugis. Semuanya gratis, gak bayar sama sekali.

Semua pengajarnya ya teman-teman kami sendiri yang memang ahli di bidangnya masing-masing dan mau mendedikasikan dirinya untuk mendidik.

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Les kan harus bersambung. Bagaimana sih alur kerja dari LLC sendiri? Mengingat hampir semua mentor kan masih kuliah juga.

Setelah semakin banyak anak didik yang kami ajar, Phillip bilang bahwa kami tidak bisa terus mengandalkan les-lesan di satu tempat saja. Tidak bisa juga kalau semerawut. Harus rapi, terstruktur dan teratur. Makanya waktu itu kami langsung membuat jadwal les teratur per periode. Satu periode berlangsung 6 bulan. Kami buat sama persis seperti yang sekolah sekuler punya. Jadi satu periode berakhir pada akhir semester anak-anak. Dan jadwal itulah yang harus dipatuhi semua orang. Baik mentor maupun murid.

Baca juga: 7 Cerita Super Pendek Untukmu yang Butuh Motivasi

Sudah ada berapa mentor yang mengajar di LLC dan berapa murid yang mengikuti semua kegiatan belajar tersebut?

Sudah ada 64 mentor dan 127 murid yang mengikuti seluruh kegiatan LLC. Mentornya berasal dari berbagai Universitas. Ada yang dari UNDIP, UNIKA, STEKOM Ungaran, UKSW, UNNES dan ada juga yang masih SMA. Kisaran umur para mentor kira-kira 18-30 tahun.

Kalau yang masih SMA, biasanya mengajar anak TK, SD dan SMP. Tapi ada juga anak SMA yang mengajar anak SMA.

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Yang jelas semua tergantung kemampuan mentor. Kalau mentor dirasa bisa, maka dia bisa mengajar anak didik di jenjang yang setara.

Karena semakin besarnya jumlah peminat itu juga, kami jadi terbuka bukan hanya untuk komunitas kami saja, tapi segala macam komunitas di Salatiga yang mau mengajar dan menjadi mentor, kami terima.

Kegiatan belajar mengajar ini diadakan dimana? Ada tempat khusus atau menggunakan rumah-rumah para murid?

Kami menyebutnya markas. Jadi sejauh ini kami punya 5 markas yang tersebar di seluruh Salatiga. Di Cebongan, Argomulyo, Jl. Surowijoyo, Bulu, Jl. Diponegoro dan rumah-rumah pribadi milik mentor. Tapi kami juga terbuka semisal anak didik kami mau membuka rumahnya untuk belajar di sana.

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Karena ini gratis, ada gak sih ketentuan khusus untuk murid maupun mentor?

Ada, kalau murid yang mau les di kami, semuanya paling tidak harus menunjukkan kesungguhan ingin belajar. Dari mana? Dari kehadirannya. Kalau dia tidak datang les selama 3 kali, maka kami berhak bilang padanya untuk tidak datang lagi besok, alias jangan bergabung lagi dengan LLC.

“Kami tidak memaksa, tapi kami juga butuh komitmen.”

Dan untuk mentor, biasanya kami cuma lihat kesungguhan hatinya saja. Dia mau serius mengajar atau tidak. Ada lho, mentor yang dari Semarang rutin ke Salatiga untuk mengajar di LLC, padahal tidak dikasih apa-apa.

Seperti yang kita semua tahu, ada banyak orang apalagi anak muda yang tidak mau repot untuk orang lain. Bisa gak sih dijelaskan, kalau Pandu sendiri, kenapa mau melakukan semua ini?

Jawabannya mungkin hanya “Kenapa tidak?” Gini, apa yang harus kita lakukan, saat kita punya begitu banyak sumber daya dalam diri kita dan kita jelas tahu bahwa ada banyak orang yang membutuhkan beberapa dari sumber daya itu?

“Saya rasa jawabannya cuma satu, yaitu membagikannya.”

Ada gak tagline khusus atau slogan andalan dari LLC?

Sepertinya nama kami adalah slogan terbaik yang kami punya. Limitless Learning. Kami ingin menjadi tidak terbatas dalam apapun juga. Dalam pendidikan, dalam mimpi dan cita-cita kami, dalam mendidik, dalam menerima didikan, kami tidak ingin ada batasan.

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Pertanyaan terakhir, kamu selalu bilang kalau semua yang kamu lakukan ini untuk kota Salatiga, lalu apa harapanmu atau harapan LLC untuk kota Salatiga?

Kami selalu mimpi bahwa kota Salatiga akan menjadi basecamp. Atau yang lebih sederhana kami panggil Home. Kami sedang menciptakan orang-orang yang akan mengubahkan banyak hal di Indonesia – dan basecampnya dari Salatiga.

Sesimple mentor-mentor yang kami punya, itu ada yang dari Semarang khusus ke Salatiga untuk mengajar, dan selesai mengajar langsung balik lagi ke Semarang. Saya rasa mereka tidak akan melakukan itu, kalau mereka tidak menganggap Salatiga adalah rumahnya.

Dari kisah luar biasa yang Limitless Learning Center punya, saya sendiri mendapat banyak pelajaran berharga. Perjalanan jauh dan harus tidur pagipun sama sekali bukan soal penting setelah mengetahui bagaimana anak muda Salatiga begitu mencintai kotanya dan begitu membuktikan rasa cintanya tersebut dengan bahu-membahu membangun pendidikan di sana.

Dimanapun kamu berada, semoga kamu juga bisa menjadi anak muda yang mencintai pendidikanmu. Dan kamu yang mungkin masih sering menyepelekan sekolah atau kuliahmu, bisa sadar bahwa masih ada banyak orang yang harus berusaha setengah mati untuk bisa sekolah. Hargai setiap hal kecil yang kamu miliki.

Karena dari setiap hal kecil, akan menjadi hal besar kalau kamu setia mengerjakannya.

Sehari Bersama LLC Salatiga: Bantu Anak Bisa Belajar Meski Gak DibayarDok. IDN Times

Limitless Learning Center adalah sebuah komunitas bagi kamu anak muda yang percaya bahwa kamu bisa mengubah bangsa ini dengan pendidikan dan karakter yang kamu miliki. Mereka juga adalah jawaban bagimu yang mengatakan bahwa pendidikan itu membutuhkan uang yang sangat banyak. Dan jika kamu ingin mengenal LLC lebih jauh lagi, kamu bisa langsung mengunjungi media sosial instagram mereka di @limitlesslearning_

Nah, buat kamu yang juga memiliki komunitas dan berpikir bahwa komunitasmu layak dikenal oleh masyarakat luas dan mampu menginspirasi, IDN Times dengan senang hati akan me-review komunitasmu. Mudah saja, kamu bisa langsung email ke alamat stella.azasya@idntimes.com, ya! Sampai bertemu di komunitas selanjutnya!

Baca juga: Sehari Bersama Literaturia: Bukan Kutu Buku Saja yang Hobi Baca Buku

Topic:

Just For You